Review Jurassic World (2015)

Jurassic World adalah film keempat dari francise Jurassic Park. Film ini menceritakan tentang kesuksesan taman Dinosaurus di pulau Isla Numbar yang sudah direncanakan sejak 20 tahun yang lalu oleh Jhon Hammond. Jurassic World sudah buka sejak 10 tahun yang lalu, namun pengunjung terus berkurang dan biaya pengelolaan taman terus membengkak. Agar Perusahaan InGen bisa mendapat keuntungan, mereka berusaha membuat dinosaurus baru di Lab dengan tagline " lebih banyak gigi, lebih besar dan lebih buas".

Sinopsis

Permasalahannya, DNA dari dinosaurus yang didapat dari fosil sebenarnya tidak sempurna, maka agar mereka tetap membuat dinosaurus, mereka mencampurkan Gen dari reptil modern untuk menutup kekurangan di DNA dinosaurus. Pada akhirnya, mereka sukses membuat dinosaurus baru dengna kombinasi beberapa dinosaurus yang lebih besar dari TRex dan lebih pintar dari Veloceraraptor. Mereka menamainya dengan Indominus Rex.

Penanggung jawab dari program ini adalah Claire Dearing yang diperankan oleh Bryce Dallas Howard serta ahli Veloceraptor Owen Gray yang diperankan oleh Cris Pratt. Dua bintang muda yang memerankan keponakan Claire adalah Nick Robinson memerankan Zach  Mitchel dan Ty Simpskin memerankan Grey Mitchel. Pada saat bersamaan keponakan dari Claire datang ke taman dan berharap claire bisa menemani mereka berkeliling keseluruh taman dinosaurus yang ada. Sayangnya, Claire sibuk dan keponakannya itu diserahkan ke assistennya.

Pada saat bersamaaan,Indominus Rex ini lepas dari kandangnya dan membahayakan para pengunjunga taman, bagaimana caranya mereka menghentikan Dinosaurus yang lebih ganas dari TRex? silahkan tonton sendiri.

Apakah Filmnya Bagus?

Film ini dibuat persis 20 tahun sejak kejadian di Jurassic Park pertama yang tayang tahun 1993. Film ini sangat mengandalkan efek CGI, walaupun efeknya sangat bersih dan realistik, tapi efek praktis yang digunakan di Jurassic park pertama jauh realistis. Dilihat dari alur cerita, Jurassic World seakan akan mengulang cerita 3 film sebelumnya dan dibuat dalam film baru dan mengganti TRex dengan Indominus Rex.

Secara efek, film ini sangat bagus, bahkan setelah film selesai, para penonton tepuk tangan yang artinya puaslah dengen filmnya. Namun dari sisi cerita, saya agak kecewa. Bagian kecewa ini akan saya bahas di Spoiler review. Bagi yang punya anak dibawah 10 tahun, film ini cukup seram karena banyak adegan darah di film ini. Adegan yang paling seram adalah saat Rex memakan penjaga taman,saya yakin klo anak kecil yang nonton akan ketakutan.

Jika saya rating, film ini saya beri point 7/10. Klo saya bandingkan dengan 3 film sebelumnya, saya urutkan berdasarkan yang paling jelek ke yang paling bagus adalah sebagai berikut :Jurassic Park 2, (1997),Jurassic World (2015), Jurassic Park 3 (2001) dan Jurassic park  Original (1993). Film jurassic park yang tayang 20 tahun lalu tetap jauh lebih bagus bahkan kalau ditonton saat ini sekalipun.

Trailer



Review Spoiler

Film ini diawali dengan kepergian kakak adik yang akan bertamasya ke jurassic word. Mereka adalah keponakan dari Claire. Saat mereka sampai sana, claire justru sedang sibuk meyakinkan investor dan bosnya bahwa dinosaurus yang baru akan lebih buas, cerdas dan lebih besar dari Trex. Dua keponakan dari Claire di titipkan ke assistennya.

Karena merasa tidak bebas dan terus diawasi, mereka berdua lepas dari pengawasan assisten. Mereka pergi sesuka hati dan bermain di berbagai taman yang ada. Pada saat yang bersamaan, Indominus Rex lepas dari kandang. Tim keamanan taman berusaha melacak Dino ini dan berusaha menangkapnya hidup hidup. Owen gray yang ahli dibidang dinosaurus bilang bahwa Rex harus dibunuh, bukan hanya dilumpuhkan.

Owen melihat sendiri bagaimana cerdasnya Rex. Rex bisa menurunkan suhu tubuh sehingga tidak terdeteksi radar panas, mendeteksi mangsa (termasuk manusia) dari panasnya (mirip ular) dan mampu beradaptasi dengan lingkungan seperti Bunglon. Selain itu, Rex juga mempunyai Gen Veloceraptor sehingga Dino ini benar benar Hybrid.

Jika diringkas, Menonton Jurassic World sama dengan menonton Trilogi Jurassic Park dengan perbedaan di sisi teknologi dan pelakunya saja. mari kita analisa satu persatu.

Si adik yang ahli Dinosaurus

Seperti difilm pertamanya, Grey mitchel, adik dari Zack sangat tertarik dengan dunia dinosaurus. Dia sangat terobsesi dengan dinosaurus, sedangkan si kakak tipikal Ignorant, bodo amat dengan Dinosaurus, si kakak matanya terus jelalatan cari cewek. Klo di film pertamanya, si kakak perempuan memang dumb as hell dalam masalah dinosaurus namun mengerti dunia IT.

