Siapakah sebenarnya Brutus?

Jika anda perhatikan beberapa hari terakhir. Kata "BRUTUS" sering masuk kedalam media pemberitaan. Brutus di tuduhkan pada Orang orang di lingkaran Jokowi. Diantaranya adalah Rini sumarno, Andi Widjajanto, serta Luhut panjaitan. mereka dianggap sebagai brutus brutus di istana yang menjauhkan Jokowi dari PDIP, Relawan dan Rakyat.

Bagi yang penasaran, siapa sih sebenarnya brutus? Brutus adalah Tokoh politik dan orang dekat Julius Caesar yang berkhianat serta ikut dalam konspirasi pembunuhan Caesar di tahun 15 Maret 44 SM. Pada mulanya Brutus adalah orang dekat Caesar, namun akhirnya dia terlibat dalam konspirasi pembunuhan walaupun dia mengalami konflik batin. Konflik yang dialami brutus adalah apakah dia Lebih memilih membela Caesar yang cenderung mempunyai kekuasan penuh dan Tirani, atau membunuhnya dengan alasan kepentingan yang lebih besar yaitu Demokrasi.

Pada akhirnya si brutus ikut dalam pembunuhan Caesar. Brutus di anggap sebagai Pengkianat terbesar sepanjang sejarah perpolitikan dunia selama 2000 tahun terakhir. Memang tidak semua orang menganggap brutus pengkianat, sebagian orang orang yang pro demokrasi menganggap brutus pahlawan karena mencegah adanya dikator dan tirani dalam pemerintahan.  Intinya disitu. Jadi sebenarnya ucapan tokoh PDIP yang menganggap ada brutus di istana itu bertolak belakang dengan kisah brutus. Mereka, orang orang yang di anggap brutus lebih setia pada presiden daripada partai PDIP. Kalau mereka dianggap BRUTUS dengan asumsi CAESARnya adalah megawati pernyataan diatas  mungkin benar.

Lebih lengkap lihat video dari TED-Ed dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)