Film Karya Christopher Nolan

Film apa yang paling ditunggu tahun ini? Yup, anda benar The Dark Knight Rise. Film ini merupakan ending dari Trilogi batman karya Christoper Nolan. Namun, Film karya sutradara berbakat ini bukan hanya Batman, ada beberapa karya lain yang semuanya karya master piece. Pingin tahu? cekidot ya gan! . Ingat , artikel  disini penuh dengan spoiler. kalau ga ingin terganggu nontonnya, jangan baca spoilernya.  


Film berbudget sangat rendah, hanya sekitar 6000 USD, film ini mengisahkan seorang pengangguran yang ingin menjadi penulis novel, untuk membuat novel yang bagus, dia berusaha mengikuti orang orang dengan latar belakang yang berbeda, nah sampai akhirnya dia mengikuti seorang pencuri bernama Cobb dan pencuri tersebut akhirnya mengetahui kalau dia di ikuti. 

*SPOILER*
Akhirnya si pemuda tersebut justru di ajak oleh Cobb untuk mencuri, dan justru dirinya terperangkap dalam kasus pembunuhan yang mengarah pada dirinya sendiri. Film ini  menggunakan alur maju mundur dimana ending dari cerita diletakan didepan. Endinnya justru si pemuda pengangguran tersebut masuk penjara. Film ini mengubah imej kalau yang baik selalu menang. Disni yang menang adalah  Antagonis. Benar benar gebrakan dalam sebuah film.




Memento adalah film kedua Christoper Nolan, dibintangi oleh  Guy Pearce sebagai shelby  dan Carrie-Anne Moss. dan Joe Pantoliano sebagai teddy Film ini mengisahkan tentang seorang lelaki yang mengalami Shor memory lost dimana dia hanya bisa mengingat kejadian dan apa yang sedang dia lakukan selama beberapa menit. Dia menggunakan Tatto dan catatan untuk memburu pembunuh dan pemerkosa istrinya. 

Sekali lagi Nolan memperlihatkan kejeniusannya. Yan menarik dari film ini, anda bisa melihat film ini dari sudut  pandang berbeda, endingnya benar benar twist. *SPOILER* apakah istrinya sebenarnya mati karena penyakit   diabetes? Film ini juga berjalan maju mundur seperti Following.  





Insomnia (2002)

Insomnia menceritakan dua orang detektif yang akan menyelidiki kasus meninggalnya seorang remaja di Alaska. Film ini id bintangi oleh Al Pacino sebagai Will Dormer dan Robin Williams sebagai Finch (si pembunuh remaja tersebut). Cerita dimulai dengan ketidak cocokan antar Will dengan rekan kerjanya tentang kasus sebelumnya yang mereka tangani.

ketika kedua detektif tersebut mengejar Finch, dormer tidak sengaja menembak rekannya dan akhirnya rekannya meninggal, Tidak ada yang tahu kalau Dormer lah yang menembak rekannya tersebut. sedangkan istri dari rekan kerja tersebut ingin agar Dormer mencari dan membalaskan dendam atas kematian suaminya. Hal ini yang membuat Will tertekan karena sebenarnya dialah yang membunuh rekannya.

Di sisi yang lain, ternyata Finch (si pembunuh) tahu kalau Dormer adalah pembunuhnya, maka terjadilah dimana "Good guy gonna bad". Baik si pembunuh dan Dormer bekerja sama untuk tidak menangkap finch dan dan sebagai imbalannya finch tidak akan memberi tahu orang lain kalau Dormer lah yang membunuh rekannya.

hal ini tidak berjalan mulus karena ada detektif muda yang mencurigai kematian dormer? Gimana nasib Dormer? *SPOILER* tokoh protagonis  dan Antagonis dua duanya kalah di ending. nah yang menang adalah tokoh figurannya. Seru deh nih film.


Batman Begin (2005)

Batman Begin adalah seri pertama dari Trilogi Batman yang disutradari oleh cristoper Nolan. Film ini mengisahkan asal muasal batman dan awal mula  menjadi kesatria kegelapan. Tidak seperti film super hero lain, Walaupun Film ini diangkat dari Comic, namun alur ceritanya dibuat senyata mungkin, contoh kalau Batman di pukul juga kesakitan dan batman juga manusia yang mempunyai rasa takut. Dan rasa takut terbesar batman adalah kelelawar. Thema dari film ini adalah "rasa takut" itulah mengapa di iflm ini salah satu musuhnya adalah "Scare Crow" .

Eith, namun jangan salah, ScareCrow ternyata hanya anak buah dari penjahat yang lebih besar  yang ingin menhancurkan Gotham. Siapa itu? tonton sendiri  aja. Endingnya menakjubkan. Saya jamin!







