Review After Earth (2013)

After earth adalah film yang mengisahkan terdamparnya sebuah kapal angkasa di bumi. Kapal luar angkasa ini berawakan manusia yang saat itu sudah pindah ke planet lain karena 1000 tahun yang lalu (dari waktu di film) bumi sudah tidak layak huni.

Bumi telah berevolusi menjadi sebuah planet dengan iklim yang tidak bersahabat dengan perubahan cuaca yang sangat cepat dan hewan hewan dibumi sudah berevolusi menjadi lebih buas. 

Di film ini diceritakan manusia sudah berpindah ke sebuah planet diluar tata surya. Sayangnya diplanet itu ada mahluk lain yang menjadi ancaman manusia. mahluk ini sejenis monster yang tidak bisa melihat (tidak punya mata) tapi bisa mendeteksi keberadaan mahluk lain dengan mencium rasa takut yang dipancarkan oleh mahluk lain. Maka terjadilah perang melawan ursa. Agar menang, maka para prajurit dilatih untuk menghilangkan rasa takut sehingga para ursa ini tidak bisa mendeteksinya.

Will smith adalah salah satu perwira tinggi yang cukup disegani karena tidak punya rasa takut terhadap ursa dan dia mengharapkan anak laki lakinya juga mempunyai kemampuan seperti dia. Sayangnya, anaknya masih belum berpengalaman dan masih memiliki rasa takut terhadap mahluk ini. 


Kembali kecerita. Jaden smith (berperan sebagai kitai), bersama ayahnya yang akan menuju kesebuah planet untuk melakukan latihan melawan ursa, akhirnya pesawat jatuh kebumi dan terbelah menjadi dua bagian yaitu kepala an ekor. Padahal dalam pesawat tersebut ada seekor ursa yang akan digunakan untuk latihan. parahnya, will smith mengalami luka yang menyebabkan dia hanya bisa duduk dan berbaring, sementara semua kru tewas. Alat untuk mengirim sinyal SOS justru berada di ekor pesawat bersama monster ursa yang dibawa pesawat tersebut. 

Artinya hanya Kitai yang diharapkan bisa menemukan lokasi Ekor untuk mengirim pesan SOS dan pada saat yang sama, ursa di ekor juga lepas. Itulah mengapa tagline film ini :" Danger is real, Fear is choice". Bahaya itu nyata, tapi takut itu pilihan. 

Dari sini, cerita 90% hanya diperankan oleh jaden smith yang berlari dihutan dan dikejar olah hewan hewan buas, sementara Will smith hanya duduk di pesawat dan mengirimkan komando ke Kitai.

Kritik habis tentang Film 
Dari trailer dan ide ceritanya, film ini sangat menjanjikan, namun saat menonton filmnya 'Meh, bisa dikatakan film terburuk sepanjang saya menonton di tahun ini (2013). Durasi hanya 100 menit sehingga jalan ceritanya pendek dan terkesan linier. 

Penggambaran bumi yang berevolusi walaupun menggunakan efek yang sangat bagus, tapi terasa kurang realistis, mengapa? Masa hewan bisa berevolusi hanya dengan waktu 1000 tahun? dari burung raksasa, Lintah beracun, Kera bertaring sampai ular yang bisa terbang terasa tidak realistis. 

Di sisi lain, 'Danger is real ' itu justru bukan karena buminya, tapi karena adanya ursa yang jatuh dan berkeliaran dihutan yang menyebabkan Kitai ketakutan. jadi ancamannya bukan dari bumi itu sendiri. Kondisi hutan yang hijau digambarkan planet berbahaya yang tidak layak disinggahi, padahal di planet dimana manusia berada sekarang (nova prime), kondisinya gersang dan lebih berbahaya. Filmnya terasa aneh dan ga masuk akal. 

After Earth juga tidak menjelajah secara mendalam kondisi bumi di film ini, selain akting jaden smith juga tidak matang, disini seakan akan will smith 'memaksakan' agar jaden smith bisa menjadi bintang besar dengan cara menjadikan tokoh utama dalam film ini. Film ini sebenarnya masih menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan. Intinya saya menyarankan anda mending nonton DVD atau tunggu aja muncul di TV. Saya hanya memberi point 5/10 untuk film ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)