Review X-Men The Day Of Future Past

X-men Day of future past adalah film terbaru dari seri X-man live action. Future past merupakan sekual dari dua film xman sebelumnya yaitu X-Men Last Stand dan X-men First Class.

Seperti biasa, review akan saya bagi dua bagian, bagian pertama akan membahas review tanpa spoiler, sedangkan bagian kedua akan membahas review dengan spoiler habis habisan. Jika anda belum menonton film ini, cukup baca yang non spoiler saja.

Disutradari oleh Bryan singer, Film ini bener bener memukai dari sisi cerita, efek dan penokohannya. Dua bintang utama di film ini adalah Hugh Jackman sebagai wolvrine dan Jenifer lawrence sebagai mistyqe. Itu kenapa jika kita perhaikan posternya, dua orang inilah yang mendapat porsi yang paling mencolok.

Film berlatar di masa lalu dan masa depan. Di masa lalu berkisah ditahun 1973 dimasa perang vietnam. Di masa Boliver trask adalah ahli science dan robot yang ingin membuat robot yang mampu menghancurkan atau minimal meminimalisir dari bahaya para mutan.
Boliver trask berpendapat, jika manusia normal tidak cepat bertindak, maka ras manusia bisa musnah dan digantikan oleh para mutan. Dia mengutip sejarah dan teori evolusi, sejak munculnya homo sapien, maka secara bertahap homo nederhland (manusia kera) berangsur angsur hilang dan punah, Dan homo sapien (manusia) sekarang ada di posisi homo nederland.

Jika anda perhatikan trailernya, X-men dari first class bersatu untuk menghentikan sentinel, baik Magneto ataupun Profesor Xaiver serta Wolvrine bersatu menghancurkan Proyek sentinel. Sayannya masing masing mempunyai cara berbeda dan pandangan berbeda tentang cara terbaik menghancurkan sentinel.

Adegan keren
Adegan palin keren yang saya suka adalah ketika Blink perang melawan Sentinel dengan menggunakan portal. Aduh apa itu? kerennya dimana? Ya tonton aja, pokoknya saya jamin akan WOW lah.

Ada yang seru di film ini, banyak pertanyaan yang terjawab dari berbagai spekulasi di trailernya seperti

  1. Kenapa Magneto di penjara di Pentagon, apa salahnya?
  2. Misi apa yang di emban mistyqe di Vietnam (liat ending credit spiderman)
  3. Kok profesor Xavier muda bisa berjalan?
  4. Bagaimana mesin waktu bekerja?
  5. Bagaimana bisa film ini dikatakan sebagai sekual X-men :Last stand dan X-men First class sekaligus?
  6. Apakah film ini masih ada hubungannya dengan ending credit The Wolvrine(2013)?
Semua itu bisa anda jawab jika anda menonton filmnya atau anda membaca review spoiler dibawah. Yang jelas, dari 6 pertanyaan itu saja sudah cukup untuk mentonton X-Men. Dari sisi cerita, X-men Future past adalah film X-men terbaik setelah First Class. Future past juga merupakan film terbaik (menurut saya) selama tahun 2014 ini. Saya memberi point 9/10. 

Ending credit?
apakah ada ending credit dari Film ini? ada dan sangat keren, pokoknya jangan tinggalkan tempat duduk sampai credit scene selesai mengingat ending credit sangat berhubungan dengan film X-Men selanjutnya.




Review dengan SPOILER, BIG SPOILER 
Future past adalah film yang bener bener keren, sepanjang film dalam hati bilang" HOLY SHIT, W T HELL, COOL, OMG, OMG!"   film ini bener bener memukau. KEren ABIS.

Namun, film ini bener bener super duper keren. Film ini merupakan sekual dari First Class dan sekuel dari X-Men the last stand.

Bagi anda yang tidak menonton atau belum menonton dua film ini, saya sarankan menonton dulu sehingga tau alur yang ada di film ini.Di First class, Magneto berpisah dengan Xavier (profesor X) , Xavier tertembak di tulang belakang yang menyebabkan dia lumpuh, lalu dia meneruskan Xavier School untuk para mutan, namun akhirnya gagal. Sekolah X-Men di bubarkan dan dia menjadi pecandu drug dan depresi berat. Penyababnya di First class, Magneto menempuh jalan yang berbeda. Intinya X-Men first class adalah awal perpecahan magneto dan Profesor X.

Di film X-Men the last stand, Jean kekasih Cyclope dan wanita pujaan Wolverine (cinta segitiga) dibunuh oleh Wolvrine, di film ini,Prof Xavier juga mati, hanya ada beberapa X-Men yang bertahan, diantaranya adalah Magneto, Strom, Kitty Pride serta Wolvrine.

Memahami Alur cerita 

Dimasa depan (tahun 2023) Robot sentinel memburu para Mutan karena mnembahayakan manusia. Sentinel adalah robot yang mampu beradaptasi dengan kemampuan mutan yang di lawannya. Jika mutannya bisa memakai Api, sentinel bisa membuat es, jika mutannya mempunyai kekuatan besi, sentinel juga bisa. Robot sentinel merupakan reverse Engine dari Mystiqe. Robot robot ini dibuat berdasarkan Gen Mystiqe yang bisa berubah wujud menjadi orang lain.


