Review Dark Knight Rises (2012)

Setelah menunggu lebih dari satu tahun sejak trailernya muncul, akhirnya The Dark Knight Rises (TDKR) rilis juga di bioskop. Bagi yang belum tahu, TDKR adalah film ketiga (trilogi) dari Film live Action Batman yang disutradarai oleh Cristopher Nolan. Dua film sebelumnya adalah The Dark Knight (2008) dan Batman Begin(2005). Thema utama dari film ini adalah kehancuran dan rasa sakit, itulah mengapa saat anda lihat trailernya banyak adegan ledakan, perkelahian dan kekacauan yang terjadi di kota Gotham.

Pemeran 
Dalam ending trilogi ini, semua tokoh penting dalam batman merupakan aktor dan aktris papan atas, sebut saja Cristian Bale sebagai Batman, Tom hardy sebagai bane, Marion Cotillard sebagai Miranda tate, Joseph Gordon Levit sebagai Jhon Blake, Michael Cane sebagai Alfred,William Nesson sebagai Rash As Gul, Gary oldman  sebagai James Gordon,Anne Hattaway sebagai CatWoman   dan Morgan Freeman sebagai  Lucius Fox.

Cerita
Dari sisi cerita TDKR lebih dekat ke Batman Begin ketimbang The Dark Knight. Di Film ini, Joker sama sekali tidak disinggung, dua tokoh di film The dark Knight yang disinggung hanya pacar Bruce (Rachel Dawes) dan Harvey Dent, Itupun hanya dalam bentuk Foto.

Film ini berlatar belakang 8 tahun setelah kejadian terbunuhnya Harvey dent. Masyarakat menganggap bahwa batmanlah yang melakukan pembunuhan tersebut. Selama 8 tahun, kota Gotham aman terkendali sampai munculnya Bane, penjahat  yang kuat secara fisik sekaligus cerdas dalam hal perencanaan. Rencana utama bane adalah meledakan Gotham dengan Bom Nuklir dengan timer bom serta tidak membolehkan satupun warga gotham keluar dari kota selama lima bulan atau bom meledak saat itu juga, hal ini membuat pemerintah amerika ketar ketir.

Sementara itu,  selama  8 tahun Bruce menyendiri di rumahnya dan tidak pernah keluar sejak kejadian terbunuhnya Harvey Dent dan Rachel. Hal yang paling menyedihkan adalah kenyataan bahwa Bruce wayne tidak tahu bahwa Rachel hanya menganggapnya sebagai teman. Bruce wayne digambarkan seorang yang pincang  karena terjatuh dari gedung saat menolong anak James Gordon, lihat kembali film The Dark knight (2008) jika ingin tahu lebih detail.

Munculnya Bane di kota Gotham memaksa Batman bangkit kembali. Aksi pertama Bane yang membuat geger warga Gotham adalah sabotase pasar saham yang kemudian diikuti oleh kejar kejaran antara polisi, batman dan Bane. karena kemunculan batman inilah justru Bane lolos,  polisi malahan mengejar Batman. Adegan tadi baru adegan awal teror bane, teros selanjutnya adalah meledakan lapangan football dan menghukum para orang kaya dengan cara dibuang ke sungai yang membeku dan hartanya di jarah oleh warga miskin.Kelanjutannya tonton sendiri.  Sebagian komentator menganggap bahwa film ini mempunyai agenda politik sosialis. Whateverlah! yang penting filmnya super keren!



Penokohan 

Hal yang tidak disangka dan tidak diduga adalah peran Jhon Blake dan Miranda tate sangat menentukan di film ini, boleh dibilang sangat menonjol melebihi Alfred atau Lucius Fox. Ada apa gerangan? Yang jelas ada hal yang mengejutkan di endingnya. Begitu juga dengan Cat woman, saya tidak menyangka Anne Hattaway yang biasa bermain di film drama percintaan bisa melakukan adegan fisik perkelahian yang sangat keren.

Bane yang diperankan Tom hardy juga keren abis, Suara bane yang keluar membuat tokoh bane ini makin menyeramkan, persis seperti yang Selina kyle bilang :" You must be afraid of him as I am". Bruce wayne sendiri ditampilkan sangat manusiawi disini, di awal kemunculannya sebagai batman, dia di  Hajar bane habis habisan, bahkan topeng batman saja sampai hancur. Untuk mendapatkan kemampuannya kembali, dia harus latihan terus menerus selama lima bulan, ingat ya anak anak, untuk menjadi kuat itu tidak perlu di gigit laba laba apalagi minum obat kemudian jadi mutan. Untuk jadi kuat cukup olah raga dan latihan beladiri  sert praktik secara terus menerus.

Hal yang kurang kuat penokohannya ada pada Marrion cotillard, diawal perannya sebagai miranda tate cukup bagus, tapi pas di akhir apalagi pas *spoiler* mati diatas mobile.Meh...adegannya kurang punya jiwa. Bagaimana dengan Jhon blake? Jhon blake benar benar tokoh yang berperan signifikan di TDKR, dia bisa dibilang menggantikan peran James Gordon sebagai detektif di kepolisian Gotham. Kejutan dari Jhon Blake  diakhir film benar benar diluar dugaan penonton. Pada saat saya nonton, sebagian besar pentonton langsung t tepuk tangan dan  keluar bioskop dengan wajah sumringah sambil terus kagum karena film yang sangat super   keren habis dari the dak knight Rises.

OST SoundTrack 
Hanz zimmer kembali membuktikan kepiawannya dalam menggarap sound latar yang mengiringi cerita ini, dengan cerita yang mendalam, Sound system yang super cool, soundtrack  yang mengiringi setiap adegan membuat TDKR menjadi super super awesome dan membawa emosi penonton kedalam film dan menginsepsi penonton :" Filmnya keren, besok nonton lagi neh!". Lihat trending topik The dark knight rises di Twitter kalau tidak percaya.

Apa yang Super keren? 

Semua hal dari film ini benar benar epic (Extremely awesome alias super keren abis), terutama adegan kejar kejaran batman, aksi cat Woman, perkelahian Bane dan Batman serta perang di tengah kota antara Ribuan polisi dan penjahat, Endingnya sendiri lebih dari sekedar epic. Endingnya Super Awesome Epic.Cool abis, bagi yang pernah nonton Avengers, setelah lihat ending TDKR anda baru tahu bahwa Avenger berasa film super hero  sampah yang tidak realistis *Sorry avengers fans*. 

Sekali lagi, kejeniusan Nolan dalam menggarap TDKR mengokohkan dia sebagai salah satu sutradara terbaik sepanjang masa dan Trilogi Batman garapannya akan menjadi Legenda sampai puluhan tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)