Film yang menginspirasi Gerakan Sosial Politik

Hunger Game
Berita pagi ini bener benar mengejutkan, para demonstran di Bankok menggunakan salam 3 jari seperti di hungergame. Hunger Game adalah film yang mengisahkan pemerinahan tirani yang mengekang rakyatnya agar tidak memberontak.

Rakyat sendiri sebenarnya ingin memberontak kepemrintah, namun tidak ada icon dan simbol perlawanan yang menonjol, maka sejak munculnya katnis everdene di Pertandingan Hungergame, dia menjadi simbol perlawanan, dan salam 3 jari menjadikan simbol perlawanan. back to reality, ternyata simbol salam 3 jari dijadikan salam oleh rakyat dan demonstran di bangkok thailand sebagai simbol perlawanan kepada militer. Baca beritanya disini..
Hunger game salute in thailand

'V' for Vendeta
V dijadikan simbol perlawanan oleh para hacker di dunia. V menyerukan kebebasan berekpresi dan menolak sensor media dan berita. Bukan hanya itu, V dijadikan simbol perlawanan Rakyat kepada pemerintahannya.


V dalam filmnya adalah seorang Vigilanty, mengobarkan pembrontakan kepada pemerintah dan menginspirasi rakyat untuk menggulingkan pemerintah yang otoriter dan represif.

Joker The Dark Knight. 
Joker merupakan simbol anarki. Joker adalah tipe orang yang melakukan kekacauan demi kesenangan, psikopat dan tidak suka dengan aturan. Dia tidak bisa di sogok dengan wanita, uang atau jabatan. Joker juga tidak mau diajak berdamai, yang dia inginkan cuma satu, Chaos atau kekacauan.

Dalam bahasa Alfred di Batman, dia mendefinisikan joker dengan " Some man Just want to watch the world burn".

Jokerlah yang menginsiprasi pembunuhan masal di gedung bioskop saat tayang the Dark Knight rise. Seorang penonton membawa senjata semi otomatic dan menembakkannya ke penonton, efeknya...penonton panik dan lebih dari 10 orang tewas. 

Setiap psikopat, pembunuh yang melakukan kesenangan itu bisa dilabeli dengan JOKER!. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)