The Raid :Redemption (2012)

Sekilas, jika kita melihat judul film "The raid" anda akan mengira kalau ini adalah film hollywood, iya ga? The Raid adalah film indonesia (semua bintangnya indonesia) yang di sutradarai oleh Gareth evan dari Wales inggris. Film ini menceritakan 20 orang dari tim Swat yang mau menyergap gedung apartemen yang di isi oleh para bandar narkoba, penjahat, perampok, pembunuh dan preman preman. 

Plot film ini memang sederhana, bahkan jalan ceritanya hampir tidak ada, Namun demikian, bukan berarti film ini tidak berbobot. Film yang saat ini(maret 2012)  di putar di Indonesia, Amerika, kanada, Inggris dan beberapa negara lainnya ini telah memenangkan berbagai macam penghargaan. Apanya yang menarik ya?

Film ini dari menit pertama sampai menit terakhir di isi oleh perkelahian, tembakan, dan sabetan parang yang dikemas secara apik. Bela diri yang dipakai adalah silat, salah satu bela diri asli indonesia. Film ini hanya di peruntukan untuk orang dewasa karena banyaknya darah yang muncrat dari sabetan golok atau tikaman belati serta nama hewan di  kebun  binatang muncul hampir di setiap adegan :P.  Jika kamu tidak tahan lihat darah, jangan nonton film ini dan jangan bawa anak di bawah 13 tahun kedalam bioskop. 

Film ini mendapat apresiasi luar biasa bahkan di luar negri, bahkan mengalahkan The Hunger game dari sisi score baik dari kritikus film ataupun penonton. Di IMBD (situs film terbesar dunia), The raid mendapat score 8.5 dari 10 score maximal, the hunger game cuman mendapat score 79 . Sedangkan di Metacritic mendapat score 73 dari 100, THe hunger game cuman mendapat sore 67. Di website lain seperti rottentomates mendapat score 87 dari 100 score (the Hunger game cuman 85). Website yang saya sebut diatas bukan website biasa, namun Webiste yang dijadikan rujukan penonton dan kritikus film selama bertahun tahun, Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi perfilman indonesia.  Kekurangan dari film ini memang nampak di plot dan storyline, namun Gareth evan si sutradara sudah menyatakan kalau storyline akan dikembangkan di film selanjutnya yang berjudul Berandal (2013)

Waktu saya menonton, Semua penonton benar benar tekesima dengan adegen perkelahian yang luar biasa, kata kata yang muncul dari  wow, shit, Ajiib, keren..dan berbgai kata kata yang menunjukan ketakjuban keluar dari mulut mulut penonton yang harusnya diam waktu nonton dan reaksi terbesar saat film selesai, seluruh pentonton tepuk tangan standing oviation karena benar benar takjub dengan nih film, Seumur umur baru kali ini saya nonton di bioskop para penonton tepuk tangan dan keluar bioskop dengan wajah puas (baca: Ga sia sia nih ngeluarin duit buat nonton nih film). 

Walaupun film ini benar benar menegangkan dan darah berhamburan muncrat di sana sini, namun ada adegan pas 2 orang tim swat bersembunyi disebuah kamar dimana si penghuni  berbohong pada preman yang bawa parang sambil ngancam"
preman bawa parang  dengan logat orang indonesia  timur :" Kau jangan tipu tipu e! kalau saya kesal, saya bisa menggila ! ". Kontan semua pentonton tertawa. 

Bagaimanapun juga, nih film pantes di apresiasi, namun sekali lagi.JANGAN BAWA ANAK KECIL. Ini film dewasa!. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)