Melihat Kondisi kota California dari Video Pharell Wiliams Happy Song

Ingin melihat gamabran kota california dari pinggiran sampai pusat kota? coba lihat video "Happy song" Pharrel Wiliam. Penyanyi ini menyediakan lagu ini selama 24 jam nonstop yang bisa diakses di http://24hoursofhappy.com. Yang menarik dari video ini, video akan mulai persis sesuai dengan jam di komputer kita.

Sutradara video ini mengajak ratusan orang untuk mengungkapkan rasa bahagia dengan menyanyi dan menari sepanjang jalan kota California. Video ini dibuat apa adanya dan tanpa setingan sehingga terlihat natural. Selain itu, video ini didesain agar mencakup semua ras, suku jenis kelamin serta umur.

Bagaimana video dibuat? video dibuat dengan memutar ulang terus menerus dan setiap lagu habis maka orang di video akan berganti. Inti dari video ini adalah menampilkan keceriaan. Namun sekali lagi, saya tidak fokus ke lagunya, asya justru tertarik dengan kondisi sosial di Kota itu. Berikut ini adalah hal hal yang bisa kita dapatkan.


1. California kota multi ras
DI kota ini terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, justru yang saya lihat kebanyakan imigran, bukan hanya sebatas orang kulit putih dan kulit hitam, namun juga hispanic (america latin) dan asia. Namun walaupun di buat multiras, saya tidak lihat ada orang arab di video ini :).

2.Celebritis hidup sederhana
Ada banyak celebritis di video clips ini, salah satunya adalah steve Carrel, bintang serial TV the office. Sepertinya kok  beda banget ya dengan di indonesia. Disana antara celebritis dan masyarakat bisa membaur, atau karena mungkin ini di california yang gudangnya artis sehingga orang sudah tidak heran lagi dengan artis. Tapi intinya saya suka dengan orang terkenal yang bersikap layaknya masyarat biasa. Bintan glain bisa dilihat di artikel ini.

3. Pakaian wanita indonesia ternyata lebih seronok. 
Jika kita lihat video 24 nontstop ini, coba bandingkan wanita di video ini dengan perempuan indonesia yang suka nongkrong di mall atau gadis kota yang suka pamer paha dan hotpant? ternyata di california ini kok terlihat lebih "Tertutup" ketimbang orang indonesia yang katanya budayanya ketimuran ya?

4. Tidak ada Sepeda motor Bebek

Wahaha. Ini yang menarik, sepanjang jalan yang parkir itu mobil semua dan kadang terlihat sepeda ontel. Memang di amerika itu tidak umum kalau pake Bebek, bahkan setahu saya bebek tidak dijual.

5. Kondisi pertokoan mirip di indonesia.
Di tengah kota ini, banyak juga toko toko kecil, sering di sebut SME (small medium bisnis). Toko toko ini menjajakan barang barang seperti baju, pernak pernik, peralatan rumah tangga dan sebagainya. Coba tonton yang antara jam 11 AM sampai jam 12 siang.

6. Tidak semua penduduk kaya
Walaupun amerika terkenal sebagai negara maju,  namun bukan berarti semua penduduknya kaya. Sama seperti di video ini, aktivitas harian penduduknya mirip di perkotaan indonesia, jualan, angkut angkut barang, bahkan tampak beberapa kali banyak "homeless" atau gelandangan di kota ini.

7. Kotanya bersih
Sepertinya ini yang perlu di contoh, kota california divideo ini tampak bersih dan tidak terlihat sampah atau tumpukan sampah, coba bandingkan dengan kota kita?

8. Jarang lihat orang merokok. 
Tahukan anda harga rokok di california sekitar 6.5 USD perbungkus  atau sekitar 75.000 rupiah. Coba yah, di indonesia rokok di jual dengan harga segitu, saya yakin perokok bakal berkurang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)