Review Gone Girl (2014)

Gone girl adalah film drama yang mengisahkan hilangnya seorang perempuan dan ditengarai dibunuh oleh suaminya. Film ini diperankan oleh Ben Affleck sebagai Nick Dune dan Rosamund Pike sebagai Amy Elliot Dunne.  Nick dan Amy adalah pengantin baru yang belum lama menikah.Pekerjaan mereka adalah penulis di Newyork , namun karena resesi dan krisis yang terjadi, mereka pindah ke rumah orangtua Nick. Kepindahan mereka juga dikarenakan ibu dari nick yang sakit sakitan.

Gambaran Awal Cerita

Nick punya adik bernama margo yang mengelola Bar serta ayah yang sudah pikun dan hidup di Panti jompo. Ammy adalah anak orang kaya, cantik namun kurang bergaul dengan tetangga. Setelah pindah ke Misouri, nick tidak punya pekerjaan lain selain mengelola bar bersama adiknya. Sementara itu, Amy fokus mencoba menulis kembali dan lebih sering dikamar.  Cerita baru dimulai saat pulang kerumah, Nick terkejut karena ada pecahan kaja dan meja yang terbalik serta ada bercak darah. Nick menduga bahwa amy di culik atau dibunuh orang. Nick akhirnya memanggil polisi untuk menyelidi kejadian tersebut.

Bukannya permasalahan  tambah terang, justru Nick lah yang dicurigai membunuh istrinya sendiri. Karena khawatiran Orang tua amy (mertua nick), mereka membuat press conference, tidak lama kemudian pencarian besar besaran dilakukan dengan meminta bantuan warga sekitar.

Yup, itu awal mula dari cerita ini. Sampai sini apa kesimpulan anda? Apakah Nick sengaja membunuh istrinya? Saya akan lanjutkan ceritanya di bagian SPOILER Review.

Rating Film

Film ini adalah salah satu film terbaik di tahun 2014, Secara pribadi, genre drama adalah genre yang paling tidak saya sukuai, namun saya akui pembuat film ini sangat cerdas mengolah dialog dan adegan demi adegan yang membuat penonton terus penasaran. Siapa dibalik film ini? dia adalah David fincer, sutradara yang menyutradai film Social Network. Keren abis lah pokoknya. Dialognya renyah, enak diikuti, alur ceritanya tidak terduga dan Menguak konflik rumah tangga ke dalam drama fenomenal.

Saya memberi rating 4/5 bintang, Film ini masuk kategori film dewasa mengingat ada beberapa degan sex, perkataan kasar dan adegan sadis di film ini. Bagi yang mau menikah, sangat tidak disarankan menonton film ini mengingat film ini memberi gambaran bahwa menjalani pernikahan adalah perkara yang sulit, apalagi ketika belum mempunyai anak serta saat kehilangan pekerjaan.

Trailer film 



Review SPOILER 

Di bagian ini saya akan menceritakan jalannya cerita dari awal sampai akhir, bagi yang belum nonton *BIG SPOILER ALERT* jangan membaca bagian ini. Di awal film, terlihat bahwa Amy merasa terancam dengan suaminya. Amy merasa bahwa suaminya kurang bertanggung jawab dan hanya bersantai saja dirumah. Amy juga merasa dia hanya sebagai pelampiasan sex semata.

Dilihat dari sisi Nick, suami amy, dia merasa sudah berusaha menjadi laki laki yang pengertian dan bertanggung jawab, dia dan adiknya margo menjalankan usaha Cafe Bar untuk menunjang hidupnya. Amy sendiri bagi Nick adalah perempuan yang lebih tepat disebut Sociopath, jarang bergaul dengan tetangga.

Saat amy hilang, Nick berusaha menemukan amy dengan menghubungi polisi, namun apa yang terjadi? Polisi justru menduga bahwa Nick telah membunuh amy. Polisi melacak ada bercak darah didapur serta setelah di cek lebih jauh, banyak darah dilantai yang telah dibersihkan. Polisi ingin menangkap Nick, namun karena polisi belum menemukan jasad amy, maka polisi hanya terus melakukan penyelidikan sampai menemukan buku diary amy yang dibakar di rumah orang tua nick.

Dari buku catatan itu sendiri, tampak bahwa Amy merasa terancam dengan suaminya, maka amy pun membeli senjata yang diletakannya dibawah tempat tidur untuk jaga diri. Apakah memang benar nick seorang psycopath?