The Prestige (2006)

Film yang mengisahkan antara dua orang pesulap yang semua sahabat menjadi rival. Keduanya berlomba lomba membuat trick baru dan berusaha mencuri rahasia dari rivalnya. Ending dari film ini benar benar "Twisted" alias bermakna ganda . The prestige adalah istilah yang digunakan dalam sulap untuk tahap terakhir dari pertunjukan sulapnya, bagian paling susah dan paling berbahaya.

Film ini dibintangi oleh HughJackmanChristian Bale,Michael Caine dan Scarlett Johansson.  *spoiler* Bagi yang sudah menonton, anda pastinya bingung apakah Angier benar benar bisa menggandakan diri atau sebenarnya dia merekrut orang lain yang mirip, lalu orang yang dia rekrut dibunuh?







The Dark Knight (2008)

The dark knight adalah film kedua dari Trilogi Batman, Musuh utama dari Batman adalah Joker. Thema film ini adalah anarki. Berbeda dengan para penjahat di film lain yang hanya mengejar kesenangan, harta, jabatan atau wanita. Joker benar benar penjahat sejati, Yang di inginka hanya satu " melihat kekacuan terjadi dimana mana dan keinginannya agar Gotham tanpa hukum".

Berbeda dengan film sebelumnya, Film ini menggunakan alur cerita lurus, namun walaupun demikian adegan,dialog dan kekuatan cerita di film ini benar benar luar biasa *SPOILER* Walaupun batman menang di akhir, dia bukanlah seorang pahlawan, yang ada justru menjadi buronan polisi, wanita yang di cintainya tewas sedangkan rekannya Harvey dent (seorang jaksa) Justru menjadi  penjahat dengan julukan "Two Face".





Inception (2010)

Lagi lagi Cristoper Nolan berhasil membuat karya bagus di tahun 2010, Orang mengira bahwa The Dark knight adalah puncak dari Karya Sutradara ini, ternyata di tahun 2010, Cristopher Nolan kembali membuat Karya masterpice Inception. Di bintangi oleh Leonardo di caprio sebagai Cobb, Inception bercerita tentang agen yang bertugas mencuri ide lewat mimpi. Namun justru di akhir cerita, Cobb diberi tugas untuk menanamkan Ide kedalam Seorang anak dari  bos perusahaan besar agar dia membubarkan perusahaan warisan ayahnya..

*SPOILER* Banyak yang bilang bahwa film ini tidak punya antagonis, Antagonis sebenarnya di Film ini adalah Mall, alm Istri dari Cobb yang selalu muncul di mimpi Cobb dan merusak semua rencana. Film ini juga menyajikan efek yang memanjakan mata anda. Anda akan berasa mengikuti film ini masuk kedalam Mimpi dalam mimpi dalam mimpi sampai ke Limbo (mimpi terdalam dimana seseorang sudah tidak bisa membedakan mana kenyataan mana mimpi)  Ingat! Efek tersebut bukan efek 3D seperti film film kacangan, namun efek efek baru yang belum pernah ada di film sebelumnya.  Walaupun demikian, kekuatan cerita dan alur tetap menjadi hal yang utama . Ending nya lagi lagi adalah twitsted ending . Pertanyaan bagi yang sudah nonton, Apakah  Cobb  benar benar ketemu dengan anaknya  di dunia nyata atau dia terlempar kedalam mimpi yang lebih dalam?


The Dark Knight Rise (2012)

Film paling di tunggu tahun ini. Film ini adalah ending dari Trilogi Batman. Musuh utama di film ini adalah Bane. Thema utama yang di angkat adalah "Destruction". Film ini juga aka memunculkan Cat Woman dan rumornya juga akan memunculkan Talia Al Ghul.

Film ini benar benar bertabur bintang, sebut saja Tom Hardy sebagai Bane ,Liam Neeson sebagai Rash al Ghul ,Christian Bale sebagai Batman ,Joseph Gordon-Levitt sebagai John Blake ,Anne Hathaway sebagai Selina Kyle alias Cat Woman, ,Gary Oldman sebagai Jim Gordon, ,Morgan Freeman sebagai Lucius Fox ,Marion Cotillard  sebagai Miranda tate (rumornya si miranda ini juga adalah Talia al ghul) dan Michael Caine sebagai Alfred (Penasehat dan pembantu batman).

Film ini rilis bulan Juli Tahun ini (2012) jadi kita tunggu saja besok apakah film ini benar benar menuntaskan Trilogi batman secara Epic?

Dari semau film karya Cristopher Nolan, Manakah yang terbaik menurut anda? Tulis di komentar ya!



1 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)