Elysium

Elysium poster

Elysium adalah film yang berlatar tahun 2154M. Saat itu digambarkan bumi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah dan populasi yang sangat padat sehingga kemiskinan, kejahatan dan lingkungan kumuh tidak terhindarkan. 

Para orang kaya di masa itu sudah tidak tinggal lagi di bumi, namun tinggal di Elysium. Semacam wahana antariksa raksasa yang dihuni oleh orang orang kaya. Untuk mempertahankan Elysium dan status borjuis maka siapapun yang berusaha pindah kesana tanpa ijin, maka pesawatnya akan ditembak dan akan dihancurkan. 


Setting 
Elysium mengambil topik tentang berbedaan kelas antara sikaya dan simiskin, layanan kesehatan yang mahal dan Imigrasi. Si sutradara sendiri ketika di wawancarai bilang bahwa walaupun film itu berlatar pada abad 22, kondisi itu sudah terjadi sekarang, terutama di amerika.


Thema Cerita
1. Imigrasi 
Banyak warga amerika latin yang ingin menyebrang ke US untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik justru berakhir tragis. Di deportasi, di tembak atau di jadikan budak. Seandainya bisa masukpun akan menjadi warga kelas tiga seperti menjadi pegawai rendahan dan pembantu rumah tangga.

2. Kesehatan
Sekarang ini, dimanapun, fasilitas kesehatan sangat mahal terutama untuk penyakit kronis dan berat seperti kanker, sakit jantung, gagal ginjal dan sebagainya. Efeknya? hanya orang kaya yang bisa menikmati fasilitas tersebut. Elysium juga menggambarkan kondisi tersebut. Para penghuniya bisa hidup sehat dan bisa menghambat penuaan, sementara penduduk bumi hidup miskin,sakit sakitan dan layananan kesehatan sangat terbatas. 

3. Kelas sosial
Ini yang paling nampak. bagaimana sikap angkuh dan somboh para penguasa dan orang orang kaya di film ini digambarkan. Misalkan tidak mau dekat dekat dengan pekerja, pekerja disuruh menutup mulutnya dengan tangan kalau mau berbicara dengan atasan karena mulutnya bau dan sebagainya. Faktor keselamatan kerja yang terbatas dan buruknya tunjangan kesehatan untuk para pekerja.

Tiga hal diatas digambarkan secara sangat baik di elysium. Untuk efeknya tidak perlu saya bahas, dah pasti jos,namun efek saja tidaklahc cukup untuk membuat sebuah film berkualitas, ada faktor yang paling penting yaitu jalannya cerita. 

Jalannya cerita 
Max adalah seorang pekerja di pabrik robot. Sebelum bekerja disana, dia terkenal sebagai pencuri dengan spesialisasi pencurian mobil. Dia sudah bertobat dan tidak mau mengulangi pencurian lagi dan ingin mejadi orang baik baik. 

Sayangnya, pada saat dia bekerja, dia mengalami kecelakaan, dia terkena paparan radiasi yang merusak organ dalam tubuhnya. Dia hanya bisa betahan selama 5 hari. Sebenarnya Cara mengobati agar efek radiasi itu hilang sudah tersedia di Elysium yang diperuntukan untuk orang orang kaya. 

Nah, si Max berusaha bagaimana caranya dia menuju elysium dengan bantuan gembong penjahat di kota itu. Caranya? dengan mengambil data dari bosnya di pabrik sehingga dia terdata sebagai warga elysium, Setelah dia berhasil mengambil data dari mantan bosnya, ternyata dia justru menghadapi konflik yang lebih besar, diburu oleh agen Elysium dan berusaha dibunuh. Ternyata data yang dia curi dari mantan bosnya merupakan data yang sangat penting bagi keberlangsungan elysium itu sendiri. Kira kira bagaimana kelanjutannya? Dibintangi oleh Matt Dammon, Jodie foster dan disutradarai oleh sutradara yang sama yang meracik District 9 , maka anda akan menemukan film yang perfect untuk menggambarkan kesenjangan sosial di masa sekarang dengan balutan masa depan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)