Panduan Cara Naik Pesawat Untuk Pemula

Setiap hal yang kita lakukan pasti ada yang pertama, termasuk dalam hal naik pesawat. Panduan ini saya tujukan buat yang baru pertama kali MAU naik pesawat. Bagi anda yang sudah sering naik pesawat, mungkin artikel seperti ini tidak ada manfaatnya, namun bagi yang pertama kali, InsyaAllah sangat bermanfaat. Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi dan bagi yang lebih berpengalaman, saya akan senang hati menerima masukan dan tambahan info.



Panduan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu;
1. Beli tiket
2. Check in
3. Boarding
4. takeoff
5. Di pesawat
6. Landing
7. Transit
8. Pembatalan dan penundaan
9. Refund
10. Lain lain

1. Beli tiket 

Membeli tiket pesawat saat ini sangat mudah, anda bisa langsung membeli tiket di situs maskapai atau di situs seperti traveloka dan utiket. Jika anda tidak bisa pesan online, silahkan datang ke agent travel atau ticketing. Jasa pembelian tiket ini tersebar di berbagai kota besar dan kecil di indonesia.

Pembelian tiket ini di sarankan membeli jauh jauh hari karena harga tiket cenderung naik mendekati hari H. Tiket pesawat juga akan naik saat masa liburan, tahun baru, natal dan lebaran. Jika ingin dapat tiket murah, carilah tiket promo.

 Biasanya saat anda membeli tiket, harga belum termasuk pajak, jadi jika misalkan harganya 1jt maka sediakan uang 1.1 juta karena ada pajak 10%. Setelah anda beli, anda akan di berikan kode booking. Kode ini bisa anda cetak untuk di tunjukan saat mau cekin.

2. Check in

Inti dari check in adalah menukar kode booking dengan Boarding pass (tiket pesawat). Jangan membawa barang terlalu banyak karena kalau barang over bagasi maka anda akan di kenai biaya tambahan. Standarnya setiap penumpang bisa membawa antara 15kg -20kg bagasi tanpa biaya. Jika barang diatas itu maka anda akan dikenai tambahan biaya.

Ada sebagian penumpang yang ingin menghindari biaya ini dengan cara membawa koper besar kepasawat, namun biasanya petugas bandara dan maskapai akan mengecek ulang barang barang tadi dan tetap saja akan masuk bagasi dan tetap di kenai biaya.

Saat check in, jangan lupa membawa kode booking dan kartu identitas. Kartu identitas bisa SIM, KTP atau passport.  Nama di tiket harus sama dengan nama di kartu identitas. Saat masuk bandara anda dan barang bawaan anda akan di cek  ke security door. Barang barang seperti benda tajam, benda mudah terbakar dan narkoba tidak boleh dibawa. Untuk masalah narkoba anda bahkan bisa gagal terbang dan masuk penjara.

3. Boarding 

Boarding adalah istilah Naik pesawat dan persiapan pemberangkatan. Waktu boarding biasanya berkisar antara 15-30 menit tergantung bandara dan besarnya pesawat. Catatan penting disini, Jika anda berangkat jam 7 pagi, maka disarankan anda datang jam 5.30 (90 menit sebelum berangkat)  untuk checkin lalu jam 6.40 (sekitar 20 menit sebelum terbang). biasanya sudah boarding.

Mengapa proses checkin dan boarding lama? jawabannya simple karena proses menerbangkan pesawat tidak seprti angkot, bus atau kereta. Maskapai melakukan banyak hal saat boarding. misalkan mengecek jumlah penumpang, mengecek ulang apakah ada barang yang seharusnya masuk bagasi namun dibawa masuk kepesawat, menunjukan cara memakai sabuk pengaman dan memberikan petunjuk jika pesawat mendarat darurat, termasuk menunjukan kepada orang tua caranya memasang sabuk pengaman kepada anak dan bayi. Selain itu, juga menunjukan cara membuka pintu darurat bagi yang duduk di dekat pintu darurat. Proses ini memakan waktu 20menit -30 menit.

4. take off

Bagian ini adalah bagian paling krusial dalam penerbangan, bagian ini juga merupakan bagian yang beresiko. Maka pastikan anda sudah memasang sbuk pengaman dengan benar dan mematikan semua perangkat elektronik, INGAT SEMUA ALAT ELEKTRONIK DI MATIKAN.  Anda baru boleh mengaktifkan alat elektronik DENGAN MODE PESAWAT saat sudah diudara dan lampu sabuk pengaman sudah Off.

Kadang, karena perbedaan tekanan udara, tiba tiba telinga menjadi sakit atau mendengung, itu wajar, untuk menghilangkannya cukup telan ludah atau buka mulut lebar lebar.

