Review Godzilla 2014

Godzilla adalah film yang mengisahkan monster kadal raksasa yang masuk kekota besar. Apa jadinya jika raksasa tersebut masuk kedalam kota seperti newyork? Tentunya kehancuran yang luar biasa. Film Godzilla ini merupakan remake dari film godzilla tahun 1998.

Review ini akan saya bagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah review WITH NO SPOLIER, dan bagian kedua dari artikel ini (setelah video trailer) adalah review with HEAVY SPOILER ALERT.

Film ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Godzilla tahun 1998 hanya berkutat di Newyork, bercerita tentang seekor kadal raksasa yang sedang 'hamil' dan membuat sarang di tengah kota newyork. Godzilla adalah hewan yang terkena radiasi nuklir pada percobaan bom atom di perang dunia kedua. Film Godzilla mengambil latar belakang dan jalur yang sangat berbeda.

Banyak hal yang disembunyikan dalam film ini. Jika anda tonton trailernya pun, itu ternyata baru sedikit terungkap kenapa godzilla menyerang kota besar, dari mana asalnya dan masih banyak hal lain yang masih misteri.

CAST
Dari sisi casting, film ini didominasi oleh aktor aktor papan atas, seperti Aaron taylor johnson (Kick Ass), Bryan Cranston (Breaking bad), Ken watanabe (Inception, Last samurai) dan Elisabet Olsen. Entah kebetulan atau tidak, Aaron taylor jonshon dan Elisabet olsen adalah dua tokoh baru yang rencananya akan muncul di Avenger 2 sebagai Quick Silver dan Scarlet witch. Nah loh, ini mbahas avenger atau godzilla? Sori  kebablasan. Intinya kemampuan casting masing masingnya mantap banget.

Effect
JIka ngomng masalah effect, Godzilla adalah film dengan effect terbaik , mengalahkan efek film 2012. Effectnya bener bener bersih, seperti stunami, runtuhan gedung, ledakan, dan gerakan Godzilla yang berenang dilaut itu bener bener AMAZING. Cool banget. Efeknya jauh lebih berkualitas dibanding Amazing spiderman 2 sekalipun. Keren abis. Pokoknya ini adalah Wow Faktor utama di Godzilla.

Salah satu efek yang paling saya suka adalah efek mundurnya air laut sesaat seblum sunami, ikan terkapar meloncat loncat di pantai karena air laut surut, sesaat kemudian, Gelombang besar muncul, WOW..ini bener bener efek yang luar biasa.

PLOT dan jalannya cerita
Jika dibanding dengan godzilla 1998, plot ceritanya terasa tidak masuk akal,tidak realistis. Godzilla di tahun 1998 ada karena efek radiasi nuklir, namun di sini, Godzilla adalah hewan purba yang mampu bertahan selama jutaan tahun (mungkin secara turun temurun). Yang kembali muncul kedaratan setelah sekian lama. Lalu muncul pertanyaan apa yang membuat dia keluar dari laut? Anda bisa menemukanjawabannya dengan MENONTONNYA atau BACA REVIEW SPOLIERNYA DIBAWAH. Intinya dari sisi efek super duper keren, tapi dari sisi cerita kurang GREGET dan kurang realistis, tapi hey, bukannya kita nonton bioskop karena efeknya bukan?






REVIEW WITH HEAVY SPOILER ALERT
baca bagian ini jika anda sudah menontonnya, membaca bagian ini sebelum menonton akan mengurangi rasa penasaran saat menonton dan mungkin akan mengurangi kenikmatan menonton *YOU'VE BEEN WARN!*


Jika kita lihat trailer diatas, tampak bahwa godzilla adalah ancaman nyata bagi kemanusiaan. Ternyata anda akan salah besar jika menganggap demikian. Di film ini diceritakan  bahwa masih ada beberapa spesies purba bahkan sebelum era dinosaurus yang masih bertahan dibumi. Mereka hidup dibawah tanah dan didasar laut.

Godzilla adalah salah satunya. Namun selain godzilla, masih ada mahluk lain , salah satunya adalah MUTO. Mutto adalah hewan purba yang besarnya hampir sama dengan Godzilla , bentuknya mirip dengan kumbang raksasa. Jika saya boleh memberi judul, Film ini lebih tepat di beri judul "GODZILLA VS MUTTO". Godzilla adalah 'good guy' disini.

MUTTO adalah hewan purba yang dorman, lalu aktiv karena radiasi nuklir, yang lebih aneh adalah makanan MUTTO adalah sampah nuklir dan radiasi nuklir. Tahu kenapa gempa dan stunami tahun 2012 terjadi dijepang? menurut film ini, itu karena MUTO yang membuat gempa terjadi dan menyerang reaktor Nuklir.

Mutto ini ada dua dibumi, yang berkelamin jantan dan kelamin betina. Dua duanya kembali aktif setelah 'dorman' sekian lama untuk meneruskan keturunan. Mutto ini pertama aktif di Philipina, lalu berpindah ke jepang, saat radiasi nuklir  sudah 'mengenyangkan muto, hewan ini bangkit dan terbang ke Hawai.

