Review Avenger 2 Age Of Ultron (2015)

Avenger Age of ultron tayang di Indonesia sejak tanggal 22 April,  saya bersyukur bisa nonton di hari pertama. Age of  Ultron adalah bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU) yang artinya film ini bukan hanya kelanjutan dari Avenger pertama , namun juga kelanjutan dari IronMan 3, Captain America :Winter solider serta Thor:Dark World.

Agar lebih jelas, saya akan bagi review ini menjadi dua yaitu review NON SPOILER dan review dengan BIG SPOILER. Jadi bagi yang belum nonton, anda cukup baca Review non spoiler aja.

 Poster Avenger 2 :Age Of Ultron



Perhatikan poster Age of Ultron diatas! Sangat banyak tokoh di filmini. berikut ini adalah tokoh yang muncul di film besutan Josh Weddon. 

Tokoh baru 

  1. Paul Betany sebagai Vision . Lihat tokoh di poster yang terbang seperti superman? itu bukan Superman, tapi itu Vision. 
  2. James Spider sebagai Ultron, Robot AI yang ingin menghancurkan manusia. Semua robot yang anda lihat diposter adalah ultron atau cloning dari Ultron 
  3. Aaron Taylor Johnson sebagai QuickSilver , manusia super yang bergerak dengan sangat cepat 
  4. Elizabet Olsen sebagai Scarlet Witch, Adik Quicksilver, mempunyai kemampuan menghipnotis serta telekinesis
  5. Andy Serkis sebagai Ulysses klaue, pedagang senjata ilegal di afrika selatan. 
  6. Cloudia Kim sebagai Dr Helen Cho. Dokter ahli  dari Korea  yang bekerjasama dengan Stark Industri. 

Tokoh lama
  1. Peggy Carter ( Pacar dari Captain amerika ).
  2. The Falcon (Teman Captain america).
  3. War Machine/James Rhode  (Teman Tony Stark di militer).
  4. Heimdal (penjaga gerbang Asgard).
  5. Eric Selvig (Peneliti dan ahli fisika di Film thor). 
  6. Baron strucker (pimpinan Hydra).
  7. Maria Hill (pejabat tinggi Shield).
  8. Nick Furry (pimpinan Shield).

Review Non Spoiler 
Berbeda dengan Film sebelumnya yang fokus pada invasi alien pimpinan Loki, Age of Ultron fokus pada ancaman di bumi yang merupakan kesalahan Tony Stark. Ultron proyek robot penjaga perdamaian karya Tony Stark yang rencananya bertugas untuk membasmi kejahatan dibumi, termasuk menghancurkan sisa sisa Hydra. Permasalahannya, Ultron Jadi selft aware dan menganggap bahwa ancaman sesungguhnya adalah manusia itu sendiri.  Ultron beranggapan cara satu satunya membuat bumi damai adalah dengan memusnahkan ras manusia.

Cerita berawal ketika Tony Stark mempunyai ide untuk membuat robot AI yang bisa berpikir sendiri. Robot ini rencananya dibuat secara masal dan menggantikan avenger. Tony sebenarnya peduli dengan Team. Dia tidak ingin ada korban terluka atau terbunuh dari Teamnya. Permasalahannya, Keputusannya tidak didiskusikan dahulu dengan team Avenger.

Apa yang terjadi setelahnya? Seperti anda lihat di trailenya, Ultron versi awal keluar dari lab di Gedung Avenger dan mengancam Avenger. Ultron versi awal memang sukses dihancurkan oleh team avenger, namun Software AI dari ultron lepas kendali ke internet. Team Avenger marah kepada Tony stark karena proyek Ultron tidak didiskusikan terlebih dahulu. Yang paling marah adalah Thor (anda bisa lihat di trailer thor memegang leher Stark). Mengapa Thor begitu marah? Anda bisa lihat di review Spoilernya.

Bagaimana Dengan Hydra? Hydra walaupun sudah lemah sejak kejadian di Captain America: Winter solider  terus berusaha menyusun kekuatan dan berusaha menghancurkan tim Avenger dari dalam. Teknik ini mirip dengan teknik yang dipakai Oleh Loki. Hydra sendiri tidak begitu berperan disini, namun kelahiran Ultron tidak lepas dari Hydra.

Hal yang paling penting, Kebanyakan adegan Avenger Tidak terjadi di amerika, namun terjadi diluar amerika seperti Korea, Italia, Inggris dan Africa selatan dan negara fiksi pecahan soviet bernama Sovakia. Bagi anda yang mengikuti TV Seri Agent Of Shield, team Shield pimpinan Coulson tidak begitu tahu kejadian ini. Sangat berbeda dengan Avenger pertama dengan musuh alien yang menyerang NewYork.