Wolverine di beri tugas untuk menghentikan Mystiqe membunuh Trask. Ahli robot yang ingin menghancurkan mutan. mengapa Xavier dimasa depan ingin menjegah hal tersebut terjadi? Karena jika trask di bunuh mystiqe hal itu menjadi pembenaran pemerintah untuk memburu para mutan. Harapan dari Xavier, jika mystiqe tidak jadi membunuh trask, maka masa depan bisa berubah. 

Untuk selanjutnya, mari kita bahas satu satu pertanyaan di review awal film ini. 

Kenapa Magneto di penjara di Pentagon, apa salahnya?
Magneto di penjara di Pentagon dengan tuduhan pembunuhan JFK. Namun di film ini, magneto bercerita bahwa JFK adalah mutan juga, dia berusaha membelokan peluru dari si pembunuh JFK, namun gagal, dan dia akhirnya jadi tertuduh sebagai pembunuh presiden.  Magneto di selamatkan oleh Quicksilver dari pentagon. Quick silver adalah mutan yang mampu bergerak dengan sangat cepat. 


 Misi Apa yang di emban mystiqe di vietnam (lihat ending credit spiderman ).
Mystiqe berusaha menyelamatkan mutan yang dijadikan object penelitian oleh pemerintah. Mystiqe dan magneto berusaha melawan pemerintah US dan ingin membunuh trask. Orang dibalik robot sentinel, intinya Mystiqe ingin membela kaumnya yaitu kaum mutan.

Kok profesor Xavier muda bisa berjalan?

Profesor Xavier di First class tertembak di tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan, berkat serum yang dibuat oleh Beast, dia bisa berjalan kembali, namun kemampuan membaca pikirannya hilang.

Bagaimana wovlrine kembali ke masa lalu?

Agar Mutan tidak musnah, maka Magneto, Prof Xavier, Storm beberapa mutan lainya mengirim Wolvrine ke masa lalu dengan bantuan Kitty pride.Sebenarnya Wolvrine tidak benar benar di kirim ke masa lalu secara fisik, namun hanya mengirim peringatan lewat otak ke masa lalu dari wolvrine. Intinya wolvire di masa tahun 1973 sudah punya ingatan masa depan, namun dalam fisik yang lebih muda.

Di tahun 1973, Cakar wolverine masih tulang, bukan terbuat dari logam. Artinya kejadian film ini sebelum X-Men: wolvrine .

Bagaimana film ini bisa disebut sequel dari X Man :Last stand dan First class sekaligus?
Film ini akan mengubah sejarah dan membelokan waktu. Dengan adanya kejadian di First Class, maka secara otomatis timeline dari X-Men Wolverine, XMen 1, XMen 2, XMen 3 hilang dari timeline, termasuk juga The Wolverine. Jelasnya lihat timeline ini.





Dengan kejadian di Future past, Timeline berubah menjadi timeline B atau C. Perhatikan Kenapa saya  menyertakan Olden time( Egypt)  karena ini berhubungan dengan ending credit yang akan saya jelaskan. Artinya film X-Men selanjutnya akan menggunakan timeline B atau C.

Apakah masih ada hubungannya dengan X-Man :Wolverine tahun 2013?

Ini yang menarik, di film ini tidak diceritakan hubungannya bagaimana, analisa saya, setelah Wolverine berhasil merubah timeline, Sekolah Mutan kembali seperti semua di masa tahun 2023. Tidak ada sentinels, Wolverine tidak ingat apa apa (entah dia tertidur panjang atau ingatannya hilang). artinya bagi para mutan, Trilogi X-Men itu hanya diingat oleh wolverine.

Profesor Xavier (di akhir film ini) meminta menceritakan apa yang dia ingat di tahun 1973, Kemungkinan setelah Wolverine menceritakan ke Xavier, Xavier dan Magneto kembali ke tahun 2013 dan meminta bantuan Wolverine. Ingat di ending credit scene Wolverine, Sentinel ternyata baru saja dibuat. Artinya Future past tidak meghilangkan sentinel hanya menunda kejadiannya atau mengeser waktunya saja.


Ending credit. 
Ending credit X-men Future past bener bener super duper awesome. Berlatar masa Mesir 5000 tahun lalu, ribuan orang menyembah dan meneriakan yel yel En Sabah Nur, dia adalah Apocalypse , super villian di X-Men. Dialah yang membangun Pyramida dengan kemampuan telekinetiknya. Bayangkan saja, dia bisa membangun Pyramid dalam hitungan detik. Mungkin itulah mengapa dia di sembah.

Ending credit ini adalah bagian dari cerita selanjutnya yaitu X-Men Apocalyse yang akan tayang di tahun 2016. Keren banget kan?




1 komentar:

  1. sama2 penggemar xmen, saya cm pnasaran knp prof X hidup lagi d the wolverine saya telusurin satu2, akhirnya ketemu di Xmen the last stand.. trus mau nambahin aja .. itu bagan nya udah bener... mgkin aja film xmen apocalipse d timeline B atau C, tapi yg salah letak 'start' timeline B aturan setelah timeline other Xmen Movies (2023), kuncinya ada secret ending di Xmen the last stand, gw kira ga ada , trnyata bener2 paling akhir dr kredit...coba tengok..

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)