Gambaran kondisi sosial ekonomi di Amerika

Amerika di gadang gadang sebagai negara yang modern, maju dan demokratis. Banyak orang kepincut dengan kebebasan di amerika, penghasilan tinggi dan dunia hedonisme penuh dengan kesenangan. Kenyataannya, kondisi amerika tidak seperti itu. Kondisi amerika dilihat dari sisi sosial ekonomi justru lebih parah dari indonesia.

Artikel ini saya susun agar kita bangga menjadi bangsa indonesia, dan melihat fakta dilapangan. Saya berusaha menyertakan referensi agar pembaca bisa menganalisa sendiri dan melihat amerika secara utuh, bukan amerika di Film hollywood.

Kehamilan remaja /kehamilan diluar nikah
Amerika adalah negara maju yang mengalami paling banyak kehamilan diluar nikah terutama para remaja. Hal ini dikarenakan sex bebas yang sudah sangat bebas seperti hewan. Sekedar gambaran, sekitar 750.000 remaja hamil diluar nikah setiap tahunnya. singkatnya rata rata 7% dari remaja umur 15-19 tahun mengalami hamil setiap tahunnya. sekarang masih bilang amerika negara yang hebat? kebebasan yang luar biasa bebas akan menyebabkan kerusakan seperti ini.

Diskriminasi
Negara yang mengagungkan kebebasan teryata tidak sebebas yang kita kira. Sampai saat ini orang kulit hitam masih mengalami pelayanan rasis. Orang kulit hitam identik dengan penjahat. Bahkan beberapa kasus seperti penembakan oran kulit hitam oleh oran gkulit putih justru orang kulit putih ini dinyatakan bebas. Belum lama ini, orang kulit hitam di tembak mati oleh polisi dengan tuduhan mencuri,padahal dia tidak bersenjata dan tidak melawan. Tidak usah jauh jauh, jika anda melihat secara detail setiap film amerika, kabanyakan yang mati atau menjadi penjahat adalah orang kulit hitam.

Diskrimanasi ini juga termasuk untuk para pendatang mexico yang mencari kerja di amerika. Mereka umumnya dilecehkan dan dianggap warga kelas rendah disana. Diskriminasi bukan hanya terbatas pada ras, namun juga agama. Umat islam termasuk yang mengalami diskriminasi disana. Diskriminasi tambah parah karena media disana jelas sangat menyudutkan islam, terutama FOX news yang sangat dengan partai republik.


Kriminalitas
Amerika merupakan salah satu negara paling berbahaya di dunia. Salah satunya karena setiap orang bebas memiliki senjata.Jangan heran jika amerika adalah negara tertinggi yang berurusan dengan kriminalitas bersenjata.  Dalam setahun ada lebih dari 14000 kasus pembunuhan di amerika, Ada lebih dari 90.000 kasus perkosaan atau percobaan perkosaan selama tahun 2008 saja, ini memecahkan rekor tertinggi dunia, mengalahkan india yang "hanya" 22.000 kasus. Luar biasa bukan? Negeri yang aman? I think not!

Hutang, riba dan kartu kredit
Menurut Blog mintLife, rata rata rumah tangga amerika punya hutang kartu kredit sebesar 7000 USD dolar (sekitar 70-80 jt) . Saya yakin rata rata hutang oran indonesia dibawah itu. Rata rata utang untuk cicilan rumah 153.000 USD (sekitar 1.7 Milyar) dan rata rata hutang mahasiswa (untuk kuliah rata rata calon mahasiswa menggunakan uang utang) senilai 32.000 atau sekitar (350 Juta) dan mahasiswa ini harus mencicil utangnya setelah kerja nanti. Jadi, masih bilang amerika makmur? amerika kaya? hidup enak disana?

Pekerjaan
Rata rata rumah tangga amerika mendapatkan penghasilan 50000 USD selama satu tahun atau sekitar 4.500 USD selama sebulan. Wah banyak dong? Ga juga karena ternyata masih ada sekitar 20% yang penghasilannya dibawah 2000 USD perbulan, padahal standar hidup diamerika itu rata rata 2.500 USD . Orang orang yang penghasilannya dibawah 2500 USD dianggap sudah miskin.

Walaupun dicitrakan sebagai negara maju, namun apa yang anda saksikan di TV itu hanya dinikmati oleh sebagian kecil dari orang orang borjuis di amerika. Kebanyakan warga amerika bekerja di sektor perdagangan (pelayan toko) termasuk rumah makan francise yang penghasilannya menggunakan upah minimum. Jadi jangan dikira semua orang amerika kaya. Mungkin anda lebih kaya dari mereka.

Kemiskinan 
Ada lebih dari 18 juta anak dibawah 18 tahun yang hidup dibawah garis kemiskinan. Catat ya 18.000.000. Tahukah anda, ada lebih dari 600.000 gelandangan di amerika. Di newyork sendiri, kota yang selalu muncul di Film holywood, ada lebih dari 40.000 gelandangan di kota ini. Mereka mengandalkan balas kasihan para pengguna jalan ,Mirip mirip pengemis di indonesia. Tapi setahu saya, di jakarta saja, jumlah pengemis tidak sampai sebanyak itu.

Sampai sini dulu, saya akan bahas point yang lain dan insyaAllah artikel ini akan saya perbaharui. Jika anda penasaran, silahkan klik link yang saya sertakan. Diakhirnya, mari kita bersyukur bisa hidup di Indonesia, bisa makan tiap hari, tidur nyeyak dan ANDA bisa akses internet dengan nyaman menunjukan hidup anda jauh jauh lebih makmur dibanding JUTAAN warga amerika yang masih hidup dibawah garis kemiskinan. Jadi BERSYUKURLAH kita bisa hidup di indonesia. Alhamdulillah!

1 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)