Pelajaran dari Captain Philips

Captain philips adalah film yang banyak mempunyai pesan moral dan pelajaran, terutama tentang hidup diperjalanan. Berikut ini adalah pelajaran yang bisa kita ambil dari captain philips

1. Selalu Siaga dan waspada setiap saat.
Lengah dan teledor adalah hal yang berbahaya entah sendiri atau di perjalanan. Lengah dalam mengendarai motor bisa nabrak atau di tabrak, teledor dalam mengambil keputusan juga sangat berbahaya.

2. Bertanggung jawab dan berjiwa pemimpin
Salah satu jiwa captain yang paling saya suka adalah tanggung jawab. Seorang pemimpin harus bertanggung jawab pada apa yang dipimpinnya dan berani mengambil resiko apapun demi keselamatan anak buah kapal.


3. Jangan pergi jauh sendirian.
Singkatnya, para pelaku kejahatan akan mencari mangsa yang paling lemah dan sendirian. Hal ini mirip dengan srigala yang akan menerkam domba yang sendirian. Di film ini, kapal Philips memang melaut sendirian, berbeda dengan kapal kapal lain yang berangkat rombongan. Tidak heran jika Bajak laut mengincar kapal ini.

4. Bajak laut juga manusia 
Sering digambarkan bahwa bajak laut dan para penjahat adalah mahluk yang sudah tidak punya rasa manusiawi lagi. Ternyata tidak. Mereka punya rasa belas kasihan, mereka masih patuh sama orang tua dan ketika mereka melakukan aksinya pun merasakan takut. Jadi, jika kita bertemu penjahat, ingat bahwa si penjahat itupun sebenarnya takut sama kita.
Hal ini mirip dengan Ular atau binatang buas, mereka yang menerkam kita (bukan karena lapar) sebenarnya hanya ingin melindungi dirinya sendiri.

5. Amerika itu tidak hebat!
Negara amerika yang digembar gemborkan hebat, ternyata tidak sehebat di dunia nyata. Contoh di film ini (ingat, bahwa film ini diambil dari kisah nyata), untuk membebaskan tawanan, diperlukan waktu behari hari dengan 3 kapal perang besar dan peralatan canggih.

Indonesia bisa membebaskan tawanan bajak laut, hanya dengan mengirim pasukan kopasus dan berhasil menewaskan 4 bajak laut. Hebat mana?

6.  Belajar diplomasi itu penting
Untuk memenangkan peperangan/perselisihan, tidak harus selalu dengan kekerasan, kadang diplomasi yang baik bisa menghasilkan solusi tanpa harus ada korban jiwa. Makanya harapan kedepan, diplomat indonesia harusnya harus lebih canggih kemampuan diplomasinya, terutama ketika berhadapan dengan negara lain.

7.Amerika sangat melindungi warganya 
Saya memang tidak suka dengan amerika, terutama pemerintahan dan gaya hidup warganya, namun amerika merupakan negara yang benar benar serius memberi keamanan pada warganya. Ingat kasus penembakan freeport yang menewaskan warga amerika? bagaimana sikap mereka ke indonesia? Mirip bos memarahi bawahan kan? Ya, memang negara ini nyalinya kurang, lebih tepat cari aman dan menghindari masalah, beda dengan sukarno yang suka konfrontasi langsung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)