Cara mengikuti sidang Tilang SIM


Kemarin, saya kena tilang. Biasanya sih, proses ditempat, si polisi akan bilang begini " Mau ikut pengadilan atau disini aja mas?" atau kalimat sejenis. Nah waktu saya ke magelang, saat saya kena tilang karena tidak ada sim, tidak ada kata kata diatas. Adanya SIlahkan mas datang tanggal sekian jam sekian untuk ikut sidang..bla bla bla..Ga ada duit di meja dan ga bisa bayar disitu.

Proses tilang 
Saat  ditilang petugas akan mencatat nama kita berdasarkan KTP. sementara STNKnya di jadikan barang bukti dan kita akan diberi surat tilang.  Saat mendapat surat tilang, nanti disitu di beri tahu kapan tanggal sidang dan lokasi sidang. Biasanya sih di Pengadilan Negeri di kabupaten atau kota tempat kamu kena tilang.

Simpan kertas bukti tilang sampai tanggal pengadilan dan selalu bawa bukti itu sebagai Ganti STNK. Saat saya tanya ke petugas, "bagaimana kalau saya kena tilang ditempat lain karena STNK disita ?" petugasnya bilang :" tunjukin saja surat tilang yang ada sebagai ganti STNK". 

Di pengadilan 

Sidang tilang sebenarnya tidak terlalu lama, namun disarankan datang pagi sekalian atau siang sekalian. Proses yang saya alami sebagai berikut.

1. Datang ke Pengadilan negeri, lalu lihat pengumuman di papan yang telah disediakan, ingat ya biasanya sekali sidang ada ribuan orang. Makanya kalau datang pagi, langsung cari nama kita dipengumuman. 

Permasalahannya,kertas itu tidak diurutkan berdasarkan nomor tilang, nomor tilang bisa dilihat di kertas tilang sehingga untuk mencari nama kita di ribuan nama lain cukup lama, butuh 5menit -15 menit. Saya juga heran kenapa petugas ga mensortir berdasarkan nama, atau nomor tilangnya. Apakah pegawainya semalas itu? 

2. Setelah dapat dipengumuman, ingat kita ada dihalaman berapa di kertas pengumuman tersebut. Misalkan kertas no 22. Bilang ke petugas nomor di depan pengadilan, lalu kita tukar surat tilang dengan nomor urut sidang. surat tilang ada dua, merah dan biru. Kalau tidak bawa sim surat tilangnya merah, kalau biru saya tidak tahu tipe pelanggaran Apa. 
3. Tunggu sampai nomor kita di panggil untuk datang keruang sidang. Sekali sidang biasanya langsung antara 10-20 orang. Berapa lama nunggunya? Tergantung nomor antrian. 

4. Saat sidang cukup cepat, masing masing nomor dipanggil, datang ke hakim, menunjukan nomor dan kita biasanya ditanya nama, dan pelanggaran apa kemarin, lalu hakim akan memutuskan jumlah dendanya, prosesnya cepat, perorang hanya butuh waktu maximal 5 menit. Pertanyaan hakim akan lama jika terdakwa tilang tidak datang namun di wakilkan. 

5. Setelah nilai denda diputuskan, kita disuruh ke bagian pembayaran denda, biasanya langsung ditunjukan oleh petugas, Kita bayar dan STNK kita balik lagi deh. Saya kemarin agak gaket juga ternyata denda tilang di magelang cuma 30ribu kalau tidak punya sim. Padahal kalo setoran langsung dikota jogja atau sleman rata rata 50ribu. 


Bagaimana jika tidak datang di pengadilan?
Jika anda tidak bisa datang dan tidak diwakilkan, maka anda harus mengambil STNK di kejaksaan setempat. Lokasi kejaksaan silahkan tanya orang situ saja. namun biasanya ada papan yang menunjukan lokasi kejaksaan. 

Ingat, kejadian ini saya tulis berdasarkan pengelaman saya di magelang, namun saya yakin, di daerah lain tidak jauh berbeda. 

