Si Unyil dan Pak Raden

Hom pim pa. Unyil kucing.. lalu terdengar musik latar .tuuuu tuuu tuuuu tuuuttut..tuuuu tuuu tuuuu tuuuttut..tuuuu tuuu tuuuu tuuuttut..tuuuu tuuu tuuuu tuuuttut.Bagi yang tidak tahu, itu adalah adegan pembuka di Film unyil di era 90-an. Unyil adalah tokoh anak anak dengan wujud boneka yang menjadi tontonan utama di era itu, era di mana saya kecil.

Saat ini, Unyil muncul kembali, namun dalam format yang berbeda dengan judul "Laptop si Unyil". Format film unyil di era 90-an sebenarnya sangat bagus karena cerita yang diangkat merupakan cerita yang bertema pendidikan dan nasionalisme.Sayangnya film yang di pegang oleh PPFN ini tidak lagi muncul di TV. Untungnya ada Youtube jadi sebagian dari cerita unyil masih bisa di tonton. 

Terus apa hubungannya dengan pak raden? Pak Raden adalah tokoh di cerita unyil yang sering di jadikan rujukan bagi unyil, Ucrit dan usro saat mereka menghadapi masalah. Pak Raden adalah orang yang sering memberi nasehat nasehat berharga bagi unyil (dan tentunya pemirsa cilik di kala itu). 

Sayangnya, nasib pak Raden di dunia nyata tidak seperti digambarkan dalam film unyil yaitu seorang yang di segani masyarakat, termasuk orang kaya atau "Priyayi" namun hanya warga biasa di jakarta dengan kondisi kesahatan yang terus melemah. Untungnya datang pak dahlan iskan yang akhirnya memberikan hak dari pak Raden sebesar 10 juta perbulan untuk hak cipta menciptakan karya Unyil dan semoga hidup pak Raden menjadi lebih baik :). 

Seharusnya anak anak sekarang menonton cerita Unyil yang lebih mengedepankan budaya lokal ketimbang Naruto atau Sinetron yang isinya cuman rebutan cewek, anak atau harta, Bagi yang belum pernah lihat unyil di era 90-an karena anda belum lahir kala itu, cek deh salah satu potongan film unyil era 90-an dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)