5. Di pesawat (Fly)

Waktu penerbangan jarak pendek biasanya sekitar 1-2 jam, jarak menengah diatas 3 jam dan jarak jauh diatas 6 jam. Kalau anda mau, silahkan lihat pemandangan di luar pesawat. Jika anda bosan, anda bisa membaca majalah yang disediakan atau membaca buku yang anda bawa sendiri.

Garuda indonesia memberikan makan gratis dipesawat, namun maskapai lain setahu saya tidak melakukannya, justru menjual barang diatas pesawat. Catatan penting disini, harga barang seperti Aqua saja bisa datas 25ribu satu botolnya. maka sangat disarankan bawalah makanan, minuman atau camilan dari rumah.

Jika anda ingin ke toilet, pastikan saat kondisi lampu sabuk pengaman off, saat cuaca buruk atau lampu sabuk pengaman ON, tetap di kursi, Cari selamat. Catatan penting disini, walaupun lampu sabuk pengaman OFF, tetap PAKAI sabuk pengaman karena bisa saja tiba tiba pesawat mengalami gonjangan.

Dipesawat ada berbagai jenis manusia dari berbagai suku bangsa, Agama, Ras dan Golongan yang berbeda. JAGA MULUT dan hati hati kalau bicara. Bisa saja ucapan anda menyinggung orang disekitar anda. Ingat! pesawat itu di isi oleh berbagai orang dari penjuru dunia. Hormati orang lain. 

6. Landing 

Saat mau landing, sekitar 15 menit sebelumnya anda akan diberi tahu lewat speaker oleh pilot. Kencangkan sabuk pengaman dan tegakkan sandaran kursi. Rilek saat landing.

Saat mau lainding, kadang pesawat berputar putar dulu diudara, ada beberapa penyebab, namun yang paling umum adalah masalah cuaca buruk (misal hujan deras)  dan atau belum di ijinkan oleh pihak bandara untuk turun.  Santai dan rilek aja.

Kadang karena cuaca BURUK yang tidak memungkinkan untuk landing, maka pesawat akan landing di bandara udara terdekat dan akan kembali ke bandara tujuan setelah Cuaca normal. Sebagai contoh anda dari jakarta mau ke jogja dan di jogja pesawat berputar putar karena belum dapat ijin turun karena cuaca buruk, maka kemungkinannya pilot mengambil inisiatif turun di bandara SOLO atau SURABAYA. semua tergantung pilot, biasa saja PILOT kembali ke JAKARTA. Pilot akan memberitahukan kepada anda. Tenang, Rilek!

Jangan mengaktifkan alat elektronik apapun sampai pesawat benar benar berhenti dan anda masuk terminal. Jangan lepas sabuk pengaman sampai pesawat benar berhenti. Perlu catatan disini, keluar dari pesawat sampai keluar bandara bisa membutuhkan waktu 15-30 menit.

7. Transit 


Untuk lebih jelas akan saya behas lebih rinci sebagai berikut:


Transit tanpa ganti pesawat.
Misalkan anda naik pesawat dari Medan - Bali lewat bandung. Jika Pesawatnya sama, biasanya pilot akan meminta anda tetap tinggal di pesawat. Model transit seperti ini, pesawat hanya menunggu tambahan penumpang dari bandung dan menurunkan penumpang. Anda tidak perlu turun dari pesawat.

Transit Ganti pesawat
Jika anda transit dengan  ganti pesawat, dipastikan anda harus kembali masuk ke ruang tunggu, namun sebelumnya anda harus melapor ke bagian transit SESUAI dengan maskapai yang anda naiki. Transit dan masuk keruang tunggu sesuai dengan ruang tunggu. Jika anda tidak tahu tempat transit, tanyakan ke petugas bandara.

Transit dengan jadwal Mepet 
Transit dengan jadwal mepet atau melebihi jadwal, biasanya akan ada petugas bandara yang "menjemput anda" sebelum anda masuk ruang tunggu.  Sebagai contoh anda naik Lion Air dari medan ke jogja lewat Bandung. Medan bandung misal kan jam 2-4. Pesawat bandung jogja jam 4-5. Perhatikan disini, waktu anda sangat terbatas. Tapi santai saja ga usah takut ketinggalan pesawat jika tiket anda satu maskapai. Nanti ada pihak yang akan mencari anda misalkan saat anda turun ada petugas bilang :"Jogja, Jogja, transit jogja" ..ini contoh saja loh.. Jadi santai saja, Jangan panik.

Penjelasan yang saya buat disini adalah transit masih dalam SATU MASKAPAIJIKA ANDA TRANSIT TAPI BEDA MASKAPI MAKA RESIKO TERTINGGAL PESAWAT di TANGGUNG PENUMPANG.  