Secara pribadi, Age of Ultron cukup fresh dan adegan adegannya. Selain itu, walaupun tokoh marvel sangat banyak, namun sang sutradara memberi porsi yang ideal untuk masing-masing tokohnya. Dibanding Avenger pertama, Jalan cerita di Age of Ultron lebih dalam dan dialognya sangat renyah. Artinya apa? anda bukan hanya menikmati adegan actionnya saja, dialog sederhana di Avenger ini juga bisa membuat anda terhibur. Film ini tidak terlalu serius dan bagi saya sendiri, Ultron tidak sekuat yang saya kira.

Trailer 
Trailer dari Avenger Age ultron. Video ini sekaligus sebagai pemisah review Non Spoiler dan SPOILER.


REVIEW SPOILER  AGE OF ULTRON  
Di bagian ini, saya akan membagi review menjadi 4 bagian; bagian pertama berisi awal cerita Age of ultron serta hubungannya dengan film film Marvel sebelumnya, Bagian kedua menjelaskan alur cerita dari awal sampai akhir film termasuk peran masing masing tokoh, bagian ketiga membahas Ending film termasuk Post Credit Scene dan Bagian terakhir membahas What Next di Marvel Unverse.

Awal Cerita 
Di awal film, team Avenger berusaha menghancurkan markas Hydra di Sovakia, negara pecahan soviet di Eropa timur. Hydra di pimpin oleh Baron Strucker bersembunyi di Kastil yang cukup kuat karena adanya Scepter, tongkat kepunyaan Loki, para avenger pun kesulitan menembus kastil tersebut. Saat berusaha mengambil scepter dan menangkap Baron, Hawk Eye terluka cukup parah diperut.
Selain karena banyaknya tentara hydra, Avenger juga dipersulit oleh dua manusia super bersodara yaitu Quicksilver dan Scarlet Witch. Ironman juga membahwa pasukannya yang merupakan proyek AI kelanjutan dari Iron Man 3. Sayangnya Robot robot ini perkemampuan rendah sehingga gampang dihancurkan musuh.Setelah hancurnya markas besar SHIELD di Winter soldier, Maria hill  bekerja di Avenger dan bertanggung jawab ke Captain amerika. 

Caste/Benteng hydra
Jika anda perhatikan trailernya, banyak adegan disini. Benteng ini muncul di adegan pertama dan di adegan terakhir saat melawan Ultron dan para prajuritnya. Setelah berhasil mengalahkan Hydra, Avenger sukses membawa Scepter Loki ke Markasnya di NewYork. Bagaimana dengan hawkEye? Dia diobati dengan teknologi Korea oleh dokter Helen cho. Teknologi ini memungkinkan regenerasi sel dengan sangat cepat sehingga dalam beberapa jam luka HawkEye sembuh.

Tony Stark dan Bruce banner mencoba menganalisa isi Scepter yang ternyata berisi Mind Gem,  salah satu batu dari  6 Stone Gem di Marvel Universe. Mind Gem ini bisa dibilang mempunyai kemampuan layaknya otak mahluk hidup dan mempunyai kemampuan super komputer. Stark menyatukan dengan Robot robot punya stark yang masih berkemampuan rendah tanpa dia tahu ancaman besar akibat ulahnya tadi. 

Untuk merayakan kemenangan melawan hydra, Avenger mengadakan pesta. Adegan para Avenger mencoba mengangkat martil Thor juga ada disini, sayangnya tidak ada yang bisa mengangkatnya. Bagi anda yang bertanya kapan Stan Lee muncul? Yup, stanlee muncul di pesta Avenger sebagai veteran perang dunia dua. Dia mabok karena tidak kuat dengan Arak yang diberikan thor.  Nah, saat pesta Usai, Tiba-tiba munculah Ultron dari dalam laboratorium Stark. Adegan ini bisa anda lihat di trailer.

Ultron keluar dari Lab dengan bentuk yang belum sempurna 
Jalannya cerita 
keluarnya Ultron dari Lab Stark adalah awal dari masalah baru di Avenger. Thor sangat marah ke Stark karena tanpa seizinnya, Mind Gem dimanfaakan untuk membuat  Ultron. Disini ultron berhasil dihancurkan namun Software AI dari Ultron kembali ke markas Hydra di Kastil Sovakia. Disana, Scarlet Witch dan Quick silver menunggu kebangkitan Ultron.