30 komentar:

  1. Halo mas. Aku barusan kena tilang gara gara penumpang ga pake helm. Aku minta slip biru, polisinya malah bilang 'saya udah 8 tahun jadi polisi.jadi kamu gausah nasehatin saya. Kalo ditulisnya di slip biru,nanti slip merahnya gak tertulis.gimana sih.gausah ngasih tau saya ya dek.' Kurang lebih begitu. Disitu aku udah seneb banget sumpah deh.yaudah aku diem aja.daripada ngomong malah ga kekontrolBtw aku juga gaada sim,baru pulang sekolah,dan aku anak man.kan gaenak aja pakaiannya rapi,tapi ngomongnya bablas,ya aku kalo marah beneran bablas deh mulut hehe. Nah balik lagi,dicentang deh aku 100 rb,mas. Menurut mas gimana ya? Sumpah aku gedeg bin seneb asli, sama pak andrea,brigpol serang banten yang satu ini. Aku tau kalo biru itu,aku ngaku salah. Tapi dikasihnya merah,karena dia ngomong gitu. Saran boleh,mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ga kenapa kenapa. Coba baca surat tilangnya di bagian bawah. Surat merah itu tandanya kita ikut sidang dan biasanya di sidang 2 minggu dari waktu tilang, tapi insya Allah dengan denda minimal.. kalo yg biru kita bayar di Bank dengan membayar denda maksimal dan tanpa di kenakan waktu 2 minggu gitu, SIM atau STNK yg di tahan bisa langsung di ambil di Polisi atau di Polres/Polsek terkait jika kita sudah membayar dari bank. Tapi sekali lagi membayar dengan denda Maksimal..

      Hapus
    2. klo saya kan gtw sya minta slip biru dan dikenakan 500 rb saya udh bayar k bri katanya nanti klo keputusan sidang kurang dr 500 rb bisa dikembalikan apa benar mas?

      Hapus
    3. Anonim.. Ya itu benar.. Unknown jga benar

      Hapus
  2. Mas sya di tilang krna ga punya sim kalau kita mau k pengadilan apa akn di tanyakn sdh punya sim .. lalu kalau blm.bkin sim apa kita bsa mengambil stnk kita

    BalasHapus
  3. ga juga..klo pun ditanya bilang aja belum... STNK TETAP BISA DIAMBIL...

    BalasHapus
  4. Bagaimana kalo di tilang dan di kasih surat merah. Tp disitu tdk tertulia tgl sidang dan polisi yang menilang tdk memberikan nama hanya tanda tangan saja. Secara logika itu mempersulit yg di tilang. Apakah dengan kelalaian tersebut polisi bisa kena hukum.???

    BalasHapus
  5. polisi lalu lintas asssu badjingaaannnnn

    BalasHapus
  6. saya barusan tertangkap polisi di polres solo manahan karena tabrakan, dan polisinya menyalahkan saya padahal korban udah ngaku salah. trus kayaknya polisi malu trus manggil temannya trus saya dibawa sama temannya ke polres satunya. Disitu saya dituduh menabrak, padahal yang ringsek motor bagian depan adalah dia dan saya terkena samping, dan polisi tsb tidak ada di TKP. Karena saya dan dia tidak mempunyai sim polisi awalnya bilang mau ditilang dua duanya tapi kenapa yang ditilang saya doang. dan orang tua korban tidak meminta ganti rugi namun polisinya yg minta suruh ganti rugi

    BalasHapus
  7. bagaimana kalo ada polisi yang berprofesi sebagai crew di program Jebakan Batman ? karena Gue kena Jebakan dan di tilang.. dasar masa kecil ga pernah main petak umpet..