8. Pembatalan, penundaan dan pemajuan jadwal.

Kadang, karena alasan teknis atau cuaca, sebuah penerbangan dibatalkan. Jika penerbangan dibatalkan biasanya anda akan dialihkan kepesawat lain namun berbeda jadwal, namun jika pesawat pengganti juga tidak ada, biasanya anda akan mendapat refund, pihak bandara akan mengembalikan uang tiket anda.

Pembatalan dari anda sendiri biasanya uang tidak kembali 100%, semakin dekat dengan jadwal maka uang refund juga semakin kecil. Jika memang ingin membatalkan, batalkan jauh jauh hari. Jika anda terlambat datang saat pemberangkatan maka uang tiket anda hangus. itulah mengapa biasakan datang 90 Menit  dari jadwal yang tertera di kode booking.

jika pesawat di tunda (delay) maka biasanya anda akan mendapatkan delay service, biasanya anda akan mendapat makan gratis yang disediakan oleh pihak maskapai, ini biasanya berlaku bagi yang delay maximal 3 jam, untuk delay yang lebih dari 5 jam biasanya pihak bandara akan mengembalikan sebagian uang anda yang akan di transfer kerekening, Penjelasan bagian  ini berdasarkan pengalaman pribadi dengan maskapai LION AIR. Saya belum tahu jika menggunakan maskapai lain.

Jika anda transit karena anda menggunakan tiket connecting maka jika pesawat selanjutnya tidak tersedia karena jadwal dimajukan, gagal terbang atau alasan lainnya, biasanya anda akan DI HOTELKAN dan anda berangkat hari besoknya. Secara sederhana, anda akan di inapkan dihotel gratis oleh pihak maskapai.

Kadang, karena satu alasan (entah efisiensi atau hal lain), pihak maskapai akan memajukan jadwal terbang, jika hal ini terjadi, maka anda akan dihubungi lewat telepon. Namun bagaimana jika anda dalam posisi connecting flight?. Contoh saja misalkan dari jogja ke medan lewat batam, jadwal dari jogja jam 10 sampai jam 12 sedangkan jadwal batam medan jam 13, namun pihak maskapai mempercepat jadwal batam - medan menjadi jam 11. Secara otomatis anda tidak mungkin mengejar pesawat.  Jika terjadi seperti ini jangan panik, tetap ke layanan transit seperti biasa, pihak maskapai biasanya akan memberikan pesawat pengganti, namun jika pesawat pengganti hari itu tidak ada, maka anda akan di HOTELKan. namun jika karena anda mempunyai agenda yang tidak bisa ditunda dan anda ingin ganti maskapai lain atau menggunakan jalan darat, anda bisa REFUND alias menguangkan tiket anda tadi.

9. Refund 

refund dalam bahasa sederhana adalah MENGUANGKAN tiket. Refund terjadi karena berbagai hal misalkan dari pihak maskapai membatalkan penerbangan atau anda sendiri yang membatalkan penerbangan. Biasanya anda hanya mendapat kurang dari 100% dari harga tiket. Sejauh yang saya tahu, JIKA ANDA TERTINGGAL PESAWAT karena kesiangan atau hal lain, maka anda tidak bisa meminta refund.

10. Lain lain

Saat di Bandara atau ruang tunggu, Jika ingin beli makanan siapkan uang minimal 3x makan ditempat biasa anda makan. Misalkan anda makan ayam 20 ribu, maka biasanya harga di Bandara 40-60 Ribu. Termasuk juga aqua yang biasanya anda beli 3ribu (600ml) harganya bisa jadi 10rb-20rb. Kalau ingin hemat bawa makanan dan minuman dari rumah. 

Selama dibandara, JANGAN PERNAH BERCANDA MASALAH BOM. Anda akan diproses dengan tegas dan biasanya akan gagal terbang dan akan di Blacklist maskapai tersebut. INGAT... JANGAN PERNAH BERCANDA BAWA BOM.  jika anda ngeyel, SAYA JAMIN anda akan GAGAL TERBANG. SAYA JAMIN 100%. 

Saat masuk ruang tunggu, semua benda logam harus dimasukan kedalam kotak yang telah disediakan sebelum masuk kedalam SCAN X-RAY. Termasuk Sabuk Celana harus dilepas.  


Saat anda keluar dari bandara, carilah BUS DAMRI yang akan menuju kota, biasanya tiket bus damri ini termasuk murah, antara 20-35 ribu. Namun jika tidak ada, maka anda bisa naik taksi. Catatan penting disini, biasanya taxi bandara berpelat hitam, maka sebaiknya anda tanya dulu berapa biayanya. Rata rata taxi meminta antara 100-200 berdasarkan pengalaman pribadi.

