Siapa Bilang (Rakyat) Indonesia Miskin?


Ehm... Saya mau cerita panjang lebar tentang kemiskinan di Indonesia. Benar ga sih kalau rakyat Indonesia itu miskin? karena saya seorang muslim, saya akan definisikan fakir dan miskin sesuai islam. Fakir adalah kondisi dimana seseorang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan utama sehari hari, kebutuhan utama ini adalah "makan". Dalam bahasa kita , orang orang seperti ini adalah orang yang kalau malam bertanya pada diri sendiri:" Besok saya makan ga ya?". Golongan kedua yaitu Miskin, Miskin adalah kondisi dimana seseorang atau sebuah rumah tangga mempunyai pekerjaan, namun untuk memnuhi kebutuhannya kadang kurang, kadang hutang hanya untuk sekedar makan. Itulah mengapa Zakat fitrah wajib di tunaikan untuk setiap orang yang mampu. Apa definisi mampu? Mampu (menurut islam) adalah ada makanan yang dimakan untuk besok pagi. Sekarang, di zaman ini siapa yang tidak ada makanan untuk besok pagi?  Ok, dah faham?

Sekarang, berapa persen orang indonesia yang fakir? berapa persen yang miskin menurut definisi diatas? saya yakin jauh dibawah 10% dari total penduduk indonesia.. Saya akan cerita dengan bahasa manusia saja, tidak perlu statistik dengan kondisi yang dihadapi dilapangan dari berbagai sektor yang intinya, Indonesia adalah Negara maju dan Makmur :). Saya akan melihat dari berbagai sisi. Mari kita cek satu satu!

1. Teknologi Informasi 
Sekarang ini, anak anak SD saja sudah di ajarkan Bahasa inggris dan komputer, SMP sudah mengasai Office dan SMA sudah jadi programmer. HP yang dipakai anak anak SMP dan SMA adalah hp hp Medium-high end selevel Blackberry dan android yang harganya jutaan. Memang tidak semuanya tapi walaupun bukan blackberry, namun minimal mirip lah, seperti HP Cina, yang penting bisa Facebook dan Twitter serta Mp3 player? Yakin indonesia negara miskin?

Di sisi lain, perusahaan besar IT juga membuka Cabang di indonesia, dari RIM,Oracle, Multiply, Gameloft dan yang terbaru Google. Kurang apa coba? . masih ingat bagaimana para pencinta blackberry ngantri Keluaran hp terbarunya? fantastis bukan? dengan harga jutaan antriannya luar biasa. Sekali lagi, miskinnya dimana?

2. Industri  Hiburan 

Coba cek rumah rumah warga yang katanya miskin, disana ada TV untuk hiburan, Punya motor untuk bepergian (ya walaupun kredit :P) punya Handphone untuk komunikasi (walaupun hp cina) itu mununjukan Indonesia negara maju. Belum lagi ditambah kalau ada Penyanyi internasional yang manggung di indonesia, dari Justin Bibir sampai Suju (super jumbo?)  dari korea, Tiket dilahap habis seakan akan tiketnya itu kacang Goreng. Masih bilang kalau indonesia negara miskin?

Tiket justin bibir yang diadakan kemarin tuh paling murah 500 ribu rupiah, alias setengah juta, itu aja habis, padahal nontonnya di tribun yang kalau kita nonton wajah justin bibir ga akan tampak,dan kalau kamu cewek cewek teriak teriak, ga bakal denger. paling paling si justin bibir bilang  :"Siapa elo? "

Tiket SUJU sama saja, paling murah 500 ribu itu yang ngantri ampe ke jalan jalan dan ada yang datang dari daerah dearah, luar biasa dan sebagian besar malah ga kebagian. Hah, hebat banget bukan?  Sekali lagi indonesia itu negara maju bro!

3. Kendaran dan transportasi
Ketika saya mau kuliah ke jogja dulu, saya memang berencana naik sepeda karena katanya sih jogja kota sepeda (itu tahun 2003), tapi sampai sini, sepedanya dah ga kurus lagi, sekarang sepedanya dah pada gemuk, semuanya sudah dipasang mesin (baca:motor) . sepeda yang murni  dimana mesinnya kaki manusia , sepeda  ini tinggal kurang dari 1 persen dari total kendaraan roda dua. Keren kan? Masih bilang Indonesia negara miskin? Bahkan sekarang di desa desa, orang mau kesawah atau kekebun pakainya sepeda Motor. Masih bilang negara miskin?

Jenis transportasi lain yaitu pesawat, sudah bukan lagi manusia manusia elit, bahkan orang biasa bisa naik pesawat dengan tiket berkisar dibawah 500 ribu, lebih murah daripada tiket Suju.. Dan nyatanya , orang lebih sering kehabisan tiket karena banyaknya yang mau naik pesawat.

rekreasi ke Singapura atau australia saja udah ga wah, berasa ke kota di indonesia, bahkan rumornya, Mal mal di sono yang mboron itu orang indon.  Apartemen yang ada di singapure itu yang punya kebanyakan juga  orang indon. Keren kan? Masih bilang negara indonesia negara miskin?