Saat kasus ramai ramainya di televisi, Pacar simpanan Nick justru bertemu nick tiap malam. Yah, Nick ternyata selingkuh dengan muridnya yang masih berumur 19 tahun. Nick meminta pacarnya itu agar tidak menemuinya karena membuat permasalahan tambah rumit. Namun, akhirnya hubungan antara nick dan pacarnya itu diketahui adik nick, Margo yang justru membuat margo tambah marah.

Di sisi lain, ternyata polisi mengetahui bahwa Amy sedang mengandung, informasi ini didapat dari tetangga nick yang ternyata dekat dengan Amy. Nick sendiri tidak tahu hal itu, selain itu. tagihan kartu kredit nick juga sangat besar dan uang premi asuransi jiwa amy juga dinaikan. Polisi menduga nick sengaja membunuh amy agar dia dapat uang asuransi yang besar.

Disisi lain, saat nick tampil di public dan TV, expresinya tidak menampakan kesedihan, justru dia lebih banyak tersenyum yang membuat public amerika dan tetangganya makin kesal dan benci dengan nick.

Saat posisi panik, nick akhirnya menyewa pengacara yang ahli dibidang permasalahan keluarga dan pembunuhan. Bahasa tubuh nick yang tampak bahwa "dia senang" ketika amy hilang membuat public menduga bahwa dialah pembunuhnya, namun apakah nick memang membunuh istrinya?

Bagaimana dengan akhir film ini?Sutradara langsung menunjukan apa yang dilakukan amy. Ternyata amy memang sengaja membuat kehilangannya seperti kasus pembunuhan. Dia merencanakan dengan matang agar suaminya ditangkap polisi atas dugaan pembunuhan. Dia membuat seolah dirinya hamil, menyayat tangannya sehingga darah keluar banyak didapur dan sehingga dibuat seolah olah telah terjadi pembunuhan, tidak lama kemudian dia kabur dengan mobil Bodong dan menikmati suaminya yang dituduh membunuhnya di tempat lain.

Yah, dari sini kita tahu bahwa yang PSYCO justru si Amy. Dia ingin suaminya dihukum mati kerena telah "membunuhnya". Apa alasan dibalik semua ini?Ternyata amy tahu bahwa Nick berselingkuh. Dia sangat kesal sehingga merencanakan semua ini.

Di Televisi, Nick, menyatakan penyesalannya karena telah menyelingkuhi amy dan berjanji dan berharap dia kembali. Amy yang menonton tiba tiba merasa bahwa itulah laki laki yang dicintainya. Dia ingin nick berlaku jujur dan lembut kepada dirinya. Apa yang dia lakukan? Saat dia mau kembali dari tempat persembunyian, justru uangnya di rampok oleh tetangganya, Dia akhirnya menelpon Colling, laki laki yang selalu membuntutinya dan mengharapkan dia selama bertahun tahun.

Nah disini tampak bahwa film ini lebih fokus pada Amy yang PSIKOPAT, bukan pada hilangny amy. Amy merencakan ide licik dengan cara membunuh colling dan membuat seolah olah dia diculik dan dijadikan budak nafsu oleh Colling. Saat colling berhubungan sex dengan amy, amy menggorok tenggorokan Colling lalu ranjang bersimbah darah. Amy pulang kerumah suaminya dalam kondisi bersimbah darah.

Dia bilang pada polisi bahwa dia di sekap oleh colling yang mencintainya sejak masa SMA. Polisi tidak langsung percaya mengingat bagaimana Amy mendapatkan pisau untuk menggorok colling kalau dirinya diikat dan menjadi budak sex? Permasalahannya, polisi tidak punya bukti yang cukup. kasus yang sudah menyedot perhatikan publik amerika ini akhirnya selesai dengan "BAHAGIA" ketika amy kembali.

Nick bukannya bahagia melihat amy kembali, namun justru dia takut dengan Amy dan baru sadar amy adalah psikopat. Sebelum amy ditemukan, nick sudah bertemu mantan pacarnya yang diduga melakukan pemerkosaan, dari penuturan mantan pacarnya, dia tahu bahwa Amy menjebak mantan pacarnya dan dibuat seolah olah dia diperkosa, padahal Amy dan dia bercinta suka sama suka.