Jika ada keluarga anda yang menjemput di bandara dan bisa saja khawatir kenapa pesawat terlambat suruh mereka menggunakan layanan monitoring pesawat Flightradar24.com yang bisa memonitor secara REALTIME (delay antara 1-5 menit) posisi pesawat di udara. yang paling penting beri tahu KODE PENERBANGANnya SEBELUM ANDA TERANG.  misalkan JT464. Keluarga anda cukup masukan kode psawat tadi ke website flightradar24.com.  

Catatan lain, jangan membawa uang pas, jika anda membawa uang pas pastikan ada uang di ATM. Saran saya untuk penerbangan domestik indonesia, siapkan minimal 1 juta di dompet buat jaga jaga untuk kebutuhan mendadak atau tidak terduga.

Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bermanfaat!

Update terakhir tanggal 14 Feb 2016. 

146 komentar:

  1. sangat membantu bagi saya yg belum pernah naik pesawat
    mksh ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap. ini petunjuk yg istimewa bagi saya. Soekarno hatta tunggu saya hehr

      Hapus
  2. hahaha..padahal cari artikel bawa motor ke bandara eh kelempar ksini..nice share gan.

    BalasHapus
  3. Goodd,... 😊😊😊😊😊😀😀☺

    BalasHapus
  4. Jdi senyum2 sndri ingt 10tahun yg lalu pertma x naik peswat... alhamdulillah skrg jd pngusaha travel...

    BalasHapus
  5. klo yg harus pengecekan koper nnanti kemana itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo koper yang masuk bagasi pas mau checkin, nanti ditanya ada bagasi ga? nah terus bagasi di tinggal di tempat checkin, sementara klo pengecekan barang barang berbahaya biasanya sebelum masuk ke ruang tunggu.

      untuk barang yang masuk bagasi, saat keluar dari pesawat nanti dibandara tujuan ditunjukan arah dimana bagasi diambil.. , kalau ga tau tanya petugas

      Hapus
    2. Di boarding pass tertulis kode bagasi dari bandara tujuannya.

      Hapus
  6. Nambahin dikit gan, klo transit lebih dari 6 jam di negara ASEAN, bisa jalan2 dulu atau keluar bandara menuju di sekitar kota tersebut yang bebas VISA.

    Perlu diperhitungkan dan diingat waktu transit. Pastikan jalan2 ke kotanya tidak membuat telat kembali ke bandara. Perhatikan tingkat kemacetan dan transportasi tercepat antara bandara dan kota.

    Atau klo di negara bukan ASEAN, ada beberapa yg bisa keluar bandara dengan menunjukkan tiket transit contohnya Negara Korea Selatan, ada juga yg tidak bisa keluar dengan alasan VISA.

    Kalau tidak bisa keluar dari bandara saat transit, saran saya sih, manfaatkan fasilitas bandara yang ada dengan maksimal selama menunggu keberangkatan berikutnya.



    Have a nice flight....

    BalasHapus
  7. Mantap nih bisa jadi referensi buat saya karena sama sekali belum pernah naik pesawat hehe, jadi sangat bingung kalo nnti pergi naik pesawat biar gk malu2in hehe

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. silahkan di cetak /di simpan..tapi tolong jangan dicopas ke blog /web lain

      Hapus
    2. gan,umur saya 15 tahun tadi disaat check in jangan lupa jangan lupa membawa kode booking dan kartu identitas. Kartu identitas bisa SIM, KTP atau passport. nah saya dari ke 3 itu hanya punya kartu pelajar apa kah bisa gan

      Hapus
    3. @almi car
      saya tidak tahu...silahkan tanya ke maskapai atau bandaranya ...

      Hapus
  9. Makasih gan. Soalnya mo besanan ke luar pulau. Jadi gak malu2in... hehehe...

    BalasHapus
  10. Saya baru sekali naik pesawat, itupun tour dr kantor pake agen travel pula.
    Bagaimana dgn bagasi? Waktu itu cuma disuruh antriin koper di dpn x-ray terus tinggal. Nah kalo sendiri gimana caranya mengawal bawaan kita agar tidak salah masuk pesawat/ tertinggal?kan kalo masuk bagasi ada stiker di bawaan, kapan dptnya?
    Pertanyaan ke dua, check-in itu dimana tempatnya? Ada konter khusus di dlm bandara sebelum cek x-ray bawaan atau setelah ngurusin bawaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sendiri, setelah scan X-Ray di pintu masuk, ya dibawa tas/barangnya ke tempat checkin. nanti disana baru ditanya apakah ada bagasi? jika ada nanti ditimbang dan nanti anda tinggal masuk pesawat aja, ga usah takut hilang. I
      ngat bagasi usahakan jangan sampai lebih dari 15Kg. biar ga ada biaya tambahan.

