Perbandingan Hutang Luar Negeri Indonesia dengan Negara Lain

Jika kita perhatikan berita finansial dan ekonomi indonesia, pasti tidak bisa lepas dari berita tentang hutang indonesia yang sangat fantastis, Apakah sebegitu banyaknya utang indonesia? apakah indonesia tidak bisa bebas dari hutang?

Contoh beritanya saya ambil dari beberapa sumber berikut
berita dari okezone 19 maret 2014 berbunyi Utang Luar Negeri RI Capai Rp3.000 Triliun di Awal Tahun. Contoh berita lain adalah dari kompas tanggal 21 Mei 2014 berjudul Utang Luar Negeri Indonesia Naik, BI Klaim Masih Aman dan masih banyak berita sejenis.

Sekarang mari kita bandingkan Hutang luar negeri kita dengan beberapa negara lain di dunia.


NoNegaraJumlah hutang%GDPper kapita
1USA17000 Milyar USD 10652.170 USD
2Jepang3000 Milyar USD 60%2.600 USD
3Malaysia 95 Milyar USD31%2.570 USD
4Australia1500 Milyar USD95%52.596 USD
5Korea Seletan436 Milyar USD36%7.567 USD
6China3000 Milyar USD37%2.220 USD
7Saudi Arabia134 Milyar USD19%3.176 USD
8Thailand 115 Milyar USD26%1.292 USD
9Inggris 10000 Milyar USD406%160.158 USD
10INDONESIA251 Milyar USD 28%837 USD


Sekarang mari kita bahas, jika utang indonesia dirupiahkan itu sudah diatas 3000 Triliun Rupiah. Terlihat banyak bukan? Tapi mari kita lihat secara jernih dan bagaimana cara membaca tabel diatas sehingga kita ga asal 'bacot' komentar bahwa pemerintah SBY adalah pemerintah yang gagal, banyak utang dan sebagainya. 

Perbandingan utang indonesia dengan negara lain
Tampak dari jumlah hutang kita memang lebih tinggi dari negara malaysia dan thailand tapi hal ini dikarenakan jumlah penduduk dan luas wilayah negara kita lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan negara seperti Amerika, hutang indonesia itu cuma 1.4 % dari utang amerika. dan cuma 2.5% dari total hutang negara inggris. 

% utang dari GDP
Sekarang mari kita bandingkan dari sisi %GDP. GDP adalah nilai total barang dan jasa disuatu negara yang dihasilkan selama 1 tahun. Makin kecil rasio hutangnya makin bagus. Perhatikan bahwa rasio hutang indonesia cuma 28%. 

Saya beri gambaran yang lebih mudah, ibaratnya jika Indonesia adalah sebuah keluarga, jika pendapatan keluarga itu 1 Juta rupiah, utang keluarga itu cuma 280ribu rupiah. Itu masih sangat wajar dan sehat. Sekaran gmari kita bandingkan dengan Amerika. Jika amerika dianggap sebuah keluarga dengan gaji 1 juta, maka gaji itu tidak cukup untuk membayar utangnya. Inggris lebih parah, jika inggris sebuah dianggap sebuah keluarga dengan gaji 1 juta, maka gaji itu cuma 1/4 dari utang totalnya.

Makanya dari sini jangan mudah tertipu dengan gambaran hutang indonesia yang sudah triliunan. SBY itu sudah sangat bagus dalam memajukan indonesia. Sekarang mari kita bandingkan dengan era megawati. Jaman megawati dulu, Utang indonesia cuma sekitar 1200 Triliun Rupiah namun utang itu 80% dari GDP. artinya apa, anggaplah indonesia punya gaji 1 juta rupiah, utangnya 800ribu rupiah.

