Review Bourne Legacy

Bourne Legacy adalah film ke-4 dari francise Bourne. Berbeda dengan kisah sebelumnya, dalam film ini Jason bourne sama sekali tidak tampak, tokoh utama di film ini adalah seorang agen outcome bernama Aaron Cross yang dibintangi oleh Jeremy Renner. Namun jangan dikira tidak ada kaitanya. Bourne Legacy (peninggalan bourne) merupakan titik tolak dari film keempat ini. Sebelum saya bercerita lebih lanjut alangkah baiknya anda menonton Trilogy Bourne yang dibintangi oleh Matt Damon, minimal Bourne Ultimatum.

Film Bourne Legacy menggunakan seting waktu berbarengan dengan kejadian Bourne Ultimatum, yaitu saat bourne bertemu dengan Simon Ross, wartawan guardian yang ditembak mati oleh pembunuh CIA(lihat lagi film Bourne ultimatum). Perbedaanya, Project Outcome dijalankan oleh divisi yang berbeda di CIA. Plot utama dari Bourne Legacy adalah melenyapkan semua agen outcome dan para peniliti di Lab sehingga Pemerintah Amerika (terutama parlement dan Presiden) tidak tahu operasi hitam yang dijalankanoleh orang orang didalam CIA.

Project CIA 


Ada empat project rahasia CIA yang berhubungan dengan Agen pembunuh yang melakukan tugas tugas eksekusi. Project pertama adalah project treadstone yang dipimpin oleh Alexander Conklin. Agen pertama dari treadstone adalah Jason bourne. Penekanan pada Project Treadstone adalah menghilangkan empati dan emosi dari si agen. Agen ini berantakan setelah Jason Bourne gagal membunuh salah satu targetnya yang pada akhirnya jason bourne justru dikejar oleh agen lain (lihat detailnya di film :Bourne Identitiy). 


Project kedua adalah project BlackBriar. project kedua adalah versi upgrade dari Treadstone. Treadstone dimatikan dan blackbiar berusaha menyempurnakan treadstone, pemimpin dari project black briar adalah Noah Vosen. Sayangnya project ini juga gagal dan semua pejabat CIA yang bertanggung jawab ditahan dan Jason bourne akhirnya sukse menghancurkan BlackBiar (lihat Film Bourne Supremacy dan Bourne Ultimatum).

Project ketiga adalah Outcome yang dipimpin oleh Eric Byer. Target dari Project ini adalah membuat agen yang kuat secara fisik dan cerdas secara IQ. Untuk membuat agent memenuhi target tersebut, maka mereka menjadi kelinci percobaan dengan menggunakan Obat yang dibuat di Lab. Jadi sekali lagi penekananya pada obat.

Project Keempat adalah project LARX. Project ini adalah project pengganti Outcome, project ini menggabungkan konsep treadstone dan Outcome. Tujuannya membuat agen yagn kuat secara fisik, cerdas, tanpa emosi, berdarah dingin dan tentunya saja sudah pasti bekerja seperti robot karena otaknya sudah di cuci. 

Jalan cerita 

Melihat kegagalan treadstone dan blackbriar, Eric Byer berusaha menghentikan seluruh project outcome dengan cara membunuh seluruh agennya sendiri serta membunuh para pegawai laboratorium yang masih berhubungan dengan outcome. Sayangnya salah satu agen lepas dari pembunuhan, agen itu bernama Aaron cross. Sedangkan di lab, seluruh peneliti juga dibunuh namun ada satu yang lolos bernama Dr. Marta Shearing. Aaron cross dan Dr Marta akhirnya bahu membahu lepas dari kejaran Eric Byer. Aksi saling tembak, perkelahian dan kejar kejaran mendominasi film ini.


Lokasi Film 

 Berbeda dengan tiga film sebelumnya yang kebanyakan di eropa.  Lokasi film ini berada di Amerika dan manila, Filipina. Anda akan melihat bagaimana aksi kejar kejaran terjadi di kota manila yang penuh kemacetan seperti jakarta. Pokoknya asia tenggara banget lah. Ya ngarep sih film selanjutnya seting di jakarta :).

penokohan 


Banyak yang meragukan kemampuan jeremy renner sebagai agent CIA.Namun percaya deh, setelah melihat film ini, keraguan itu hilang, Aaron memunyai gaya berkelahi dan beraksi yang berbeda dengan Jason bourne. Dia punya ciri sendiri. Tokoh Dr Martha juga bukan tokoh yang hanya menjadi 'beban', namun justru menjadi penolong, posisinya jauh lebih penting ketimbang Nicolle (Lihat lagi Trilogy Bourne). Satu lagi, Agen yang ditugaskan menhabisi Aaron cross berasal dari Thailand juga cukup representatif di film ini. Sekali lagi, harapan sekuel film ini dikerjakan di jakarta sepertinya akan menarik :). 



Scoring

Suara latar yang mengiri aksi Aaron cross kurang greget, lebih enak scoring di bourne Ultimatum.Tapi ya lumayanlah, untungnya Lagu ending film ini sama dengan lagu sebelumnya  yaitu Extreme way yang dinyanyikan oleh Moby.


Sekuel? 


Jelas sekali kalau Bourne Legacy akan berlanjut di sekuelnya. Banyak yang berharap bahwa Matt damon kembali memerankan Jason bourne dan beraksi bareng Jeremy renner di film selanjutnya. Saya menduga film  selanjutnya masih menampilkan Aaron cross untuk membongkar proyek Outcome dan LARX. Baru di film selanjutnya Bourne kembali muncul untuk menghancurkan Seluruh kebobrokan di CIA termasuk Direktur CIA Ezra Cremer. Ingat di film Bourne Ultimatum bahwa Treadstone dan BlackBiar didukung oleh Direktor CIA. 


Secara umum. film ini sebanding dengan Bourne Identity, namun tetap kalah jauh dibanding Bourne Ultimatum. dapat 3 dari 5 Bintang lah. 

Trailler 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)