Nick ingin menceraikan Amy, namun amy tidak mau bercerai karena mencintai nick. Amy memanfaatkan sperma suaminya di lab dan memasukan ke rahimnya dan membuatnya benar benar hamil. Nick diminta margo agar menceraikan amy, namun nick tidak bisa karena Amy sudah mengandung anaknya.

Diakhir cerita, mereka tampil di talkshow sebagai keluarga yang "Bahagia" dan cerita berakhir.

Pelajaran dari film ini

Banyak yang menganggap bahwa psikopat kebanyakan cowok yang cemburu karena misalkan pacar atau istrinya selingkuh. Di film ini justru digambarkan sebaliknya, Cewek juga bisa menjadi psikopat karena masalah cemburu. Selain itu, membangun rumah tangga bukanlah perkara mudah, apalagi ditahun tahun pertama. 

Dalam rumah tangga, selama masing masing mempertahankan egonya, tidak ada kepercayaan antar keduanya, maka tinggal tunggu waktu hancurnya rumah tangga tersebut. 

Saya paling suka pembuka dan penutup film ini ketika nick sedang berduan di tempat tidur dan narasi nick mengucapkan" Kadang saya ingin memecahkan kepala perempuan ini (amy) dan melihat apa isi otaknya?" mengapa? karena nick tidak benar benar tahu apakah amy benar benar mencintainya setelah dia tahu bahwa istrinya adalah psikopat. Nah adegan ini juga merupakan adegan pembuka yang membuat dugaan para penonton langsung tertuju bahwa Nick adalah pembunuh istrinya. 

Pesan bagi yang mau nikah dan penganten baru. Ingat hal ini:"Setia, Saling percaya,terbuka, saling pengertian, mengalah dan saling mendukung serta membuang Ego pribadi ".   adalah kunci kebahagian rumah tangga. 

pelajaran buat yang belum menikah "Kenali dan  lihat masa lalu dan latar belakang calon istri yah, jangan sampai dapat psikopat!"

Selamat menonton!


11 komentar:

  1. Salah satu film terbaik David Fincher (y)

    BalasHapus
  2. asli keren, review dan filmnya .. btw numpang interpretasi versi saya https://www.youtube.com/watch?v=1NxWGznJaLE

    BalasHapus
  3. asli keren, review dan filmnya .. btw numpang interpretasi versi saya https://www.youtube.com/watch?v=1NxWGznJaLE

    BalasHapus
  4. Kereenn!! Tapi boleh saya memastikan sedikit. Dari yang saya tonton.. Saya kira amy benar benar hamil karena sperma colling yang sengaja telah amy atur agar sperma masuk kedalam rahim nya ketika bercinta sebelum colling dibunuh dan saya tidak menemukan adegan amy mengambil sperma suaminya sendiri di lab

    BalasHapus
  5. Nice review! Aku suka banget film ini, menurutku si Amy ini adalah sosok femme fatale sekaligus psychopath. Paling suka pas scene Amy pura-pura kesakitan di cctv rumahnya Colling.

    BalasHapus
  6. Nice review! Aku suka banget film ini, menurutku si Amy ini adalah sosok femme fatale sekaligus psychopath. Paling suka pas scene Amy pura-pura kesakitan di cctv rumahnya Colling.

    BalasHapus
  7. seperti amy,,,byk di dunia nyata...jgn pernah bertemu dengannya...jika terlanjur hahaaaahhaha,,,,,kasian .... psikopat = jenius,,,dll. pakai hatimu ia tak bisa menebakmu....

    BalasHapus
  8. I dont know why, tapi lu melakukan kesalahan(menurut gue)... Hmm inget engga diakhir cerita banget, setelah wawancara itu lho? Si nick bilang "apa yang akan kita lakukan sekarang?"sambil mengusap rambut istrinya, bukankah itu cukup membuktikan keduanya sengaja membuat scene? Artinya mereka sengaja mencari sensasi, artinya keduanya psikopat!! Nonton lagi bagian akhir bangettttt, hmm mungkin aku salah tolong dikoreksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ada benernya pendapat ente, percakapan yg dibilang TS di awal dan akhir tidak sama, beda.
      Dan perhatikan jg si Nick nya bicara sendiri di depan cermin diakhir².

      Hapus
  9. film yang sangat keren menurut saya

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)