Review Better Call Saul (2015)

Better call saul adalah prequel sekaligus Spin-off dari Serial TV Breaking bad. Breaking bad sendiri adalah serial TV amerika yang tayang dari tahun 2008-2013. Breaking bad menceritakan seorang Guru Kimia SMA di amerika yang terkena kangker dan berusaha mengumpulkan uang dengan membuat narkoba agar saat dirinya meninggal, keluarganya sudah punya tabungan. Intinya seperti itu. Dalam bisnis narkobanya, Mr Walter white ini sering berurusan dengan polisi dan kejaksaan serta DEA (BNN nya amerika). Bagaimana caranya agar dia atau anak buahnya lepas dari Polisi, DEA atau kejaksaan? Tentunya dengan menyewa pengacara handal yang pintar ngomong, licik dan banyak akal. Dialah Saul Godman.

DI Breaking bad, saul godman adalah pengacara rendahan namun pintar membebaskan terdakwa semisal bandar narkoba, pencuri dan penjahat kelas teri di negara bagian Albuquerque. Di serial tersebut, kisah bagaimana saul bisa sukses dan bisa menjadi pengacara 'handal' dalam melepas penjahat tidak diceritakan. Intinya saul adalah pengacara yang pintar membebaskan tersangka pengedar atau bandar narkoba.

Melihat potensi dari Saul dan keingintahuan dari para fans breaking bad, maka pengacara nyentrik ini akhirnya dibuatkan serial TV sendiri bernama "Better call saul". Beter call saul sendiri di Breaking bad adalah Iklan TV yang mempromosikan saul godman sebagai pengacara. Walaupun demikian,seandainya anda tidak pernah menonton Breaking bad sekalipun, anda tetap bisa mengikuti alur better Call saul.

Sesi 1 yang terdiri dari 10 episode sudah selesai ditayangkan. Setiap episode berdurasi sekitar 50 menit. Sessi satu menceritakan kondisi Saul 6 tahun sebelum breaking bad. Saul dulunya bernama Jimmy mcGhill, seorang pengacara amatir dan bekerja menangani kriminal Albuquerque.

Pada masa mudanya, jimmy adalah seorang penipu kecil kecilan di Cicerio Illnois, dia bersama Marco temannya menjadi penipu dengan berbagai modus, salah satunya adalah menipu dengan jam rolex palsu. Jimmy pada akhirnya dipenjara, namun kasus dipenjaranya bukan karena kasus penipuan, tapi karena kasus pelecehan seksual. Kakaknya yang pengacara bernama chuck, memebaskannya dan meminta pindah ke Alburquerque dan menjadi officeboy dikantor pengacara HMM yang didirikan oleh chuck dan rekan bisnisnya Hamlin.

Pada saat jadi office boy inilah jimmy ikut kelas jarak jauh (semacam universitas terbuka) dan mengambil jurusan hukum, agar dirinya bisa seperti kakaknya, menjadi pengacara. Sayangnya walaupun dia sudah lulus dan mendapat gelar sarjana hukum, hamlin  tidak mau mengangkat dirinya menjadi pengacara di kantornya. Akhirnya dia keluar dan menjadi pengacara lepas dan mencari client sendiri.

Ada 3 hal utama yang dihadapi jimmy. Kasus pertama adalah kasus penggelapan uang oleh keluarga kettlemen. Mr Kettleman menggelapkan uang perusahaan sebesar 1.6 juta dollar (sekitar 16 Milyar) dan meminta Jimmy sebagai pengacaranya. Namun, Ms Kettleman menyarakan suaminya untuk memilih HHM karena Firma Hukum ini cukup terkenal dan punya kantor yang jelas.

Kasus kedua adalah masalah Nacho dan mijo yang ternyata adalah gang dari Tuco salamanca. Bagi fans Breaking bad, pasti tahu siapa itu Tuco salamanca. Saat ini, baik saul, kepolisian di New Mexico belum tahu apa bisnis dari Tuco. Sayangnya sampai akhir cerita, kasus ini belum tuntas, terutama permasalahan dengan Nacho. Nacho adalah anak buah tuco salamanca. Seperti kita tahu, tuco tewas di session 2 Breaking bad, namun Nacho tidak pernah hadir di Breaking bad. Artinya sutradara sengaja menyimpan nacho untuk session kedua.

Kasus ketiga adalah kasus fraud atau penipuan yang dilakukan oleh pihak Pantai jompo kepada penghuni rumah jompo. Penghuni rumah jombo dikenai biaya yang tidak wajar sehingga Jimmy merasa bahwa mereka dirugikan. atas ulah pengelola pantai jompo sandpiper. Kasus ini juga belum selesai bahkan masih berkembang.

Sepertinya session 1 mengambil waktu timeline 6 tahun sebelum breaking bad agar penulis cerita bisa menjaga plot jika pihak TV ingin membuat sessi 2. ternyata benar, 3 masalah di session satu tidak ada yang tuntas.  Bagi yang tidak pernah menonton breaking bad, semua terasa mengambang, namun bagi para fans breaking bad, mereka tentu sangat menikmati jalan cerita Better cal saul. Hal hal menarik bagi fans breakin bad bukan hanya asal muasal Saul yang ternyata punya nama asli Jimmy McGill, namun juga awal pertemuan Saul dengan  Mike Ehrmantraut, Pembantu saul serta anak buah dari Gustavo fring, bandar narkoba kelas kakap yang sangat rapih dalam menyembunyikan operasinya.  Kita bisa tahu awal siapa sebenarnya Mike, mengapa di Breaking bad mike begitu sayang dengan cucunya.


Saya justru berpikir bahwa Better call saul lebih tepat disebut Saul and Mike history. Mengapa ? karena pada kenyataannya, dua tokoh ini mempunyai peran dan porsi yang cukup besar di better cal saul.

Secara penilaian, saya memberi point 7/10 dari Better call saul. Mengapa? Karena 3 alasan diatas. semua cerita inti di sessi  1 tidak ada yang tnntas, semua dibuat mengambang dan dijadikan pondasi untuk sessi berikutnya. Pada awalnya, saya berharap Nacho tewas terbunuh, atau Kettleman di rampok oleh nachos, tuco salamanca bertransaksi narkoba dan sejenisnya.  Film ini cocok bagi pencinta film hukum dan Serial breaking bad, namun bagi yang tidak mengikuti breaking bad, film ini terasa boring dan tidak mengena. Semoga reviewnya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)