Di Marvel Universe, Scarlet Witch dan Quick silver juga hasil percobaan Hydra dengan memanfaatkan Mind Gem dan alasan dua bersaudara ini benci avenger karena Orang tua mereka terbunuh oleh rudal buatan Stark saat terjadi peperangan di Sovakia.  Dalam komik aslinya Quicksilver adalah anak dari Magneto di francise X-Man, Namun karena masalah lisensi jadi di Avenger alur ceritanya berubah. Ultron berusaha mengumpulkan berbagai kebutuhan untuk membuat pasukan robotnya. Dia sadar bahwa bahan besi yang dijadikan bahan tubuhnya terlalu lemah untuk menghadapi Avenger. Maka Ultron mencari bahan besi terkuat yang ada, bahan besi ini menggunakna bahan yang sama dengan Perisai Captain Amerika. Dalam versi komiknya bahan besi ini sama dengan Cakar Wolverine, sekali lagi karena alasan Lisensi, maka alur ceritanya sedikit berubah dari komiknya.

Ultron mencari logam paling kuat di dunia dan dia berhasil menemukannya di afrika selatan. Bahan ini dimiliki oleh Ulysses yang diperankan Andy Serkis. Pada saat Ultron sedang melakukan transaksi, Avenger datang dan terjadilah pertarungan disana. Scarlet Witch memanfaatkan sihirnya untuk menghalusinasi anggota Avenger. Thor terjebak dalam mimpinya dan berada di pesta Asgard dan bertemu dengan Heimdall, Heimdall menyampaikan kabar bahwa ada kekuatan besar yang akan menghancurkan Asgard. Apakah ini benar atau halusinasi?  Saya menduga ini adalah awal dari Cerita Thor 3: Ragnarok.  sementara itu, Kapten amerika berhalusinasi bertemu dengan Peggy Carter.

Blackwidow juga tersihir dan dia kembali mengingat masa lalunya yang kelam.disinilah backstory dari BlackWidow yang begitu Bitcy dan sluty diangkat.  Masih ingat di Avenger pertama dia suka dengan HawkEye, di captain amerika Winter solider suka dengan Captain, dan di Age Ultron  dia suka dengan Hulk.

Masa lalu BlackWidow memang cukup kelam. Tokoh yang diperankan oleh Scarlett Johansson ini  adalah agen Soviet yang dilatih sejak kecil, di Avenger pertama, BlackWidow bilang ke HawkEye bahwa dirinya sering membunuh pria yang herbungan sex dengannya. Rata-rata yang dibunuh adalah musuhnya. Ternyata, sebelum menjadi agen, BlackWidow di sterilkan sehingga dia tidak mungkin mengandung.

Bagaimana dengan Bruce Benner? Bruce Bener tetap dipesawat dan menunggu team Avenger menghadapi Ultron. Scarlet Witch tahu Bruce ada dipesawat  mensihirnya dan membuat bruce Marah dan berubah jadi Hulk. Monster hijau yang lepas kontrol menyerang kota Johanes Burg di afrika selatan ini membuat kekacuan luar biasa. Ironman yang sedang menghadapi Ultron akhirnya membiarkan Ultron kabur dan berusaha menghentikan Hulk.

HulkBuster burusaha melawan hulk yang terkena sihir scarlet Witch. 

Avenger yang gagal menangkap ultron di africa akhirnya harus sembunyi dari pemerintah karena kerusakan yang disebabkan oleh Hulk sangat luar biasa. Mereka sembunyi di rumah HawkEye. Dan tahukah anda? Hawkeye sudah punya 2 anak dan istrinya mengandung anak ketiga. What? padahal 3 tahun yang lalu kan masih dengan Black Widow? Disinilah mereka mengumpulkan kekuatan dan lagi lagi terjadi pertengkaran antara kapten Amerika dengan Tony Stark. Tahukah anda, pertengkaran demi pertengkaran antara tony dan Captain adalah awal dari Civil War. 

Ultron yang lolos dari Avenger menuju korea dan masuk ke lab Dr Hellen. Entah karena alasan apa, ultron ingin membuat tubuh yang lebih "manusiawi" dibanding dengan tubuh besinya Saya tidak begitu paham apakah dia ingin membuat prajurit baru yang lebih kuat atau ingin memindah kesadarannya ketubuh baru tersebut. Dia berusaha membuat tubuh full body dan di isi dengan pengetahuan yang dimiliki ultron. lagi lagi saat proses pembuatan tubuh belum sempurna, Ultron di cegat oleh Avenger. Pada mulanya Ultron selalu di jaga oleh dua bersodara Quicksilver dan Scarlet Witch. Namun saat Scarlet menyadari bahwa Ultron bukan hanya ingin menghancurkan Avenger, namun juga memusnahkan manusia, Quicksilver dan Scarlet berbalik arah mendukung Avenger.

Ultron sekarang sudah tidak ditemani oleh Dua bersaudara, dia hanya dibantu robot robot lainnya berusaha memindahkan tubuh yang belum sempurna tersebut dengan truk. Di saat itu pula para Avenger berusaha mengejarnya. Nah disinilah adegan captain america dan Ultron berkali diatas truk seperti  yang bisa anda lihat di trailer berikut ini.



