Review Man of Steel 2013

Man of steel adalah film reboot superman yang disutradari oleh Zack Zynder dan dibintangi oleh Henry Cavil. Film ini menceritakan awal dari superman dan bagaimana seorang clark kent menjalani masa anak anak sampai remaja dengan berbagai kemampuan aneh yang dimiliknya. 

Untuk menonton film ini, anda tidak perlu harus melihat film superman terdahulu. Musuh utama di Man of steel adalah Jendral Zod, Seorang jendral di planet Cyrpton yang memburu Superman. Jendral zod marah dan ingin belas dendam karena telah diasingkan dan dihukum oleh Dewan Penguasa di Planet Cryptone, termasuk oleh Bapak dari Superman yaitu Jor-Ell. 

Setelah melihat film ini, secara keseluruhan, alurnya adalah kombinasi antara Batman Begin dan Transformer dark of the moon. 


Realisme dalam man of steel 
Man of steel membuat francise superman terlihat modern dan realistis. Cek satu satu 

1. Simbol S.
Simbol S bukan berarti super atau kependekan dari superman. Simbol S ini merupakan simbol 'Harapan' dalam bahasa cryptone yang kebetulan mirip dengan huruf S di bumi. 

2. Baju modern
Baju superman dengan corak celana dalam merahnya hilang di film ini. Jujur saja, celana dalam diluar itu merupakan hal paling norak dan paling konyol sepanjang sejarah superhero. Untunglah, Sang sutradara menghilangkan celana konyol ini. Sebgai gantinya, Baju superman terlihat modern dan lebih macho. Baju Superman sebenarnya adalah 'baju biasa' dikalangan militer kripton ,Jendral Zod juga memakai baju yang sama. 

3. Batu crypthon 
Dalam film live action sebelumnya, diceritakan kalau superman akan lemah saat didekatnya ada batu crypton. Ini juga salah satu unsur paling konyol dalam superman. TIdak ada batu crypton di film ini. Yang ada, Superman akan lemah jika superman berada di atmosfere  cryptone. Ini terjadi saat superman dibawa ke kapal angkasa milik Jendral Zod. Disana, superman pingsan dan muntah darah karena atmosfer dan udaranya tidak cocok dengan tubuhnya yang selama bertahun tahun dibumi. Ini juga berlaku sebaliknya, Jendral Zod tidak akan lemah di bumi jika tidak memakai helm 'astronot' saat dirinya dibumi.

4. Superman tidak bisa terbang 
Berbeda dengan superman sebelumnya. Kemampuan terbang yang dimiliki superman itu tidak datang secara otomatis, tapi dilatih sedikit demi sedikit. Loh kok bisa? Yup, DNA dan tubuh warga planet cryptone terbiasa berada di lingkungan gravitasi yang sangat kuat, mungkin puluhan kali lebih kuat dari bumi. Itulah mengapa para tentara Zod bisa bergerak sangat cepat dan meloncat sangat tinggi ke udara. Itu karena planet bumi punya gravitasi yang rendah. Nah dari sinilah superman berusaha mengendalikan kemampuan terbangnya. Jika kita perhatikan bagian ini, mirip banget sama film Dragon Ball Z saat Goku latihan di planet yang graviasinya puluhan kali lebih kuat dari bumi. 

5. Daily Planet
Daily planet adalah agency berita/media, namun tidak deceritakan apakah ini adalah perusahan media cetak. Hal ini menyesuaikan kondisi sekarang dimana koran koran pada mati satu persatu. Daily planet sudah bereveolusi menjadi media modern.

6. BIG SPOILER (Lois tahu identitas Superman sejak awal cerita )

Di film live action superman, lois tidak pernah tahu identitas dari superman.  Padahal tiap hari dia ketemu dengan clark kent. Coba dipikir, bedanya clark kent yang pakai kacamata dan superman tanpa kacamata itu beda tipis. Orang bodoh mana yang sampai tidak tahu kalau clark kent adalah superman. 

Dalam film ini, identitas manusia super clark kent sudah dikeahui teman teman sekolahnya sejak dibangku sekolah. Lois lane Tahu identitas asli superman diawal cerita, saat itu clark belum jadi wartawan. Lois sengaja tidak mempublikasikan identitas superman. 

7. Dimana Lex Luthor ?
Tidak ada lex luthor di film ini, yang ada hanya beberapa logo lex corp muncul di Truk dan beberapa tempat. Ini mungkin sebagai petunjuk bahwa musuh selanjutnya adalah lex luthor.

8. SPOILER  Kapan Klark jadi wartawan? 
Clark jadi wartawan justru terjadi saat cerita sudah selesai, Jendral Zod tewas dan Clark kent akhirnya melamar kerja di Daily planet. Saat clark masuk kantor pertama kali Lois lane langsung tahu kalau dia itulah superman. !

Kesimpulan 
Jalan cerita Man of steel bersih,rapih dan menarik untuk diikuti, Tidak ada adegan sia sia di film ini, apalagi orang ngobrol panjang lebar ga jelas. Yang ada action action action. Cuman yang menurutku jadi nilai kurang justru karena banyaknya adegan Visual Efectnya. Tapi bagi yang ingin menonton ledakan dan perkelahian ya pasti seneng. Oh lupa, adegan dewasa ga ada di difilm ini. Cuman ciuman sebentar antara Superman dan lois lane. Dan kejutan di akhir film ini. Saat superman berkelahi dengan jendral Zod, mereka menabrak Satelite milik perusahan 'Wayne Enterprise' . Apakah ini pertanda akan ada film justice liga? Kita lihat saja !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)