Rumah makan, Mall dan Francise
Rumah makan lokal atau toko lokal dah sepi, orang lebih milih beli sayur Carefour  atau di Mall ketimbang di toko kelontong, Orang lebih milih KFC dari pada angkringan dan Francise francise luar negeri menjamur di seluruh indonesia. mengapa mereka membuka cabang di indonesia? karena orang indonesia itu kaya, Masih bilang Rakyat indonesia miskin?


Kehidupan Beragama dan Haji 
Di seluruh negeri, tempat ibadah bertebaran, mau ke masjid saja sampai bingung, mau datang ke masjid sebelah barat rumah atau sebelah timur, mau jalan apa mau naik motor? saking banyaknya masjid. Antrian haji  asampai 9 tahun dan jumlah tunggunya diatas satu juta orang. Masih bilang indonesia miskin?

Di tempat saya, ketika malam idul fitri, maka seluruh umat islam mengumpulkan zakat fitrah (beras) ke masjid, namun karena kaum muslimin yang benar benar fakir bisa dihitung dengan jari, maka Zakatnya diberikan lagi ke penduduk yang tadi mengumpulkan zakat. Nah loh? masih bilang indonesia miskin, ini terjadi dari tahun 1990-an  sampai sekarang. Luar biasa bukan,tempat saya itu benar benar kampung, ga ada jalur telepon, ga ada yang namanya internet apalagi toko francise seperti indomaret, sampai tulisan ini dibuat, masih bilang rakyat indonesia miskin?

Aspek lain
Banyak hal lain yang menjadi bukti indonesia itu sudah menjadi negara maju, cita cita orde baru era suharto yang mengatakan indonesia lepas landas menjadi negara maju di tahun 2000, sudah tercapai. Sekolah sudah gratis, dan kalau memang benar benar ada yang miskin, tidaklah sebanyak yang di ekspose di media. Indonesia itu negara maju bro!

Oh anda mau komentar dibawah, silahkan, anda bisa pakai internet, akses internet itu menunjukan anda bukan orang miskin bukan? :). Mari kita sukuri, semoga indonesia semakin maju dan mari kita dukung program program pemerintah agar kemakmuran yang sekarang sudah kita rasakan, makin makmur. jika anda merasa indonesia masih miskin,kenapa kita tidak kita entaskan dari sekarang, Ga usah nunggu pemerintah!

Ga usah di dengarkan media media lebay yang mengkiriti pemerintah, apalagi para komentator dari partai keledai yang mengatakan negara telah gagal atau komentar yang mengatakan pemerintah gagal membrantas kemiskinan, atau para mahasiswa tolol yang koar koar di jalan sambil bilang :" pemerintah gagal, Pejabat X /Presiden X harus turun!". ciri ciri mahasiswa yang cuman omong doang, ngaca dulu sebelum ngomong!

Bersyukurlah karena kita hidup di Indonesia,jika memang anda melihat orang yang benar benar miskin, kenapa tidak langsung dibantu? bukannya anda punya uang, anda mampu dan anda bisa bisa makan tiap hari tanpa harus memikirkan besok makan apa bukan?



4 komentar:

  1. manteb banget bro, ane setuju banget, cuman org lebay yang ngomong Indonesia itu negara miskin, and ane paling setuju ma kata2 terakhir, "jika memang anda melihat orang yang benar benar miskin, kenapa tidak langsung dibantu?"

    TETAP JAYALAH INDONESIA

    BalasHapus
  2. anda lihat yang dikota aja caba, lihat didaerah sana masih banyak yang tinggal digubuk reyot dan makan dengan nasi aking,kita harus melihat dari rata2 warga Indonesia

    BalasHapus
  3. @dahyul, coba baca lagi definisi fakir dan miskin..yang kedua, anda lihat sendiri mereka makan nasi aking? ada berapa juta? setahu saya jauh dibawah itu , saya yakin 99.9 persen anda hanya membaca atau melihat di TV... dan yang makan nasi aking itu ga tiap hari mas, paling pas benar2 masa paceklik....

    BalasHapus
  4. satu lagi, anda benar2 memakan mentah mentah semua berita yang anda baca atau saksikan? padahal media terutama media yang bersebrangan dengan pemerintah selalu lebay dalam menyampaikan berita. terlalu didramatisir, saya masih ingat ketika gunung merapi meletus, saya masih asik berinternet, tidur nyaman di kota jogja namun si reporter bilang:" Kondisi panik luar biasa terjadi di kota joga". apa itu namanya ga lebay!

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)