Tips Manajemen waktu untuk orang sibuk

Waktu adalah salahsatu hal yang paling berharga. Waktu tidak bisa ditukar dengan apapun karena masing masing orang punya jatah waktu (hidup) yang berbeda. Makanya semakin hari, tanpa kita sadari,jatah waktu ini makin sedikit. Jika kita umpamakan usia kita itu  mirip dengan jam pasir, makin hari, pasirnya makin berkurang. Makanya manjamen waktu itu sangat penting.

Berikut ini adalah 26 tip manajemen waktu yang bisa anda implementasikan dalam keseharian anda. Walaupun sebagian dari lebih cocok untuk pekerja, namun tetap bisa diimlementasikan untuk semua orang .


  1. Waktu itu selalu ada, yang diperlukan hanya fokus dan anda harus memprioritaskan mana yang lebih penting. 
  2. Rencakan anda bekerja cukup 4-5 jam perhari. mengapa? kenyataannya, walaupun anda hanya merencanakan kerja 4-5 jam pehari, kondisi dilapangan biasanya membutuhkan waktu lebih. Misal harus menunggu client, macet, ada pekerjaan yang melebihi batas waktu, ada pekerjaan yang tingkat kesulitannya diluar dugaan dan sebagainya, jadi jika anda merencanakan pekerjaan dengan jadwal yang padat 8 jam dibuat pas di jadwal, saya yakin banyak yang kececer. 
  3. Kita tidak bisa selalu mood dalam bekerja, maka kerjakan hal sebanyak munkin saat anda sedang mood dan istirahatlah saat anda tidak mood atau lelah. 
  4. hargai  waktu anda, anggaplah anda seakan akan kehilangan 1juta perjam jika tidak memanfaakan waktu dengan baik. (hanya sekedar motifasi).
  5. Fokus. Kerjakan 1 pekerjaan pada satu saat. Multitasking dalam bekerja itu OMONG KOSONG. Yang ada semuanya malah ga beres. 
  6.  Buat jadwal aktifitas anda seitap hari dan patuhi jadwal yang anda buat sendiri. jangan biasakan "ah mengalir aja". 
  7. Saat kita dikejar deadline, biasanya kita lebih produktif dan fokus. Manfaakan waktu sebaik mungkin.
  8. Kerjakan hal hal yang ringan terlebih dahulu, maka tanpa sadar sesulit apapun pekerjaannya (insyaAllah) akan selesai tanpa anda sadari (hindari malas)
  9. Sempurna adalah hal yang tidak mungkin, target anda adalah :JOB DONE. jadi yang penting selesaikan dulu.
  10. Gunakan kendala sebagai kesempatan menyelesaikan tugas. Bekerja long hour (dipaksa) tidak akan membuat anda lebih produktif
  11. Pisah antara berpikir (mencari solusi) dengan mengeksekusi solusi.
  12. Jika ada meeting/pertemuan, rencanakan di awal hari (pagi), karena kalau siang, bisanya cenderung tidak efektif.
  13. Terlalu banyak meeting dan ketemu client akan membuat pekerjaan tidak produktif. minimalisir pertemuan dan meeting yang tidak perlu 
  14. Kerjakan 1 hal /topik pekerjaan tiap hari. Berpindah pindah fokus dalam beberapa pekerjaan dalam sehari justru tidak efektif (terutama masalah proyek seperti software dll).
  15. jangan menunda nunda pekerjaan, kecuali break diantara dua pekerjaan besar
  16. bagilah pekerjaan yang besar kedalam tugas tugas yang lebih kecil. Sesuatu yangbesar dan sulit akan terasa mudah saat dibagi menjadi lebih kecil. 
  17. Selalu gunakan prioritas. Priortias no 1 selalu jauh lebih penting ketimbang prioritas kedua atau ketiga.
  18. Buat target setiap hari. Hari ini, apa yang harus diselesaikan.
  19. Pecah pekerjaan yang panjang dalam format perjam. 
  20. Jika pekerjaan tersebut bisa dikerjakan oleh orang lain. (terutama untuk para manajer /atasan) delegasikan orang lain.
  21. Selalu pikirkan sekarang dan besok,kemarin sudah tidak perlu dipikir. anda tidak perlu menyesali kenapa kemarin malas malasan
  22. Buat deadline untuk semua pekerjaan anda. SEMUA !!!
  23. Selalu buat tanggal akhir untuk pekerjaan yang membutuhkan tekanan tinggi (stresfull).
  24. Selalu catat apa yang akan anda kerjakan. dan gunakan remainder (pengingat) untuk mengingatkan anda sehingga anda selalu fokus dengan pekerjaan. Jangan mengandalkan ingatan otak. 
  25. Selalu tulis Ide, dan hal hal yang bisa menganggu konsentasi , setiap hal yang mengganggu konsentrasi bisa anda kurangi sedikit demi sedikit. 
  26. Istirahat setelah mengerjakan proyek/pekerjaan yang berat. (terutama untuk proyek/pekerjaan besar)
Semua tips diatas saya dapatkan dari salah satu slide di slideshare tentunya dengan gaya tulisan saya sendiri. jika anda ingin melihat presentasinya lihat sendiri dibawah ini. 


1 komentar:

  1. Halo,

    Terima kasih untuk sharingnya. Saya juga membuat blog yang sifatnya untuk mencerahkan, memberikan inspirasi, dan menyehatkan.

    Semoga berkenan untuk hadir di blog saya: abunawas-oye.blogspot.com.

    Terima kasih.

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)