Zona Konflik dunia Tahun 2012

Tidak terasa sudah lebih dari 60 tahun sejak perang dunia II berakhir,kondisi di negeri ini cukup damai dan aman. Namun tahukah anda? masih banyak negara lain yang mengalami perang saudara, konflik sekte dan agama , konflik politik berkepanjangan serta Perang yang tidak kunjung usai. Oleh karenaya, mari kita bersyukur kepada Allah atas nikmat aman dan damai yang telah diberikan.

Nah, sekarang mari kita lihat lebih dekat perang dan zona konflik didaerah lain yang perlu kita tahu

1. Palestina - Israel
Perang palestina israel bermula sejak pendirian negara Israel ditanah palestina yang berpenduduk muslim. Sampai hari ini. Tanah palestina sebenarnya sudah menjadi bahan rebutan berbagai pihak sejak 5000 tahun yang lalu, secara silih berganti 'penguasa' tanah palestina terus berganti.

Sebenarnya solusi sudah banyak dicoba, Namun sampai saat ini konflik tidak kunjung reda. Walluhualam, apakah memang sudah ketentuan dari Allah tanah ini terus bergolak sampai kiamat nanti.

2. Perang Sekte Suni -Syiah Irak
Walaupun Amerika sudah angkat kaki dari bumi Irak, namun irak bukannya mejadi lebih baik, justru negara ini menjadi negara gagal. Dimana terjadi serangan dan ledakan bom, konflik sekte suni dan syiah terus berlanjut dan amerika sudah cuci tangan dari negeri 1001 malam ini.

3. Perang Suriah Pemerintah vs pembrontak
Perang ini bermula dari demo besar besaran menentang presiden assad, Demo yang semula damai terus ricuh, terjadi korban jiwa yang terus bertambah dan akhirnya 'BANG!' perang antara pendemo dan pemerintah akhirnya terjadi.

Mengapa Assad tidak mau turun dan mengapa pembrontak bisa mendapatkan senjata? Ternyata dibalik dua pihak yang bertikai ini ada campur tangan negara lain, Saudi, Amerika dan turki ikut menjadi 'backing' untuk para pembrontak sedangkan pemerintah assad di support oleh Cina dan Rusia. Saya kadang khawatir kalau kalau ini adalah awal dari perang dunia III.

4.Pembantaian Muslim Rohiya Myanmar
Pembantain warga muslim di Rohiya yang dilakukan oleh umat budha dan di sinyalir diprovokasi oleh para biksu ini menjadi sorotan dunia. Sayangnya pemerintah dan para Aktivis ham termasuk di indonesia cuma bisa mengecam. barat juga terlihat cuekd engan berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di Myanmar, Mungkin alasannya satu, 'tidak ada minyak di negeri ini'.

5. Perang Kartel Obat terlarang Mexico

Pemerintah Mexico sejak tahun 2006 mendekarasikan perang kepada para bos bos mafia. Parahnya lagi antar kartel Narkoba juga saling berperang merebut kekuasan perdagangan narkoba. Korban di tahun 2012 saja sudah mendekati 20.000 Orang. Ketika saya melihat berita tentang pemenggalan, perang antar bandar narkoba seakan akan saya sedang membaca cerita fiksi layaknya hollywood, bedanya, berita ini riil.

6. Perang afganistan (Gerilyawan Taliban Vs Pemerintah)
Perang di negeri ini sudah berlangsung selama bertahun tahun, namun perang Afganistan dan Perang irak yang dilancarkan oleh amerika di awal Abad ini merupakan perang yang cukup mendapat sorotan tajam terutama dari pihak media. Sayangnya, Negara lain cuma bisa nonton sambil  melakukan ritual pidato dengan ciri khas pidato para tokohnya yang diawali dengan :" Saya mengutuk keras...tindakan...bla bla..bla..". Capek deh. Mengutuk sampai mulut berbusa juga ga bakalan ngaruh.


Nah, sekarang anda harusnya bersyukur bisa hidup di Negeri indonesia yang aman dan damai, hanya terjadi sedikit kejatahan dan konflik. Semoga catatan ini menjadi renungan bagi kita untuk lebih mensyukuri rasa Aman, karena Kita baru merasakan nikmatnya rasa aman saat kondisi tidak aman bukan?


Referensi 

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_ongoing_military_conflicts
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_wars_2011%E2%80%93present






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)