Review Oblivion (2013)

Oblivion adalah film yang dibintangi oleh Tom Cruise (jack), Morgan Freeman, Olga Kurylenko dan Andrea
Riseborough. Film ini mengisahkan tentu bumi yang hancur sejak diserang Alien tahun 2017. Tom Cruise adalah seorang teknisi dari Tet (pusat comando di Angkasa) yang tugasnya memperbaiki robot robot (drone) yang ditugasi menjaga mesin yang bekerja dilaut untuk menghasilkan energi. Drone ini sering mengalami kerusakan karena diserang oleh Alien Pemakan bangkai.

Diawal dikisahkan kalau pemakan bangkai adalah alien yang kalah perang dengan manusia dan masih tersisa dibumi. Di tahun 2077, bumi sudah tidak bisa ditempati dan manusia sudah pindah ke Titan, salah satu bulan Jupiter. Tugas Tet dan Teknisi seperti tomcruise adalah memanfaatkan apa yang tersisa di bumi, diambil energinya oleh robot robot dan akan dijadikan sumber energi nanti bagi Tet dan Penduduk bumi di titan. 

Dalam menjalankan tugasnya, Jack tidak boleh keluar dari zona aman. Nomor teknisinya adalah 49. Dia hanay ditugasi di zona itu. Zona yang lain tentunya juga sudah ada teknisi lain yang menghandel. Jack ditemani oleh Olivia, mitra kerja Jack yang bermarkas di angkasa. Tugasnya melaporkan segala setiap kejadian plus menyampaikan laporan ke Tet tentang pekerjaan hari itu. Olivia juga bertugas memberi arahan bagi jack saat bertugas dibumi yang sudah hancur. 

Sekedar clue, Bumi hancur karena alien menghancurkan Bulan. efek samping dari hancurnya bulan adalah cuacau yang tidak menentu dibumi, Bencana alam, stunami dan gempa menhancurkan bumi. Alien disini sangat cerdik. Mereka tidak langsung menyerang bumi, namun menyerang bulan sehingga keseimbangan alam di bumi berantakan. 

Saat saya menonton, satu jam film ini cerita berjalan lambat. Hal yang menarik sejak awal adalah teknologi pesawat, Drone dan komputer canggih yang menggambarkan masa depan. 

Tapi, saat film sudah ada ditengah, ada kapsul Satelite jatuh dari angkasa luar yang ternyata isinya adalah para Astronot dibumi yang dikirim untuk tugas rahasia pada tahun 2017, tahun dimana alien menyerang bumi. 

Saya jamin sehabis adegan ini, akan ada puluhan pertanyaan yang muncul sehingga para penonton fokus kedalam film. Nih saya kasih beberapa pertanyaan yang hanya bisa anda jawab setelah menonton. 

  1. Apakah benar bahwa alien sipemakan bangkai masih bisa bertahan dibumi setelah 60 tahun? 
  2. Apakah memang semua manusia di bumi yang slamat sudah dipindahkan ke Titan?
  3. Mengapa sih Jack tidak boleh keluar dari zona aman saat memperbaiki robot yang rusak?
  4. Jack adalah teknisi nomor 49, artinya banyak teknisi lain yang ditugaskan dibumi? mengapa mereka tidak pernah ketemu?
  5. Olivia adalah teman kerja Jack. Apakah olivia adalah orang yang dicintai jack?
  6. Apa isi kapsul yang jatuh dari luar angkasa yang ternyata pilot nasa?
  7. Tugas apa yang diberikan oleh nasa ditahun 2017 kepada para astronot persis ditahun dimana alien menyerang?
  8. Apakah mungkin alien yang teknologinya lebih maju bisa dikalahkan manusia dan sehabis perang manusia  akhirnya pindah ke Titan? 
  9. Mengapa jack sering mimpi hal yang berulang ulang, bertemu dengan seorang wanita yang sama disebuah gedung di New York?
  10. Apakah benar bahwa MANUSIA MENANG MELAWAN ALIEN?


Nah, 10 pertanyaan tadi tidak akan bisa anda jawab kalau belum nonton filmnya. Saya jamin bahwa kisah Oblivion merupakan kisah yang fresh. Satu lagi yang membuat nilai plus di film ini adalah si sutradara. Sutradara film ini adalah Josep kosinki, orang yang membuat Tron Legacy. Sejauh tahun 2013 ini, Oblivion adalah film terbaik dari sisi cerita dan visual efek, dan ... 10 pertanyaan yang saya ajukan akan terjawab secara tuntas dalam 10 menit terakhir film ini. Pokoknya ga nyesel deh! sekali lagi endingnya Unpredictable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)