Lagi lagi ultron berhasil lolos, namun Avenger berhasil membawa kembali "tubuh buatan ultron". Tony stark ingin menghidupkan tubuh baru tersebut dan mengisi "otak" dari tubuh baru tersebut dengan Jarvis. Bagaimana mungkin sebuah program bisa "hidup" dan memiliki tubuh manusia? Caranya adalah dengan menanam "Mind Gem" ke kepala tubuh baru tersebut. Tubuh baru tersebut merupakan kombinasi dari Ultron + Jarvis+ mind Gem dan jadilah dia Vision. 

Vision adalah bentuk fisik dari jarvis yang mempunyai kemampuan dan kekuatan seperti Thor. Vision dengan mudah mengangkat Palu thor tanpa bersusah payah. Vision yang dikira jahat justru ternyata mendukung kehidupan dan antithesis dari Ultron. Vision, Quick silver dan Scarlet Witch pun resmi menjadi anggota Avenger. Terus kemana nih si ultron?

Ultron kembali ke kastil dan membangun pabrik bawah tanah disana. Dengan bantuan robot dan Logam yang dibeli di africa selatan, dia berusaha membuat Meteor Buatan untuk memusnahkan manusia. Bagaimana caranya? Dia menjadikan kastil sekaligus kota disekelilingnya terbang ke angkasa. Tujuannya satu, setelah Meteor buatan tersebut diangkasa, ultron akan menjatuhkan "meteor" buatannya kebumi. Ide ini terinspirasi dari musnahnya dinosaurus oleh meteor.

 Para Avenger menghadapi pasukan Ultron sekaligus menghentikan rencana besarnya. Terus kalau kota sudah di angkasa, bagaimana mengevakuasi ribuan orang yang terperangkap? Nick Furry muncul  dengan Helly Carier dan menyelamatkan ribuan orang dari sana. Saat proses penyelamatan inilah QuickSilver TEWAS (*you didn't see that coming?*) karena menyelamatkan Hawkeye dan anak kecil saat evakuasi.  Keputusan sutradara membunuh quicksilver saya yakin karena lisensi, mengingat Quicksilver adalah property dari FOX di francise X-Man. 

Ending 
Pada akhirnya Ultron berhasil dihancurkan. Beberapa anggota Avenger kemungkinan tidak akan kembali di Avenger berikutnya. Bruce banner  menghilang dan menjauh dari Avenger ataupunSHIELD, Thor kembali ke Asgard sementara HawkEye? dia sadar dia paling lemah di tim dan memutuskan untuk keluar dari Avenger untuk kembali ke keluarganya. 

Captain amerika dan Blackwidow akhirnya membentuk tim Avenger baru yang diisi Scarlet Witch, Vision, War Machine dan  The Falcon. 

Post credit scene
Hanya ada satu post credit scene dan itupun sangat singkat, hanya beberapa detik. Thanos tahu apa yang terjadi di bumi, lalu dia mengambil sarung tangannya yang sudah berisi beberapa cincin stone gem dan bilang " Sudah saatnya saya turun tangan". Kurang lebih seperti itu. 

What Next?

Bagaimana hubungan film ini dengan tokoh seperti Thanos dan Stone Gem? apakah masih ada hubungannya? Yup, semuanya masih sangat berhubungan dan ada satu lagi Stone Gem yang terkuak di Avenger ini. yaitu Mind Gem. Masih ingat Tasseract di Avenger pertama, Orb di Guardian of galaxy, Aether di Thor dark World dan Scepter di Age of ultron? Semua saling berhubungan dan batu batu itulah yang di incar oleh Thanos.


Anda perhatikan stone gem diatas? Tim MCU benar benar cerdas menyusun nama batunya :)  sumber:http://9gag.com/gag/am0RKyV


Mungkin anda akan tanya? Thanos, Loki atau tokoh Guardian of Galaxy muncul ga sih? TIDAK, Thanos muncul sebentar di post credit scene, namun bukan di adegan utama. Walaupun demikian Age of Ultron adalah pondasi Awal dari Captain Amerika :Civil War (2016), Thor: Ragnarok (2017) serta Avenger: Infinitive War (2018).
Age of Ultron merupakan akhir dari Film Phase 2 di Marvel universe. Tahun depan, kita akan melihat Captain America:Civil War  yang bisa dikatatan IronMan Vs Captain america. Film Ini  jawaban Marvel untuk mengantisipasi dari film DC Batman Vs Superman. Bagaimana dengan Ant-man? Dari trailernya sih ant-man kurang menyakinkan. Saya sendiri sejauh ini tidak tahu apakah Ant-man masuk ke MCU dan perannya di avenger selanjutnya. 

Happy watching Avenger!


1 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)