      Hapus
  11. Makasih mas buat infonya,..
    Tempat check in dbandara itu ada papan penunjuknya ngga sewaktu pertama kali masuk bandara?
    Terus apa tiap maskapai punya tempat check in sndiri di bandara?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pasti ada lah Bro..setelah pintu masuk, scan X-Ray pasti ada petunjuk lokasi checkin, kalo bingung ya tanya petugas bandara dong, kan banyak tuh yang mondar mandir.
      Masing masing maskapai tempat chekin nya sendiri sendiri, jangan sampai salah...tapi semua maskapai itu di lokasi yang sama BIASANYA kecuali bandara besar seperti sukarno -hata, yang penting liat antriannya.. jangan tiketnya lion antrinya di Air Asia

      Hapus
  12. Lengkap dan jelas,tapi tetep aja bikin deg2an kalau namanya baru pertama kali,trims infonya

    BalasHapus
  13. Kalau beli tiket lewat traveloka kan dikasih kode booking.
    Kalau kode booking tdk dicetak, tapi hanya ditunjukkan ke petugas check in apa diperbolehkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya di perbolehkan... cuman klo ga yakin,cetak aja kode bookingnya... pastinya tanya ke pihak traveloka

      Hapus
    2. E-ticket via Traveloka App tdk perlu repot dicetak, cukup kita tunjukkan saja ke petugas bandara/check in.

      Hapus
    3. Klo E-ticketnya bkn via travelola. Apa harus di cetak? Trus cetak nya dmn om? Maaf baru pertama soalnya. Bingung. 😕

      Hapus
    4. Klo E-ticketnya bkn via travelola. Apa harus di cetak? Trus cetak nya dmn om? Maaf baru pertama soalnya. Bingung. 😕

      Hapus
    5. Mskipun bukan via trveloka jg gk papa tdk dicetak, klwpun mw cetak slahkan ke loket maskapai yg ada di bandara

      Hapus
  14. Kalo cuma bawa ransel aja apa mesti di taroh bagasi juga min??

    BalasHapus
  15. Gpp bw masuk pswat y min? Nnti ditaroh yg di atas kita itu aja kan y?

    BalasHapus
  16. Min mau nnya ni apakah boleh misalnya ktp hilang trus tunjukan surat kehilangan disaat cek in

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya TIDAK tahu tentang itu, saran saya tunjukin SIM kalo ada atau passport. Klo masalah bukti kehilangan, silahkan hubungi maskapai/bandaranya terlbih dahulu... apakah boleh atau tidak...

      Hapus
  17. Mas itu 15 kg, berat maksimum total barang yang di bawa atau maksimum barang yang masuk bagasi saja ? makasih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagasi aja..jadi misalkan kita bawa ransel sama tas travel, nah tas travel itu yang dibagasikan... klo tas ransel... atau tas kecil bawa masuk aja ke kabin pesawat.

      Hapus
  18. Klo mau transit beda pesawat, terus ada bagasi bawaan, apakah bagasi diambil dulu terus chekin kembali sesuai pesatnya atau gimna mas..?
    Mohon dibales, aku belum pernah transit sol.a . Terimakasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda pesawat SATU MASKAPAI TIDAK diambil dulu, pokoknya sampai itu barang di BANDARA TUJUAN.

      Klo BEDA MASKAPAI, ya diambil dulu lah..

      Hapus
  19. Ketika kita memasukkan barang kita ke bagasi apakah lewat satu tempat (bersama dg penerbangan lain) ataukah ada loket khusus untuk maskapai yg kita gunakan pd saat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat anda menukar kode booking dengan tiket(boarding pass). Nanti ditanya, ada bagasi? jika ada, maka barang2 yang masuk bagasi di tinggal disitu.

      Hapus
    2. Gan itu kalo yg dibawa ke bagasi bayar apa engga dah tas ransel nya

      Hapus
    3. klo bagasi dibawah 15KG grratis..klo beratnay diatas itu ada biaya diihtung per kg

      Hapus
    4. Tergantung maskapainya mas....kmren air asia jkt-sgp aku no free bagasi
      Lion air domestik free bagasi 15kg klo luar negri free 20kg

      Hapus
  20. Kalo koper masuk bagasi ya gan ? Berarti harus nambah biaya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebesar apa kopernya? klo koper traveling isinya baju banyak ya masuk bagasi. klo cuamn tas kecil /ransel bawa aja ke kabin

      Hapus
  21. Maaf saya mau tanya kalau mau bawa tripod dan tongsis itu sebaiknya dimasukan ke dalam koper atau dibawa ke kabin ya? Soalnya saya belum pernah bawa. Dan katanya boleh bawa botol berisi air 100ml kalo botol minyak wangi saya lebih dr 100ml tapi isinya cuma setengah boleh tidak ya?
    Mohon balasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tripod bisa di tekuk bawa aja ke kabin.. untuk pastinya tanyakan ke petugas di tiketing.

