Review The Amazing Spiderman 2 (2014)

Spiderman 2 saat ini baru saja di rilis di bioskop dunia. Bagaimana sih kualitas film ini di banding film sebelumnya? Secara keseluruhan ada peningkatan. Peningkatan akan terasa banget di Alur cerita, Efek, drama percintaan dan kesesuainnya dengan komik serta film kartunnya. 

Agar review ini tidak mengurangi penasaran dan kenikmatan saat menonton, saya membagi review menjadi dua bagian yaitu review secara umum dan review yang penuh dengan "SPOILER" di bagian akhir . Jadi baca seperlunya ya. 

Cerita 
Di film pertamanya, Peter parker sudah di peringatkan Ayah gwen agar jangan dekat dekat dengan putrinya karena hal itu akan membahayakan gwen stacy. Namun, Peter tidak menghiraukan permintaan terakhir tersebut, sampai lulus sekolah SMA (sampai diawal film ini) mereka masih berpacaran dan ibu gwen pun tidak masalah. 

Peter sendiri terus di bayang bayangi ole kematian aya gwen. Rasa seperti ni membuat peter akhirnya minta putus dengan gwen. Disisi lain, peter masih terus mencari rahasia kenapa orang tuanya tega meninggalkan dia sewaktu kecil dan apa rahasia dibalik itu semua.

Musuh

Musuh utama di film ini ada 3 yaitu Electro, Green Goblin dan Rhino. Electro sebenarnya adalah seorang insinyur listrik di OsCorp yang benar benar nge-fan dengan spiderman, namanya Max dillon. Max ini seorang yang tidak punya teman, bahkan teman kerjanya jarang yang ingat namanya, apalagi ulang tahunnya. Diawal cerita, Max diselamatkan oleh spiderman dan itulah yang membuat dia semakin ngefan dengan spiderman, Lah kok ujungnya jadi musuh? lihat review spoliernya dibawah 

Penjahat kedua adalah Green Goblin alias Harry osborn. Harry adalah temen dari peter, Jika di Spiderman Versi Sam Raimi yang dibintangi tobey maquire harry dendam ke spiderman karena dia membunuh ayahnya , Harry osborn punya motive yang berbeda mengapa dia menjadi musuh spiderman.

Musuh ketiga adalah rhino. Dia adalah penjahat biasa sebenarnya namun akhirnya dia di rekrut oleh harry dan diberikan pakain besi 'Rhino'. 

Terus bagaimana spiderman bisa mengalahkan ketiga musuh ini? Tonton atau baca review spoilernya dibawah.


Efek 
Kalau kita lihat trailernya, efek CGInya sangat jelek dan mentah, namun saya kira pihak Sony sudah memperbaikinya, saat saya menonton di bioskop, efeknya benar benar bersih dan sangat bagus, sayangnya saya tidak menonton Versi 3D mengingat masalah duit dan penonton yang membludak. 

Efek dari Greengoblin serta senjatanya juga sangat jauh berbeda jika dibanding dengan Green goblin versi Sam Raimi di Spiderman (2002). 

Overall
Secara keseluruhan, saya suka dengan The Amazing spiderman, mengapa? si sutadara march web benar benar bisa mengidupkan seorang spiderman yang mirip banget dengan tokoh animasi spiderman yang kocak, lucu dan  dialog mengalir serta drama di Film superhero ini bahkan lebi bagus dibanding Twilligt sekalipun. 

OK habis ini saya akan mereview habis habisan dengan BIG SPOILER ALERT





REVIEW WITH BIG SPOILER ALERT

Film ini menceritakan kisah spiderman setelah berhasil mengalahkan lizard, kehidupan kembali normal, dia dan gwen berhasil menyelesaikan sekolah SMAnya. Saat pidato kelulusan Gwen (gwen adalah siswa SMA terbaik ) Peter sedang sibuk menghajar penjahat di jalanan.

Yang saya suka spiderman versi ini adalah dia bener bener mirip spiderman dimasa saya anak anak, film spiderman keluaran tahun 1994, bener bener konyol. lucu dan saya yakin yang merasakan masa anak anak ditahun 90-an akan merasakan cool banget film ini. Gaya spiderman yagn lues, suka mbanyol bahkan saat kelahi sekalipun ini tentu jauh berbeda dengan spiderman bawaan tobey moquare yang terlihat serius dan kaku.

