Review Transformer 4 : Age of Extinction

Review transformers akan saya bagi dua yaitu yang tanpa spoiler dan yang penuh dengan spoiler. Bagian pertama ini adalah yang non spoiler, sedangan bagian kedua setelah trailer adalah bagian SPOILER. Read wisely!

Transfomer 4 akhirnya rilis di bioskop beberapa hari menjelang puasa. Film yang sudah ditunggu tunggu langsung di serbu oleh para fansnya. DI empire XII yogyakarta, 2 hari pertama film ini tayang, antriannya mencapai tempat parkir dan butuh waktu 2 jam untuk mendapatkan tiketnya. sekitar jam 3-4 sore, tiket Transfomer hari itu ludes padahal ada 4 teather untuk Transformer.

Hal ini cukup wajar mengingat selain ini libur sekolah, juga karena sebentar lagi puasa. Umat islam tentunya lebih memilih beribadah ketimbang nonton Bioskop. Maka sekali lagi, tida heran rilis transformer menjelang puasa --menurut penilaian saya-- tiketnya ludes.

Film ini menceritakan kisah para Autobot yang di buru oleh CIA, masih ingat di transformers 2 dan 3, para autobot dan pasukan amerika memburu para decepticon. Kini, pemerintah memburu para autobot. Sementara itu, decepticon sudah dianggap musnah.

Satu persatu decepticon di bantai dan dihabisi CIA, sisa dari kerangka para autobot di jadikan object penelitian oleh KSA. KSA sendiri adalah perusahaan yang bekerja sama dengan CIA untuk membuat versi Transformer mereka sendiri dengan unsur baru yang bernama Transformium. Transformium adalah unsur besi yang bisa di program dan bisa beubah bentuk apa saja itulah kenapa Autobot dan decepticon bisa berubah wujud  ke Kendaraan atau pesawat.

Terus apakah Masih ada decepticon yagn masih aktif? Siapa musuh di film ini ? Apakah Dinobot musuh? Kapan dinobot hadir di bumi? Semua bisa terjawab jika anda menonton filmnya.

Robot baru
Ada banyak robot baru yang bisa anda lihat, yang paling nampak adalah LockDown (decepticon yang berubah dari Lamborgini aventador dan Grimlock, Dinobot yang muncul di trailer, ada juga robot robot transformer generasi baru yang dibuat oleh manusia dengan bantuan dari element mineral baru bernama transformium. Pokoknya keren deh,. Robot baru transformers bisa anda baca dan lihat disini

Alur cerita
Sebelum menonton, saya iseng melihat di rottentomatoes.com, ternyata rating film ini  sangat rendah kemarin 38% . Memang sih dari sisi cerita banyak yang mengecewakan dan jalan ceritanya sangat mirip dengan transformer pertama yang dibintangi shia labaouf sebagai sam.

Effect
Efek robot di film ini sangat bersih dan lebih bersih dari film film sebelumnya. Selain itu hampir setiap 5 menit ada ledakan mobil, bom dan sejenisnya. Ini memang sudah trademark dari Michael bay hobi banget menggunaan Bom dan efek ledakan hampir disetiap filmnya. Pokoknya anda akan puas dengan effect luar biasa di film ini.

Overall
secara keseluruhan saya suka effect robotnya, terutama Transformer yang terbuat dari transformium, Effect Robot yang berubah dari Lamborgini aventador, serta Dinobot. Dan ingat, film transformers ini ada seri pertama dari trilogi yang akan dibuat oleh Michale bay.  Sebelum anda memutuskan menonton film yang berdurasi 160 Menit ini, silahkan anda memilih, Ingin melihat jalan cerita berliku atau melihat efek luar biasa? jika anda ingin melihat jalan cerita yang dalam , ANDA AKAN SANGAT kecewa. Jika anda ingin melihat effect pertarungan antar robot ANDA AKAN PUAS LUAR BIASA.


Pesan Moral
Jika anda belum menonton filmnya, mungkin anda heran, karena tokoh Cade yang di bintangi mark Walhberg terlalu muda untuk menjadi seorang ayah dengan anak gadis berumur 17 tahun? Nah ternyata *SPOILER ALERT*, Tessa, anak dari Cade itu lahir saat Cade dan istrinya baru berumur 18 tahun. Artinya tessa lahir saat Cade masih SMA atau baru lulus SMA.

Di film ini, Cade sangat protektif kepada Tessa karena dia tidak ingin tessa mengalami kesalahan yang sama yaitu hamil di luar nikah atau menikah karena kecelakaan. Woh, saya cukup respect dengan si sutradara. Pesan ini sangat mengena karena film transformers adalah film remaja. Pelajaran penting disini, bagi anda seorang ayah, jaga putri anda. Nah bagi anda cewek ABG alay dan labil, dengerin ucapan orang tua kalau tidak ingin menyesal, misalkan bepergian dengan cowok yang baru dikenal atau yang tidak jelas latar belakang keluarganya.






Spoiler Review
Dari sisi cerita, Film transformers ini mirip banget dengan film transformer pertama yang tayang di tahun 2007 dan beberapa adegan di transformer 2 dan 3 . Berikut ini adalah kemiripannya

  1. Robot transformers di temukan oleh manusia, jika sam menemukan robot bumble bee, maka di TF4 (transformer 4) yang menemukan robot adalah Cade Yeager. Sekarang robot yang ditemukan adalah Optimus prime.
  2. Optimus prime dikejar oleh agen CIA, Bumble bee dulu dikejar oleh agen Sector Seven
  3. Dulu rebutan Cube, sekarang rebutan Seed (benih)
  4. Dulu sektor seven awalnya jahat dan akhirnya jadi baik, di film ini BOS KSA yang kerjasama dengan CIA akhirnya memihak autobot.
  5. Di akhir film TF1 starscream kabur ke angkasa, di akhir film TF4 , Optimus prime yang terbang ke angkasa.
  6. Di TF1 , bumblebee adalah mobil jelek, namun karena di ejek oleh Michaela, dia berubah jadi mobil keren. Di film ini, bumblebee juga di ejek oleh KSA dan pacar dari Tessa Yaegar dan pabrik KSA, akhirnya dia berubah menjadi mobil keren. 
  7. Di transformer 1 Robot autobot cuma 4, di film ini robot autobot juga cuma 4 ditambah Optimus prime.
  8. Di transformer 2, Optimus prime tertembak dan mati, di TF4 transformers  lagi lagi Optimus prime tertembak namun tidak mati.
  9. Di transformer 3 Bumble bee berubah bertransformasi saat mau menabrak truk dan Sam terlempar ke udara, di TF4 adegan ini di ulang namun yang terlempar 3 orang.
  10. Transformers 2 Revenge of the fallen ada fallback ke masa lalu. disini juga ada fallback ke masa dinosaurus 65jt tahun lalu. jadi menurut transformers, dinosaurus musnah karena kedatangan dinobot. bukan karena meteor. 
Ringkasnya, potongan clip dari Southpark ini menggambarkan bagaimana alur cerita di transformers.
 
Robot baru di tranformers 4 bisa anda lihat disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)