      Hapus
  22. Min brp kilo sih klo barang bisa dibawa ke kabin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. logikanya klo yang di bagasi antara 15-20kg maka yang kabin ya lebih rendah dari itu. yang penting tas/barangnya bisa masuk bagasi.

      Hapus
  23. Mantap ! Tpi Da yg kurang gan, maap msih newbie...
    Klo pswat udah landing trus penumpang trun trus hrus kmna dlu gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ikuti aja penumpang lain, yang jelas klo ga transit langsung keluar bandara.. ada papan petunjuknya biasanya ada tulisan (Arival) atau Exit. nah klo yang transit ya ke tempat transit

      Hapus
  24. Hebat dan jelas sekali informasi nya. Terima kasih

    BalasHapus
  25. Benaran aman ni gan punya sim tapi ga punya ktp ?????

    BalasHapus
  26. Mantap,
    min beli tiket pesawat hrus online atau di bandara nya udah ada tempat beli tiket?

    BalasHapus
  27. Min, kalo bawa dua tas travel kedalam kabin boleh nggak ya, atau cuma boleh 1satu tas travel 1 lagi masuk bagasi.

    BalasHapus
  28. aku masih kurang ngerti yang transit nya kak . kalau misalnya nih yah harus transit 1jam atau 3 jam di bandara tapi dengan maskapai penerbangan yang sama . apa perlu ambil bagasi (kalau ada bagasi) atau ngga perlu ?? terus apa aja yang harus di lakuin pas pesawat udah mendarat di bandara tempat kita transit (yang di lakuin pertama kali sampai masuk ke pesawat selanjutnya ) makasih kak ^^

    BalasHapus
  29. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat :-)

    BalasHapus
  30. Mau nanya dong, kalo naik pesawat tujuan dalam negeri pake passpor ga? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggalah sayang... Yang pake Passpor kalo ke luarnegeri aja

      Hapus
  31. Info nya bermanfaat bangt.
    Tapi ada pertnyaan nih, kalo beli online, tuker kode booking sama tiketnya itu ada loket2 khusus masing2 maskapai apa enggk? Soalnya dlu udh pernah, tapi pas acara kantor, jadi udah trima beres. Trims

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo satu koper ga tau bang, yang kita tahu 20 kg per orang. :) Tanya maskapai aja

      Hapus
    2. Haha... Saya dah Sampe jakarta tuh Mas Candra. Kalo satu code booking isinya lebih dari 1 orang Bagasi ternyata bisa diakumulasi. Kebetulan saya kemarin Ber 4 dalam 1 code booking. Jadi bagasi keseluruhan boleh sampai 80 max.

      Gitu.... Mklum bisa brangkat sendiri.

      Hapus
  33. Terima kasih sangat membantu gan, bentar lagi mau otw jauh ni hehe
    firgiawanep.blogspot.com

    BalasHapus
  34. Kalau mau beli tiket pesawat bsa pesan di travel sy
    Pin bb: 5D12A8CF
    Jual Tiket pesawat,paket wisata dalam dn luar negri,tiket kereta,hotel,pulsa,paket data
    Bagi yg mau berbisnis travel jga bsa hubungi sy di bbm tdi
    Mksih

    BalasHapus
  35. sangat bemanpaat sekali hehe tengkyu ya terimakasih 3 jempol buat ini :)

    BalasHapus
  36. Mau Tanya min..
    Kalo dalam satu kode booking ada 6org, Dan boardingnya 2org dulu terus 4org nya belangan (Tidak berbarengan) itu bisa ga min??

    BalasHapus
  37. terimakasih banget sangat bermanfaat untuk saya yg belom pernah naik pesawat dan akan naik pesawat nanti mau lebaran :-D

    BalasHapus
  38. Terima kasih banyak. Artikelmya sangat membantu :)

    BalasHapus
  39. Mau tanya kak
    Kalau misalnya tiket transit dari jakarta ke Korea selatan melalui Malaysia, lalu karena kita tidak dapat visa Korea selatan memutuskan untuk turun di Malaysia apakah bisa ya kak?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Terima kasih infonya..,bermanfaat bngt bgi pemula..:)

    BalasHapus
  41. Makasih banyak jadi yakin dan berani buat naik pesawat, rencna brangkat sendirian gk lg jadi masalah kyaknh :) trimakasih bnyak ya

    BalasHapus
  42. Makasih banyak jadi yakin dan berani buat naik pesawat, rencna brangkat sendirian gk lg jadi masalah kyaknh :) trimakasih bnyak ya

    BalasHapus
  43. Makasih banyak jadi yakin dan berani buat naik pesawat, rencna brangkat sendirian gk lg jadi masalah kyaknh :) trimakasih bnyak ya