Sekarang indonesia punya pendapatan 8juta rupiah tapi uangnya cuma 3 juta rupiah, ini gambaran sederhananya. Sekarang tanya istri anda, mau suaminya dapat gaji 1.5 juta  tapi punya utang . 1.2juta atau mau punya utang 3 juta tapi pendapatannya 8 juta? makanya dipikir dulu sebelum komentar mencak mencak menganggap SBY a becus, justru yang ga becus itu Eramegawati, berdalih biar ga utang eh, malah BUMN di obral.J

Jika mau lunas, masing masing penduduk bayar berapa?
Jika indonesia mau melunasi hutangnya dan hutang indonesia dibagi rata keseluruh penduduk indonesia maka masing masing orang harus 'menyumbang' ke negara senilai 871 USDatau sekitar 10 Juta rupiah. Nah kalau mau gitu baru indonesia lunas. 

Sebagian dari anda pasti bilang, GILA banyak betul, pasti SBY gagal nih! wah mas, sabar , OTAK dipakai dulu ya..begini.. sekarang mari kita bandingkan dengan negara lain. masing masing orang amerika harus menyumbang ke negara sekitar 500 Juta rupiah perorang agar utang amerika bisa lunas. Orang thailand harus nyumbang ke negara sekitar 15juta rupiah kalau mau negaranya bebas hutang. Orang malaysia harus nyumbang 29  Juta rupiah agar malaysia tidak punya utang. Sekarang mari kita bandingkan dengan negara kaya miyak saudi. Orang saudi harus nyumbang 36Juta rupiah agar Saudi arabia yang kaya minyak bisa bebas hutang sedangkan orang korea harus nyumbang 88 juta rupiah kenegaranya agar kore bebas uang. 

Sekarang kita punya akal, dipikir mengapa kita sebagai orang indonesia tidak bersyukur? kenapa masih nyalahin pak SBY ? masih nganggap SBY gagal? Hargailah  usaha SBY dan pemerintahannya selama 10 tahun dan kita berdoa semoga presiden indonesia selanjutnya bisa lebih baik dari SBY.




9 komentar:

  1. Teruma Kasih Atas Infonya
    Mau Tahu banyak Orang Bisa Melunassi Masalah Hutangnya hanya Dengan mengandalkan Internet? Info Selengkapnya

    BUKA DISINI
    ATAU
    KLIK DISINI

    BalasHapus
  2. hutang kita jadi 10jta per org karenaa jumlah penduduk kita banyak, tdk seperti penduduk malaysia yg sedikit, klo penduduk kita sedikit pasti per org jadi lbh dr 10jta, asal kalian tau klo hutang kita lebih bnyak dr malaysia dan thailand

    BalasHapus
  3. mari kita jadi bangsa yang mandiri dengan mensedikitkan hutang. bukan gemar berhutang.

    BalasHapus
  4. Pelan pelan tapi pasti....dengan luas wilayah dan penduduk sebesar ini dan hutang seperti itu masih lah wajar...ya tentu lebih sedikit hutang lebih bagus....kalau indonesia negara kecil tentu kebutuhan hutang pun tidak sebesar itu yaang penting di era siapapun pemerintahan kita kita dukung sepenuhnya semoga di era presiden jokowi dan seterusnya utang luar negri kita semakin berkurang dan indonesia semakin makmur

    BalasHapus
  5. KISAH NYATA.
    Ass.Saya IBU Yuni Sara.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor H.Erlangga,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari H.Erlangga.alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Pak erlangga,mau seperti saya silahkan hub H.Erlangga di nmr 085-298-609-998 H.Erlangga,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.>>>>>>>>http://danagaib889.blogspot.co.idI<<<<<<<<<

    BalasHapus
  6. Kamu bukanya bantuin bayar hutang negara kenapa kamu nyuruh kami hubungi uatad hakim daasar semprul

    BalasHapus
  7. Adakah masukan dari teman bagaimana caranya bisa terbayar hutang negara kita ini apakah harus menanam ganza satu negara saya yakin satu tahun hutang lunas dan biar hutang kita cepat terbayar perasaan dari dulu presiden ngga ada yg becus membayar lunas hutangnya coba klo saya ptesidenya

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)