Life in A Day (2011)

Life in A Day adalah film yang dibuat oleh komunitas Youtube. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, film dibuat oleh masyarakat dunia pada tanggal 24 juni 2010 yang menceritakan kehidupan manusia dari jam 00  sampai jam 24 malam di hari itu. Caranya? Upload  video yang anda rekam dihari itu  kemudian team yang di komandoi oleh sutradara Kevin MC Donald melakukan editing dari ribuan video yang diupload oleh user. Sekedar info, sebelum di edit, total upload video mempunyai durasi 4500 Jam, artinya, kalau seluruh video di tonton maka butuh waktu setengah tahun nonstop untuk menontonnya. 

Untungnya, Durasi film ini hanya 95 Menit tentunya setelah Kevin MC donald memilih dan mengedit video sehingga membentuk aktivitas manusia dari jam 00 sampai jam 24 malam di seluruh dunia. Tujuan dari film ini adalah membuat dokumentasi aktifitas manusia selama 24 jam pada tanggal 24 juni 2010. Film ini dharapkan menjadi dokumentasi bagi generasi mendatang tentang bagaimana manusia diawal abad 21 beraktifitas. 


Clip yang paling menarik dari film ini adalah ketika waktu subuh, kaum muslimin beribadah sholat subuh, ada juga cerita bagaimana seorang anak mengaku kepada ibunya kalau dirinya gay, seorang yang dilamar, pernikahan, seorang ibu yang melahirkan sampai bagaimana seorang pemuda yang ditolak cintanya ada disini. Potongan clip dari indonesia yang nampak di film ini ada 3 yaitu seorang ibu yang berjualan di pasar sekitar jam 3 pagi, seorang ibu dibali yang sedang menyiapkan sesajen di pagi hari dan seorang anak yang mengeluarkan uang 5000 dari sakunya. 


Sayangnya, film ini tidak menyediakan subtitle, jadi kadang kita tidak faham dengan clipnya. Namun, film ini juga punya thema  pendukung  pada tiga hal yaitu what do you love?, what do you scare?, dan what in your pocket ?untuk memudahkan penonon mengikutinya. 

Hal yang saya dapat ketika menonton film ini , akhirnya saya tahu bagaimana masyarakat dunia menghabiskan waktunya selama satu hari, minimal gambaran kasarnya. Dan hey, aktifitas manusia tidak jauh berbeda di belahan dunia manapun anda hidup: Bangun, pagi sarapan, berangkat kerja, siang istirahat, sore bersama keluarga atau kekasih dan malam menghabiskan waktu untuk bersenang senang.

And one more thing! Anda bisa menonton film  ini secara gratis dibawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)