Captain Philips (2013)

Bagaimana gambaran para bajak laut diera modern sekarang? Apa tampilannya seperti di film Pirate of Caribian? atau mereka menggunaka kapal besar dengan bendera Tengkorak? Ternyata tidak, Perompak modern meggunakan senjata laras panjang dan menggunakan kapal kecil penangkap ikan. Perompak ini bisa terjadi dimana saja, namun beberapa tahun terakhir, daerah afrika timur tepatnya somalia adalah area paling berbahaya bagi para pelayar.

Jika anda ingin melihat gambaran real bagaimana para perompak ini menjalankan aksinya, silahkan tonton Captains Philips. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks dan aktor asli somalia bernama Barkhad Abdi yang memerankan pimpinan perompak. 

Setelah saya menonton film ini, woh..emang keren, filmnya dua jam lebih namun alurnya mengalir cepat dan tegang sampai film berakhir. Alasan utama saya menonton Film ini adalah karena film ini disutradari oleh Paul GreenGrass, sutradara dari The Bourne Ultimatum". Tau sendiri kan bagaimana serunya ilm Jason Bourne. 

Sang sutradara menggunakan teknik yang sama di film captain philip, alur cepat, tegang, penuh aksi namun cerita tetap mengalir dan mudah dicerna. Selain bercerita tentang pembebasan kapten philips, ada sisi humanisme yang diselipkan, sisi humanisme itu adalah bahwa para perompak itu juga manusia, mereka mengenal takut, mereka juga punya tekanan hidup dan mereka punya "BOS". 

Salah satu adegan di film ini, Pimpinan perompak bercerita bahwa mereka pernah membajak kapal yunani senilai 6 juta dolar, namun si captain philips dengan santai menjawab:"terus kemana uang 6 juta itu?" nah ternayata hasil jarahan dan bajakan itu diserahkanke bos dari para perompak. Mereka sebenarnya hanya nelayanan, namun karena tekanan ekonomi dan politik di somalia yang berantakan, membuat mereka beralih fungsi menjadi bajak laut. 

Di sisi lain, saya ga tau harus menilai apa dengan cara amerika membebaskan tawanan, mereka butuh 3 kapal perang besar dan pasukan elit untuk membunuh 3 perompak dan menahan pimpinannya. Itu juga dibutuhkan waktu berhari hari dengan koordinasi matang. Artinya, amerika ga sehabat di film Rambo deh. Makanya disini juga jadi nilai plus bahwa kondisi real di medan perang atau dalam kondisi pembajakan lebih kompleks dari gambaran orang pada umumnya. 

Review untuk film ini adalah 9 /10. Mungkin sepanjang tahun ini, baru film Captain philips yang bisa membuat saya menonton dengan tegang selama 2 jam lebih tanpa terganggu dengan ngemil atau mainan Handphone. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)