Nasehat

Kemarin, saya membaca berita tentang Adnan buyung Nasution yang 'curhat' bahwa SBY jarang meminta nasehat kepadanya. Jikapun meminta nasehat pak SBY juga belum tentu melaksanakan nasehatnya. Ada yang salah? 

Let get straight!, Apa pengertian nasehat adalah sbb berikut 

Nasehat adalah bentuk yang berkaitan dengan pendapat pribadi atau kelembagaan, sistem kepercayaan, nilai, rekomendasi atau bimbingan tentang situasi tertentu disampaikan dalam beberapa konteks untuk orang lain, kelompok atau pihak terntentu sering ditawarkan sebagai panduan untuk tindakan dan / atau perilaku.

Catat kata kata Pendapat pribadi (dari pemberi nasehat), rekomendasi, dan ditawarkan!. Ingat di tawarkan, bukan di PERINTAHKAN!. 

Hal penting disini, ketika anda di mintai nasehat dan si peminta nasehat tidak melaksanakan nasehat anda, anda jangan kesal atau marah. Nasehat itu beda dengan perintah. Yang paling tau kondisi lapangan adalah yagn meminta nasehat. Ada kemungkinan juga si peminta nasehat bukan hanya dari anda, namun juga dari orang lain. Justru anda bersyukur karena anda dianggap ahli dalam suatu bidang atau dianggap mampu memberi masukan yang berarti. 

Hal yang lebih penting adalah, ketika anda memberi nasehat, bukan berarti posisi anda lebih tinggi dari yang meminta nasehat. Sebagai contoh si Adnan dengan SBY. SBY itu atasan Adnan, kenapa dia 'curhat' kalau nasehatnya jarang di pakai. 

Saya heran dengan banyaknya pemberi nasehat yang "Memaksakan" nasehatnya kepada yang meminta. Ketika dulu saya di organisasi kampus, para dedengkot alias sesepuh juga sering dimintai nasehat, namun ketika nasehat itu tidak dilaksanakan oleh pengurus., eh para sesepuh ini ngomel ngomel di belakang, di bilangnya pengurus yang baru ga becus lah, sukanya asal lah dan sebagainya. Dan seperti biasa, para dedengkot ini juga selalu mengungkit ungkit romantisme masa lalu, bahwa dulu ketika mereka menjabat, kondisinya lebih baik dari sekarang dan segudang prestasinya. Mereka lupa, bahwa tantangan pengurus itu berbeda setiap generasinya.

Ok, tulisan ini renungan buat saya sendiri dan bagi pembaca, karena sering tanpa kita sadar, kita sering menganggap bahwa nasehat itu 'PERINTAH' ketimbang 'Masukan'. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)