Dimakan setelah Rex Keluar kandang

Di film pertamanya, supir dari kakak beradik lari meninggalkan mereka berdua di mobil dan sembunyi di toilet. Tapi akhirnya termakan juga, di film ini, sang penjaga kandang Rex lari dari kandang dan sembunyi di belakang mobil, namun akhirnya termakan juga. Perbedaanya, proses dimakannya di film pertama ga keliatan, tapi klo di film ini, penjaga tamannya bener bener keliatan dimakan Rex dengan darah muncrat dimana mana.

Dikejar Rex


Di jurassic Park (1993), dua bersaudara terparangkap dalam mobil otomatis dan sang kakak panik lalu dia berusaha menghidupkan lampu senter yang membuat TRex berusaha memakan mereka. Di film ini, dua bersaudara menggunakan kendaraan Bola kaca modern yang bergerak otomatis. Mereka hendak dimakan Rex saat clair menelpon Zack. 

Memburu Rex

Adegan ini mirip dengan film Jurassic park 2. Saat itu, InGen memburu Trex dengan pasukan lengkap, namun akhirnya justru mereka yang diburu TRex. Di film ini, para pemburu berusaha menangkap Rex hidup hidup karena Rex adalah aset yang sangat mahal. Sudah ketebak kan? Mereka dibantai habis oleh Rex.

Di serang Pteranodon

Masih ingat adegan sarang burung di Jurassic Park 3. Yah , adegan ini muncul lagi, setelah kandang burung Pteranodon menyerang taman dan membawa para pengunjung. Jika anda menonton jurassic park 3, ada adegan dimana anak kecil dibawa Oleh pteranodon. Film ini juga tidak jauh berbeda, namun pteranodon ini jauh lebih banyak.

Trex Vs Rex

Di film ketiga, Trex Ceratosaurus berkelahi dengan Trex dan TRex kalah terbunuh. Di film ini, Trex melewan Rex, dibantu oleh veloceraptor, mereka akhirnya sukses mengalahkan Rex. Sukses mereka juga karena bantuan mosasaurus yang memakan Rex, Dinosaurus yang hidup di air, Jika anda lihat trailernya Buaya Raksasa yang memakan ikan hiu, itulah Mosasaurus.

Ending TRex

Film ini diakhiri dengan penyelamatan para pengunjung taman dan TRex kembali Mengaum persis seperti film pertamanya.

Adegan yang menarik

Walaupun banyak adegan yang sama dengan adegan di film sebelumnya, namun masih banyak adegan fresh dan menarik disini. Semua adegan yang ada veloceraptor sangat menarik untuk ditonton. Dari adegan bagaimana owen melatih Veloceraptor, adegan perburuan Rex, adegan perkelahian terakhir juga sangat menarik. Veloceraptor di film ini diposisikan seperti anjing yang bisa dijadikan teman saat berburu. 

Adegan kedua adalah adegan saat indominus Rex keluar dari kandang, Wow, keren banget apalagi pas penjaga gandang dimakan hidup hidup. Adegan dari Rex yang lain adalah saat diburu oleh InGen, dia berkamuflase seperti bunglon. 

Adegan terakhir yang cukup asik di tonton adalah saat burung pteradonodon menyerang manusia dan tentara berbalik menembaki petranodon. Cool !

What the Hell moment!

Walaupun secara umum film ini tidak terlalu mengecewakan, namun kekurangan paling nampak dari film ini ada pada dua tokoh kakak adik Zack dan Grey Mitchel. Mereka berdua tidak menampakan kesan takut dan kurang terasa rasa takutnya. Berikut ini adalah adegannya:

Saat mereka di kejar Indominus Rex yang lebih ganas, lebih besar dan lebih buas dari Trex, setelah mereka loncat dari air terjun, mereka masih sempat santai dan ketawa. What the hell? Jangankan dikejar dino, Saya dikejar anjing atau dikejar harimau aja sepertinya bisa Trauma seumur hidup, ini dikejar Monster masih santai. Kalau saja jadi sutradaranya, saya suruh ulang 100x adegan ini agar terasa real. Coba bandingkan adegan ini dengan jurassic park pertama. Kakak adik di film pertama benar benar menghayati perannya. Expresi takutnya tidak dibuat buat.

Adegan lain adalah saat kendaraan bola ini mau dimakan oleh Rex, Coba lihat trailernya dan melihat expresi wajah mereka. Bayangkan, Meraka sudah dimulut Rex dan si kakak ini sempat sempatnya mau angkat HP dari clair. What the hell? Saya klo dalam posisi itu klo tidak pingsan ya udah kencing di celana.

Yang ketiga adalah kejadian di adegan akhir. Saat claire mengeluarkan Trex dari kandang, jaraknya sangat dekat dengan TRex, hanya beberapa meter. Jika ini kenyataan, baru lari beberapa meter dah dimakan tuh cewek sama TRex.

OK, cukup sampai sini reviewnya. Terlepas dari berbagai kelemahan, film cukup menghiburlah dibanding film lain. Semoga review ini bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)