Tips Menghadapi Pendadaran

Pendadaran bagi sebagian besar mahasiswa adalah Hal yang sangat menakutkan, kadang Belum masuk ruang pendadaranpun keringat dingin sudah keluar, saat pendadaran, terjadi demam panggung atau kegagapan yang pada akhirnya membuat materi yang sudah dikuasai menjadi 'buyar'. Akhirnya "Anda dinyatakan tidak LULUS", nah loh? nah gimana sih tip menghadapi pendadaran agar tidak terjadi hal diatas?

Berikut ini ada beberapa tip yang insyaallah bisa membantu anda 



1. Siapkan fisik dan mental
Jika besok pagi anda mau pendadaran, usahakan hari ini rilek atau jalan jalan, makan yang cukup dan malamnya tidur lebih awal, jangan begadang, apalagi mencoba melihat naskah atau mempelajari naskah skripsi, konsep Belajar  model "Wayang semayam suntuk" Tidak akan membantu, yang ada justru di pagi hari anda kurang merasa fit dan keliatan pucat. Belajarlah jauh jauh hari sebelumnya.

2. Ikutilah organisasi
Di Kampus manapun, pasti ada yang namanya organisasi mahasiswa, ikutilah organisasi yang menurut anda menarik, dan usahakan aktif dalam setiap kegiatan ataupun musyawarah kegiatan. Biasakan menyampaikan ide dalam forum musyawarah akan membuat akan mudah dalam menjelaskan Apa yang anda maksudkan, hal ini secara tidak langsung melatih anda bercaya diri berbicara di muka umum. 

3. Buat Materi presentasi seperlunya
Banyak mahasiswa menulis materi presentasinya sampai berpuluh puluh lembar, hal ini tidak efektif, tulislah presentasi maksimal 15 halaman, isi presentasi cukup point point penting yang akan anda jabarkan saat anda presentasi, ingat, presentasi bukanlah pidato tertulis :D. Hal penting dalam presentasi adalah, jangan menulis kata, istilah atau kalimat yang anda sendiri tidak paham dengannya karena hal in bisa menjadi sumber bencana awal pertanyaan dosen yang akan meruntuhkan Pendadaran anda. tulislah apa yang anda tahu saja.

4.Mencari informasi tentang Dosen yang akan mendadar.
Carilah informasi sebanyak banyaknya tentang dosen yang akan mendadar anda. Masing masing dosen biasanya mempunyai pertanyaan yang unik atau menjadi ciri khas dosen tersebut.. Informasi ini bisa anda dapat dari kakak tingkat atau teman yang sudah pendadaran lebih dahulu.

5. Datang  minimal 30 Menit sebelum pendadaran
Datanglah 30 menit sebelum pendadaran, tujuannya tentunya agar anda lebih siap, tidak terburu buru dan anda bisa menyiapkan materi serta alat (jika ada) 

6. Jawab seperlunya apa yang ditanya dosen
Saat pendadaran, posisi anda seperti "Terdakwa" di pengadilan, maka jawablah pertanyaan dari dosen seperlunya, tidak perlu panjang lebar dan jangan menjawab apa yang tidak ditanyakan. Satu hal penting, jangan menjawab sebelum dosen menyelesaikan pertanyaannya, Jadilah pendengar yang baik.

7. Jika Alat peraga/Aplikasi/Tool Error, jangan panik. 
Saat pendadaran, apa saja bisa terjadi, misal tiba tiba aplikasi /sofware yang kita buat muncul error, jangan panik jika terjadi seperti ini, jika dosen tidak tahu ada error di aplikasi anda, hal tersebut tidak perlu anda jelaskan, namun jika dosen menanyakan kenapa aplikasi/tool anda error, jelaskan penyebab errornya dengan tenang dan tegas (walaupun anda tidak yakin sebenarnya) dan jika ditanya solusinya sekali lagi, jelaskan secara ringkas dan seperlunya. 

8. jangan menjawab dengan "Eee...", "Mungkin...."," Kayaknya..." ,"Sepertinya..."
Jangan menjawab dengan kata kata diatas, karena anda akan kena kritik dosen, hal ini disebabkan Skripsi adalah karya ilmiah, bukan novel atau dongeng, sekali lagi, jawablah dengan yakin walau sebenarnya anda tidak tahu persisnya.

9. Bawalah tisu, sapu tangan dan Air putih
Tiga hal diatas perlu anda bawa, tisu dan sapu tangan untuk menghapus keringat anda sehingga anda tidak terlalu kelihatan "Grogi", Dan saat anda gugup atau panik, minumlah air putih.

10.Iyakan kemauan dosen jika ada kesalahan di Penulisan
maksud dari point ini adalah, ada beberapa dosen yang begitu teliti dengan naskah, misal huruf kecil, koma titik perataan text  dan sebagainya, jika anda dikritik oleh dosen untuk masalah penulisan seperti dijelaskan diatas, cukup iyakan dan jawab saja dengan " Iya bu/pak, nanti dari sisi penulisan saya perbaiki". Biasanya kesalahan kesalahan ini masuk dalam revisi jika anda lulus dengan syarat revisi naskah".

Nah, bagi yang mo pendadaran, SEMANGAT YA! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)