Di Hawai, dia mencari hulu ledak nuklir. Nah saat Mutto sedang mencari nuklir inilah Godzilla datang  yang dari laut.Karena besarnya Godzilla, gelombang laut berubah mejadi stunami, kekacauan terjadi di Hawai.Ternyata Godzilla datang bukan ingin menyerang manusia, tapi dia berburu 'MUTO'. Dalam rantai makanan, MUTO adalah musuh dari godzilla.

Di hawai , Godzilla bertarung dengan Mutto, namun gagal yang akhirnya Mutto terbang ke amerika untuk mencari limbah nuklir yang disimpan di pegunungan. Di bagian bumi yang lain, Mutto muncul diparis dan merusak menara iefel (klise banget ya). setelah itu mutto ini terbang ke amerika juga.Antar mutto ini mengirim sinyal komunikasi.

Godzilla yang gagal mengalahkan mutto akhirnya kembali mengejar mutto ke amerika, Sementara itu, tentara amerika berusaha menghancurkan Godzilla dan mutto sekaligus saat mereka sedang bertarung, namun Dr Iciro menyarankan biarkan godzilla yang membunuh Muto, Nuklir bukanlah solusi untuk hal ini. Tentara amerika tidak mau mengikuti ucapan dr Iciro dan menyerang Godzilla di Golden Gate. Seperti biasa juga, jembatan ini sudah berpuluh puluh kali dihancurkan di film lain, dari X-Man sampai  Pasific Rim. Klise lagi deh.

Di akhir cerita,Godzilla bertempur mati matian dengan Mutto , puluhan gedung berjatuhan dan runtuh. Di akhirnya Godzilla deh yang menang dan dia kembali kelaut.


YANG GA MASUK AKAL

Makanan Mutto adalah ZAT NUKLIR/SAMPAH RADIO AKTIF
Setahu saya, hewan yang hidup di area radiasi nuklir bukanlah hal mengherankan. Hewan yang bisa hidup di suhu yang sangat panas juga sudah ditemukan, namun Hewan yang bisa mendeteksi lokasi nuklir dan memakannya WTF man, WTF? SOMETHING REALLY WRONG WITH THIS MOVIE".

GODZILLA DAN MUTTO BISA BERTAHAN DARI LEDAKAN NUKLIR
Di film 1998, Godzilla terlahir karena radiasi nuklir di era 40-50-an. Namun di film ini diceritakanbahwa era itu bukan era test nuklir, Manusia berusaha membunuh Godzilla di tahun 50-an. Yang sampai sekarang masih gagal.  Sekedar  gambaran ya:, besarnya godzilla adalah besar Gedung WTC New York. Jika dia dijatuhi nuklir dalam radius 1 KM saja, bukan hanya dia mati tapi juga akan hilang tidak berbekas. Namun di film ini tidak demikian, Baik mutto atau GODZILLA bener bener tahan nuklir,

BAGAIMANA MUTTO MATI
Mutto ini mati dengan dua cara. Mutto yang jantan mati karena badannya di sabet sama buntut Godzilla. badannya remuk dan terkapar jatuh mati. Mutto yang kedua mati karena Di sembur API dari mulut godzilla ke mulut Mutto yang betina. WHAT WRONG? MUTTO di hantam dengan hujanan senjata, bom atom, rudal jarak jauh, torpedo, ga ada luka gores sedikit pun, MUTTO DI SABET EKOR GODZILLA Dan  LANGSUNG TERKAPAR MATI. WTF .,.. WTF MAN?
\

MUTTO bisa mendeteksi radiasi nuklir dari ribuan kilometer. 
Bagiamana ya caranya? Radiasi nuklir yang ada diamerika bisa dideteksi dari jepang. Radiasi nuklir di jepang bisa dideteksi dari philipina. JIka radiasi masih bisa dideteksi, berarti radiasi nuklir sudah menyebar didunia dong. Nyatanya tidak demikian. Radiasi nuklir hanya bisa dihitung dalam jarak kurang dari 100KM. Tapi si mutto ini bisa mendeteksi radiasi nuklir dalam jarak  RIBUAN kilometer. THIS IS REALLY REALLY WRONG!

MUTTO PUNYA KEMAMPUAN EMP 
EMP adalah gelombang elektronik yang akan merusak semua alat elektronik dalam radius tertentu. Si MUTTO ini punya kemampuan membuat gelombang EMP yang membuat pesawat F35 akan jatuh lepas kendali (lihat trailernya, anda akan melihat pesawat F-35 yang jatuh karena efekEMP).

WAH Pastinya si mutto ini dizaman purba sudah mendeteksi bahwa akan ada ras manusia yang bisa membuat senjata dan peralatan elektronik. Nah si MUTTO ini sudah memprediksi itu (KONYOL 180% ga sih?).

ya itu semua komentar dari ane, intinya SAYA SARANKAN nontonnya ga usah pake mikir, nikmati aja adegan perkelahian antara godzilla dan mutto. masalah realistis dan ga, itu belakangan. !
Happy WATCHING!

1 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)