    BalasHapus
  8. Gan ane kena tilang di bogor cuma karena ga tau jalan masuk area perboden..si kampretnya minta uang 100rb ane ga kasih trus di kasih Surat warna merah ..suruh ke pengadilan trus brpa ya klo bayar di pengadilan

    BalasHapus
  9. Mas..sim c saya kan tadi baru ditilang krna saya ga bayar pajak..nah yg mau saya tanyakan bukan kan banyar pajak itu urusan perpajakan?apakah polisi berhak tuk tilang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. polisi tidak berhak menilang karna mslh pajak. biasax cmn di ingatkan. g ada dasarhukumx itu.

      Hapus
  10. mas tadi saya baru ditilang karna ga punya sim di daerah karanganyar solo, kira kira sekarang kalo sidang dendanya berapa ya?

    BalasHapus
  11. Barusan sya kne tilang di daerah sukoharjo krn gz pnya SIM, kira2 klo sidang bayar nya brpa ya???

    BalasHapus
  12. Tdi saya kena tilang krn yg d bonceng g pke helm, (pdhl di depan sya 2 mtor g pke helm jg,trs d pinggir sya ada elf yg msuk garis merah unt kendaraan bermotor g d tilang. sya mnta surat wrna biru.. Tp tertera di situ denda, 1.500.000..

    Udh gitu tulisan d kertas wrna biru ny pke pensil..
    Tp silang unt dendanya pke pulpen..

    Sya sehrusnya byr brp ya k bank, sya g yakin uang sisanya bakal balik lagi..

    BalasHapus
  13. Baru kemaren saya kena tilang dikendalpayak malang gara2 gak punya sim. Minta 100rb kalo sidang 250rb katanya. Ya udah daripadaribet aku kasih aja.ngeselin tu polisi

    BalasHapus
  14. mempersulit orang berkendara ajah .enak Yg gajinya gede yg ditilang nya nyesek . kalo cara menertibkan para pengendara harus nya bukan dgn cara denda . Jgn harus pake duit mulu . Yg susah makin susah yg kaya makin kaya .

    BalasHapus
  15. Mas saya baru aja kena tilang, yg saya tanya kan sama abang, lama ngk persidangan nya.

    BalasHapus
  16. Mas gan, Ceritanya saya mau ke samsat buat memperpanjang STNK, di jalan saya ketemu segrombolan polisi. Saya tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Tapi Saya ditilang karena STNK saya telat 1 hari.
    Kemudian saya bilang: Ini kan saya mau ke samsat pak, buat memperpanjang STNK.
    Polisi bilanh: Anda telat harusnya dari kemaren2.
    ---
    The end.

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok2 siapin aja berkasnya kalau mau bayar pajak. di taro map , jadi kalau di tilang ga bakal di ambil surat2.a

      Hapus
  17. Gan ini ane mau sidang ke polisi tapi engga punya SIM dan STNK mati itu gimana yah gan?

    BalasHapus
  18. Mas, mau tanya

    1. Kalau Nama di STNK dan SIM tidak sama apa bisa kena tilang?
    2. STNK masih jalan 1 th tp pajak telat 1 th apa juga kena tilang?

    terimaksih,

    BalasHapus
  19. Apa akan ada calo yang berkeliaran????

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. mau nanyak, Sim aku di tilang 4 bln yg lalu dan di kasih slip merah disuruh dtg sidang, tapi aku gak pernah sempat mengikuti sidangnya, itu bagaimana ya? mohon bantuannya

    BalasHapus
  22. saya baru kena tilang di daerah batu sangkar.. gara gga taw tuch jalan perboden dan baru pertama kali nginjek tuch daerah karna maw wisata gw ngikutin google map.. eh lagi kebingungan lewat jalan jmana gw di samperin polisi dan langsung di tilang bukan di arahin.. kan kampret

    BalasHapus
  23. Boss tadi gua kan kena tilang di jababeka trus gua di tanya sim ama stnk gua bilang simnya ga ada trus di kasih surat biru dendanya 1 juta. Tmn gua yg sama2 kena ktilang dia ga ada sim ama atnk masa demda nya 500 doank lah kan taii. Mf bahasa kurang sopan!

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)