Menyoal Kementrian Haji, Zakat dan Wakaf

Ide mengganti kementrian agama menjadi kementrian Haji zakat da wakaf menuai protest keras dari berbagai pihak. Dua ormas besar di indonesia menentangnya, Kritikan itu datang dari ketua PP mumahadiyah Yunahar Ilyas dan dari PBNU. Selain itu, banyak juga ormas dan masyarakat yang menolak hilangnya kementrian agama di Pemerintahan depan.

Saya sendiri heran, sebenarnya siapa sih pembisik jokowi yang mencetuskan ide ini. Sangat jelas ide ini mendangkalkan peran agama di pemerintah bahkan cenderung sekuler. Sekali lagi, saya ingin tahu, siapa sih pencetus ide ini.

Sekarang mari kita analisa masalah kementrian agama. kementrian agama itu MENGURUSI SEMUA AGAMA di indonesia. Jika hanya mengurus Haji, zakat dan akaf, terus agama kristen, hindu dan budha di taruh dimana? siapa yang menaungi mereka?

Yang kedua,kementrian agama ini juga berperan di pendidikan seperti Madrasah, pondok pesantren,MTS, STAIN,UIN, IAIN dan pendididkan agama lain. Dimana akan bernaung? jika diletakan di bawah kemendiknas juga tidak tetap karena penekannya berbeda.

Yang ketiga,kementrian agama juga mempunyai BIMAS yang mencakup seluruh agama, apakah orang orang di BIMAS itu mau diberhentikan atau dialihtugaskan? apa terus orang bimas Katolik juga suruh menjadi panitia Haji?

Yang keempat masalah Nikah dan KUA, mau diletakan dimana KUA? masalah nikah cerai rujuk itu sudah jadi bagian dari Kemenag sejak orde lama. Sejak sukarno dan sekarang mau dihilangkan? terus kalau mau ngurus nikah kemana?

Yang kelima masalah konflik antar agama? SIapa yang menangani, siapa yang paling berperan? jelas kementrian agama, Ingat bahwa Kementrian AGAMA bukan milik orang islam saja, namun milik semua agama di indonesia.

Jika kementerian agama diganti menjadi haji wakaf dan zakat, sekali lagi? urusan agama ka sedangkal itu? itu baru islam, bagaimana kalau agama kristen dan lain lain? sejujurnya saya geram dengan pembisik jokowi yang mau mengganti kementrian agama cuma urusan haji, wakaf dan zakat.

Namun, ternyata Ucapan ini ditelan kembali oleh jokowi dengan sikap ngelesnya, dia bilang "Siapa yang mau menghilangkan kementrian agama?" kemampuan ngeles jokowi ini bukan hanya bikin kecewa para pemilih prabowo, tapi juga pemilih jokowi sendiri. Baru kali ini ada presiden mencla mencle seperti ini. Ternyata ucapan prabowo itu benar juga.

Ketika berita penggantian ini sudah beredar di media masa baik elektronik atau cetak ataupun elektronik, di beritakan oleh media pro jokowi atau lawan jokwi, Dengan santainya jokowi bilang "Siapa yang bilang?" What ? Jika anda adalah pendukung jokowi, tanyakan pada hati nurani anda? apakah pemimpin mencla mencle seperti ini yang anda inginkan? Apakah anda bangga jokowi presiden? sekali lagi , Tanya hati nurani, karena hati nurani tidak pernah bohong. Diakhirnya saya bersyukur bahwa penggantian ini tidak terjadi, jokowi kan sudah mengkonfirmasi. semoga kontroversi yang tidak perlu seperti kasus ini tidak ada lagi, Amin!.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)