    BalasHapus
  44. Permisi ☺
    Saya masih 16thn minggu depan saya mau ke Bali sendirian.
    Sementara sy blum punya KTP SIM dan sy tdk punya paspor.
    Dan Kartu Tanda Pelajar saya hilang.
    Saya bingung.. apakah mengunakan KK bisa?
    Mohon respon nya ☺☺

    BalasHapus
  45. Permisi ☺
    Saya masih 16thn minggu depan saya mau ke Bali sendirian.
    Sementara sy blum punya KTP SIM dan sy tdk punya paspor.
    Dan Kartu Tanda Pelajar saya hilang.
    Saya bingung.. apakah mengunakan KK bisa?
    Mohon respon nya ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya pihak bandara atau maskapai... saya ga tahu

      Hapus
  46. Assalamualaikum min mau tanya? Kalau kita transit 3 jam tapi 1 maskapai apa yang harus kita lakuin min? Tolong balas min

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebas.. yang penting datang ke bagian transit, terus masuk lagi ke ruang tunggu bandara.. 3 jam mau ngapain? MAKAN, baca buku, negenet (biasanya ada wifi gratis).

      Hapus
  47. aku masih kurang ngerti yang transit nya kak . kalau misalnya nih yah harus transit 1jam atau 3 jam di bandara tapi dengan maskapai penerbangan yang sama . apa perlu ambil bagasi (kalau ada bagasi) atau ngga perlu ?? terus apa aja yang harus di lakuin pas pesawat udah mendarat di bandara tempat kita transit (yang di lakuin pertama kali sampai masuk ke pesawat selanjutnya ) makasih kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagasi di ambil di bandara tujuan. di tempat transit langsung datang ke BAGIAN TRANSIT sesuai maskapai...nanti habis itu masuk lagi ke ruang tunggu

      Hapus
  48. Maaf gan seklian nanya.. Saya mmbelikan tiket teman saya dr jkrta k jogja. Nh tmen saya g ad email jdi no booking tiketnya itu d kirim k email saya.. Nah klo misalkn saya hnya kirim fto tiket itu ke teman saya nnti d tunjukin d bandara bisa gak gan... Atau harus d print out dulu.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan gan.. Untuk pnerbngan d indonesia itu klo tnpa paspor bisa kan.. Misal dr jkrata jogja tnpa paspor..

      Hapus
    2. untuk kode booking di tunjukin lewat foto di HP aja gpp tapi lebih aman di cetak.
      untuk PASPORT hanya di pakai jika PENERBANGAN KE LUAR NEGERI. klo cuma antar kota di indonesia cukup SIM atau KTP

      Hapus
  49. bermanfaat buat pemula seperti saya. terimakasih

    BalasHapus
  50. Salam, mau nanya gan, saya rencana mau ke lombok. Bulan september sudah beli tiket melalui online dpt e tiket. Untuk nukernya tiket apakah pas mau brangkat saja apa hrus 2 mgg sebelum berangkat. Mohon bantuannya karna bru pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuker tiket ya pas mau berangkat lah. Yang kamu pegang sekarang namanya Kode BOKING. nah kode boking itu nanti di tuker tiket saat mau berangkat Hari ITU.

      Hapus
  51. Apakah semua barang harus masuk bagasi? Klo baca diatas ada yang bawa koper besar ke pesawat, apakah berarti 15kg hanya untuk yg di bagasi, dan bs bawa lagi ke dalam pesawat misalkan 10kg lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga semua barang, klo tas kecil, tas punggung atau makanan kecil di plastik bawa aja ke kabin, yang masuk Bagasi itu biasanya TAS TAS besar yang biasa di SERET atau yang ada rodanya. Dan yang perlu di ingat, usahakan total berat Tas Max 15 KG, klo lebih dari itu kena biaya lagi.

      Hapus
  52. Halo, mau nanya
    kalo sudah check in kita keluar buat makan sambil nunggu boarding bisa ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja.... tapi liat liat waktu juga...boarding biasanya 15-30 Menit ..

      Hapus
  53. Baru dari selltiket.com, untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran : PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom, pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    BalasHapus
  54. mau tanya kalo sudah booking tiket dan namanya ada yang salah 1 huruf dengan Kartu identitas bagaimana? apa tidak bisa berangkat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya kalo misal ada kesalahan nama. Silakan memperbaiki ke maskapainya di bandara atau sales office maskapai.. max sehari sebelum keberangkatan.. jangan lupa bawa paspor asli sebagai bukti

      Hapus
  55. tanya ke penjual tiket atau ke maspakai... saya belum tahu

    BalasHapus
  56. mas, mau tanya kalau membawa ransel dan tas jinjing apakah keduanya bisa masuk dalam kabin?

