Berlibur ke Kota Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota ini mempunyai banyak julukan seperti kota pelajar dan kota bunga adalah dua diantara julukannya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas kota malang dari sisi pandang saya yang terbiasa hidup di Jogja. 



Transportasi 
Jika anda ingin menuju malang dari kota jogja, saya sarankan naik kereta Malioboro express. Harga tiketnya a cukup murah, hanya 80ribu untuk ekonomi dan 100rb untuk kelas eksekutif. Namun, di hari libur dan menjelang lebaran, harganya naik sekitar 50-100 diatas harga normal. Perjalanan kereta sekitar 7 jam 15 menit. Kereta ini berangkat jam 10 malam dari stasiun tugu dan sampai di stasiun malang jam 5.30 pagi. 
Stasiun Malang

Jika sudah sampai malang, transportasi dalam kota yang cukup dominan adalah angkot. Disana tidak ada bus kota. Untuk tarifnya saat ini sekitar 3000  jauh dekat. Jika anda malas naik angkot, anda bisa naik taksi,becak atau ojek.

kesan pertama
Kesan pertama dari kota ini adalah hijau, bersih dan rapih. Tata kota malang cukup rapih jika dibanding jogja. banyak terdapat taman hijau, jalannya mulus dan disepanjang jalan kota ini terdapat banyak pohon besar sehingga membuat kota ini tampak hijau dan rindang. 

Satu lagi yang bikin saya heran ketika membaca salahsatu julukan kota malang ini adalah  kota pelajar. Nah, saya kira kota pelajar itu ekslusif hanya untuk  kota jogja, ternyata kota ini juga mendapat predikat yang sama. Disini ada banyak kampus dari akademi sampai universitas besar bertebaran di kota ini. 

Stay
Jika anda tidak ketat dalam anggaran, saya sarankan menginap di hotel Camelia. Hotel ini sekitar 1 Km dari stasiun malang. Biaya menginap permalam paling murah 115rb , cukup hemat kan? Apalagi kalau berdua. Hotelnya sederhana, namun bersih dan dipagi hari disediakan sarapan pagi berupa roti, teh dan kopi.
Hotel Camelia Malang


Yang menarik di Kota Malang

BALAIKOTA & ALUN-ALUN BUNDER

Alun alun kota malang merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, bersantai di siang hari ataupun malam hari, alun alun ini berupa taman bundar yang dilengkapikolam dengan tumbuhan teratai serta tugu ditengahnya. Cook banget buat joging dipagi hari dan pacaran dimalam hari XD. 
Alun laun bunder
Malang Town Square
Bagi yang suka belanja, tempat ini wajib dikunjungi, Mall yang berada di jalan veteran ko ta malang ini berdiri sejak tahun 2005, letaknya persis didepan kampus Unversitas Negeri Malang. Mal ini  terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan bioskop 21 dengan film film terbaru. 

Tempat Lain?
Untuk tempat lainnya silahkan merujuk ke website resmi kota malang di http://www.malangkota.go.id.

Makan
Untuk urusan perut, ga usah khawatir, ada berbagai macam rumah makan di kota ini, dari model francise sampai model rumah makan biasa semuanya ada. Saya sendiri lebih memilih makan di rumah makan sederhana di pinggir jalan. Rumah makan ini biasanya menyediakan 3 menu utama yaitu nasi rawon, nasi campur dan pecel. Harganya antara antara 7ribu sampai 10ribu kok. Cukup murah lah. TapJdibanding jogja, makanan di kota ini jelas jauh lebih mahal/


Keluar dari kota  malang
Untuk keluar dari kota malang, ada banyak pilihan. Jika suka naik kereta, anda bisa menuju stasiun malang. Karena saya mau pulang ke jogja, maka saya naik kereta Malioboro express yang berangkat jam 8 pagi. Kereta ini sampai jogja jam 3 sore. 

Jika anda lebih memilih naik bis, anda bisa ke terminal bis Arjosari. Tapi karena saya tidak pernah naik bis dari terminal ini, saya tidak bisa cerita banyak.  Mau niak pesawat? Ada sih, kalau ga salah ada dua maskapai yang melayani rute jakarta Malang. Masakapinya sriwijaya Air dan Lion Air. 

Intinya, kota malang sangat cocok buat tempat tinggal. Saya cukup kerasaan disana karena suasananya nyaman, kota ini mirip banget dengan jogja yang ebih cocok untuk belajar dan menikmati hidup ketimbang untuk bekerja. Ada tempat wisata alam yang terkenal dekat kota malang, tempat wisata kota batu namanya, sayang banget kemarin ga jadi kesana, kota ini bisa ditempuh sekitar 45 menit dari kota malang. Jika anda tertarik silahkan cari infonya di http://www.kotawisatabatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)