Satu hal yang selalu menjadi bayang bayang peter adalah ayah gwen, dia masih ingat pesan dari ayah gwen agar dia menjauh dari kehidupan gwen mengingat Peter parker /spiderman akan selalu berhadapan dengan bahaya dan cepat atau lambat pasti akan berimbas ke gwen, Nah..tapi peter tetep ngeyel sampai diakhirnya mereka putus *break up*.

Disaat yang sama, harry osborne temen SD dari peter parker yang tinggal dluar amerika kembali ke Newyork dan kembali bertemu dengan peterparker. Ada adegan yang saya suka saat mereka bertemu


Harry Osborn: It's been 10 years. What have you been up to?

Peter Parker: I do some web designs.

Yah, Peter parker punya pekerjaan sampingan sebagai fotographer dan sekaligus "Web desain" LITERALY. Gue ngakak pas bagian ini". 

Mengapa harry osborne kembali ke Newyork? ternyata karena diperintah oleh bapaknya, bapaknya harry terkena penyakit langka yang sifatnya menurun ke harry. Agar Harry tidak meninggal dan dapat sakit menahun seperti bapaknya dia harus mencari obatnya. Obatnya sendiri sudah ditemukan oleh Bapak Peter parker, namun Ia menghilang karena dia tahu bahwa hasil karyanya akan dijadikan senjata biokimia yang berbahaya. 

Selain itu, dia membuat hasil penelitiannya hanya cocok dengan darahnya atau keturunannya. Ingat kenapa peter parker ketika di gigit laba laba tidaka  mati atau tidak menjadi monster? disini terjawab sudah.. Laba laba yang menggigit tadi sudah tercampur dengan DNA dari Richard parker. Makanya saat menggigit peter, dia justru makin kuat dan jadilah spiderman. 

Friends, Love, Faith and Feel Betreyal 

Terus siapa Electro? Electro aslinya adalah orang baik,dia insinyur listrik yang mengalami kecelakaan kerja, dia bukannya mati tapi malah menjadi manusia listrik, Dia selalu haus akan energi listrik. Dia bener bener ngefan dengan spiderman. Dia ingi dikenal layaknya spiderman dan superero, namun justru yang terjadi dia dihajar spiderman di newyork karena membahayakan warga newyork. Inilah awal mula kebencian electro. 

Sementara itu, walaupun Gwen stacy dan peter parker sudah tidak lagi pacaran, mereka sekarang menjalin pertemanan yang sifatnya kalau di facebook itu "It's complicated". Gwen diterima di Oxford Inggris, saat sebelum berangkat, Peter parker tidak sempat menemuinya jadi di jembatan Broklyn bridge, membuat jaring raksasa dengan tulisan "I love U" nah gwen tahu, keluar dari mobil dan langsung dibawa pergi oleh spiderman. Namun disinilah tragedi dimulai, awal dari tragedi terbesar di amazing spiderman. 

Harry osborne sendiri menjadi benci dengan peter parker dan spiderman karena dimulai dari satu sisi yaitu sipeter tidak mau menolongnya untuk mendapatkan sample darah spiderman (saat itu harry belum tau kalau peter adalah spiderman). Suatu hari, spiderman tiba tiba datang ke rumah harry dan bilang secara langsung bahwa peter sudah menyampaikan pesan, namun spiderman tidak bisa langsung memberikan darahnya karena takut darahnya justru akan membawa malapetaka dan bahaya bagi harry osborne. 

harry osborne sendiri sudah mulai terjangkit penyakit yang menimpa bapaknya, Kukunya memanjang dan tubuhnya berubah menjadi hijau (green goblin). Maka si harry minta tolong ke electro. 

Setelah dia ditolong electro, dia mengambil salah satu serum yang masih dalam tahap penelitian dan disuntikan ketubuhnya, apa yang terjadi? dia mejadi lepas kendali, dan di belakang punggungnya muncul punuk (mirip dengan versi komiknya) lalu dia mengambil salah satu baju Green goblin dan mencari spiderman. 