    BalasHapus
  57. sy awam soal pnerbangan jd ini sngat brguna soalnya besok hari senin mau kpalembang mau tnya2 g da yang prnah naek pesawat jadi info ini sangat brguna bagi syk..
    makasih mas..
    jgan bosan2 untuk membalas prtanyaan dari teman2 yang laen

    BalasHapus
  58. hahaha makasih pak infonya, ane ntr mw naik pesawat jadi harus baca2, ntr takut malu2in bkwkwkw

    BalasHapus
  59. baru masuk bandara tu trus kita ke mana ya gan??????

    BalasHapus
  60. bermanfaat sekali infonya gan
    saya baru sekali naik pesawat, masih bingung soal prosedurnya

    BalasHapus
  61. Mau tanya mas,
    Kalau kita transit ganti pesawat (atau bahkan ganti maskapai lain), apakah kita akan dikenakan biaya tambahan?
    Lalu kalau waktu transit cukup lama, bolehkah kita keluar dari bandara (jalan-jalan sebentar) ?

    BalasHapus
  62. Bermanfaat sekali gan, bagus dan keren artikelnya!

    BalasHapus
  63. Mw nanya bang, ini pertama kalinya saya naik pesawat yg pake transit. Saya mw ke makasar dr medan, trnsit di surabaya.
    Rencananya sy mw checkin online krna takut telat, apakah sama proses check in OL utk transit dgn check in OL nontransit??
    Kalaulah saya check in dibandara, saya checkin nya di bagian yg ke surabaya atw yg ke makasar ya?
    Mohinbantuannya
    Trimakasih

    BalasHapus
  64. Membantu sekali,, bagi saya yang lama/lupa tak naik pesawat,,,���� trimakasih

    BalasHapus
  65. makasih gan, informasinya..
    Pertama naik kereta rasanya gmn gitu hahaha...

    BalasHapus
  66. mantap, semoga gak mual pas pertama kali naek pesawat :D
    My blog

    BalasHapus
  67. makasih infonya gan,,, saya ada pertanyaan, karena saya akan ke luar negeri, dan sya pesan tiket yang one way bukan pp (krn tidak tau pulangnya kapan), gmn caranya saya beli tiket di luar negeri ? apakah bisa menyuruh teman beli di indonesia lalu kode bookingnya dikirim via email (takutnya di luar negeri lebih mahal) ? bisa gk gan?

    BalasHapus
  68. terima kasih informasinya..
    kebetulan sya belum pernah naik pesawat

    BalasHapus
  69. Sy pernah ketinggalan cek in dlu saat mo ke sby dari batam,mslh ny bkn karna keterlambatan kedatangan tapi saat sy dlm antrian panjang buat cek in d stu bnyk yg tdk teratur sesuai dg petunjuk.maka ny pas giliran sy ternyata sy sdh ketinggalan...terpaksa tiket sy hangus dan kembali memboking untuk besok ny.bagaimana dg mslh itu,?????sy cukup fobia dlm antrian tsb.karna sebentar lagi insya alloh sy mo kmbl ke batam.tolong d bantu ia,trima ksh

    BalasHapus
  70. ahh keren mantab ni jadi tambah ngerti ane makasih ya infinya sering sering berbagi

    BalasHapus
  71. kalau tas rangsel cukup besar (10 kg) apa ya bisa masuk kabin? apa gak sebaiknya masuk bagasi?

    BalasHapus
  72. bermanfaat banget. makasih banyak yaaaa :)

    BalasHapus
  73. Rencana mau tengok anak di luar pulau tapi karena blm pengalaman jadi tertunda sampai sekarang trimk infonya semoga bermanfaaf

    BalasHapus
  74. tulisannya sangat bermanfaat dan membantu untuk yang baru pertama kali akan terbang dengan pesawat

    BalasHapus
  75. Mantap Gan Infonya, makasih.
    kalau ada yang ke lombok bisa sewa mobil ane gan.

    BalasHapus
  76. makasih gan informasinya ya...
    deg2an pertama naik pesawat...

    BalasHapus
  77. Mau tahu dong .
    Kalo kita membeli tiket dengan transit gmna ya caranya..?
    Apa kita membeli tiketnya hanya sekali atau 2 kali .
    Contoh "lampung-jakarta-makassar". Itu cara pembeliannya bagaimana.??

    Mf y blm pernah naik pesawat masalahnya..?

    BalasHapus
  78. Setelah baca semua komentar diatas tentang barang bawaan, saya ingin memastikan. Beberapa hari lalu saya membeli tiket keberangkatan surabaya-johor bahru dengan maskapai Air Asia. Saya tidak menambah biaya untuk bagasi. Dan rencana saya ingin bawa 1 tas ransel sedang dan 1 koper kecil ukuran 19 inchi / 20 inchi apa bisa masuk ke dalam pesawat yang ditaruh diatas kursi ? Terima kasih.

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)