Dan disaat yang sama, spiderman dibantu oleh gwen berhasil mengalahkan Electro, Disitulah harry osborne (green goblin) sadar bahwa Peter parker adalah Spiderman, dia juga merasa dikhianati sebagai teman dan akhirnya, dia membawa kabur Gween, spiderman terus mengejar sampai terjadi pekelahian di sebuah gedung tinggi, Spiderman berhasil mengalangkan green goblin namun dengan biaya yang sangat mahal. *BIG SPOILER ALERT* GWEN DIE! . Ini bener bener suasana yang menyedihkan banget, namun kejadian dikomiknya seperti itu. 

Di akhir cerita, Peter parker masih harus menghadapi Rhino( setelah mengalahkan electro, Green goblin dan Gwen mati). Sementara itu, Harry osborne berencana mengumpulkan semua superviillan sinister six , kemungkinan adala Rhino, Greengoblin, Dr octopus, Vulture dan dua lagi belumt tau. Sinister six akan menjadi musuh utama di The Amazing spiderman 3. 

Ending credit Scene
setelah spiderman bubar, ending creidt scene dimulai? ternyata ending credit ini tentang xman, Mistyce menghajar para prajurit di vietnam (era perang 70-an) . Banyak yang mengira Mystiqe akan menjadi musuh selanjutnya dari spiderman, padahal itu adalah "iklan" yang ditempel oleh pihak studio untuk film X-Man: The future past yang akan tayang di akhir mei ini. JADI ITU BUKAN ENDING CREDIT spiderman, cuman trik marketing dari tim Marvel aja. 

OK...semoga review ini bermanfaat!

7 komentar:

  1. wah keren review nya, lengkap nih, mantap, saya ga bisa kalau review kayak gini, hmm kalau berkenan baca juga yah review saya di blog saya

    BalasHapus
  2. guys kusuka review ini apa adanya, dan berdasarkan komik.

    karena si pe review besar seperti rotten tommattoes menjatuhkan film ini

    padahal ini telah sesuai dengan komiknya, dan agar tidak bosan unsur drama diangkat dengan ringan

    para rotten inginnya film ini menjadi berat seperti batman mungkin, selalu berperang dengan dirinya nya sendiri menanyakan moral dirinya sendiri. tapi bukan itu tujuan film ini, karena dengan rating R tentu ingin menjangkau masyarakat luas termasuk para remaja yang baru lahir saat ini.

    anyway, kusuka film ini , ostnya dan masih ingin lihat lagi

    salam

    BalasHapus
  3. Berkunjung kawan, salam perkenalan dara saya. Blog nya bagus, tulisannya juga bermanfaat. kalau ada waktu kunjungi blog saya ya obat herbal asam urat | obat stroke

    BalasHapus
  4. aku kurang suka ada iklan di ending credits nya euy! :D

    BalasHapus
  5. aku suka spiderman yg lama

    BalasHapus
  6. Bener! Pas habis nonton film ini aku jadi tergila-gila dan pgn nonton lagiii
    Akting andrew, emma, jamie foxx, dane dehaan, aunt may dll itu keren!!
    Meskipun banyak yg kritik film ini redline nya ngabur dan alurnya yg kecepetan gue tetep sukaaa
    Efeknya jg tambah keren dr yg pertama.

    Banyak yg bilang andrew garfield kurang cocok jadi peter, padahal menurut gue udh cocok bgt! Pinter, nerd, tampang ngelawak, dan suka ngelawak! Ga kaya tobey yg tampang selalu sedih dan seakan dunia ini begitu tak adil rrrr
    Gue emg lbh menikmati tasm&tasm2 timbang spidermannya sam raimi karena melodramanya pas, komedinya dapet!

    What the hell bout the people says this spidey version is my favorite!!!

    BalasHapus
  7. Ada beberapa hal yang ngak bisa kita jawab kalau ngak langsung baca komiknya, dan salahsatu scenenya sudah menjawab pertanyaan fans Spidey selama bertahun-tahun...

    http://nilonova.blogspot.co.id/2017/01/review-amazing-spider-man-2.html

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)