Review Terminator Genisys (2015)


Terminator Genisys adalah francise kelima dari seri terminator. Film ini berkisah tentang usaha para robot menghancurkan manusia. Bagi yang belum pernah menonton, karena ini adalah film kelima saya akan cerita secera sekilas awal dari Terminator.

Terminator (1984)

Film pertama serial terminator berkisah Robot T-800 dari masa depan (tahun 2029) berusaha membunuh sarah Connor. Untuk mencegah pembunuhan tersebut, Kyle reese di kirim oleh John Connor untuk  menghentikan robot T-800. John connor sendiri adalah anak dari Sarrah Connor. Di film pertama ini, T-800 Sukses dihancurkan dan Kyle reese terbunuh. Namun sebelum terbunuh, Kyle rise berhubungan dengan Sarah connor dan membuatnya hamil. Anak dari Sarah Connor ini diberi nama John Connor, bukan John Reese. Dari sini kita bisa tahu bahwa John connor sengaja mengirim Kyle Reese agar dirinya Exist di masa depan.

Timeline Versi 1984:

2029 - Perang dimasa depan memaksa mesin kembali masa lalu, membunuh ibu John connor
1984 - T-800 Kembali kemasa lalu dan menari Sarah Connor, Kyle Reese berusaha melindungi Sarah 1985 - 1992 Cyberdyne meneliti Chip T-800 dan akan diterapkan disystem militer (paradox)
1997  Skynet ciptaan Cyberdyne Active

Terminator :The Judgement Day (1992)

Setelah sukses menghancurkan T-800, Sarah connor dimasukan ke rumah sakit jiwa karena cerita tentang robot dari masa depan sangat tidak masuk akal bagi para dokter. Saat itu, John Connor sudah berumur 9 dan menjadi anak yang nakal. Pada saat bersamaan munculah T-800 yang mencari John Connor. Merasa terancam, Jhon berusaha melarikan diri, namun ternyata T-800 adalah robot yang dikirim untuk melindungi John Connor dari Machine lain yang lebih canggih T-1000. 

Tugas dari T-800 adalah menyelamatkan John Connor, namun John tidak ingin diselamatkan sendirian, dia berusaha menyelamatkan ibunya yang dianggap gila di rumah sakit. Setelah sukses menyelamatkan ibunya, T-800 memberi tahu Sarah dan John bahwa asal muasal  Terminator adalah perusahaan Cyberdine yang mengembangkan teknologi dari sisa robot terminator di tahun 1984 (paradox). Mereka mempelajari sirkuit di T-800 dan berusaha mengimplementasikan teknologi iku ke tknologi militer. 

Sarah connor berhasil membujuk  Ahli komputer cyberdine untuk menghancurkan semua penelitiannya yang berhubungan dengan Terminator. Gedung Cyberdyne berhasil dihancurkan dan Sarrah connor akhirnya berhasil mencegah kelahiran Terminator yang seharusnya rilis di tahun 1997. 

Timeline 
1984 - Sarah bertemu Kyle Reese yang berasal dari masa depan
1985 - John Connor lahir
1985- 1992 Sarah di menjadi pesakitan di Rumah sakit
1992  T-800 Good robot dikirim dari masa depan (sekitar tahun 2030) untuk melindungai john kecil             T-1000
1992 Cyberdine berhasil di hancurkan 
1997  Dunia aman, tidak ada skynet. Masa depan belum pasti 

Terminator Rise of The Machine (2003)

Terminator ketiga berkisah tentang usaha pembunuhan John Connor dan anak buahnya disaat mereka masih muda. Robot yang dikirim adalah T-x (Terminatrix). T-X disebut juga dengan terminator terminator. Belajar dari kegagalan robot sebelumnya, Terminator di masa depan mengirim robot yang bukan hanya kuat, namun secara khusus di desain untuk membunuh terminator yang lain. 

Lagi lagi T-800 kembali muncul dan berusaha menyelamatkan John Connor dan Kate Brewster yang merupakan teman SMP dari John Connor sekaligus Istrinya dimasa depan. T-800 sendiri dikirim oleh Kate Brewter untuk melindungi john connor dan dirinya saat muda. 

Di film ini, Ternyata T-X punya tugas lain, tugasnya adalah memastikan aktifnya Skynet yang merupakan proyek percobaan departemen pertahanan amerika terutama program otomatisasi system dan robotika. 

T-X suskes di hancurkan, namun Machine sudah bangkit. Ternyata walaupun cyberdyne sukses dihancurkan di Terminator 2, bukan berarti Terminator lenyap. Skynet hanya tertunda saja keluncurannya.  

Timeline
pre 2004 -Sama dengan Alur Terminator 2: Jugdgement day
1992-2004 Cyberdine secara rahasia terus mengembangkan system skynet
2004  T-X di kirim dari masa depan untuk membunuh John Connor dan para pembantunya saat masih          muda
2004 , Skynet Active, Jhon dan Kate Brewster  selamat dari Ledakan Nuklir  

Terminator Salvation (2009)

Terminator kali ini sudah berada di masa depan (tahun 2018). Di era ini, Perlawanan manusia terhadap mesin terus berlanjut. Sampai tahun tersebut, Robot terminator masih berbentuk robot kaku dan bodoh. Robot terminator ini juga berusaha mengumpulkan manusia sebagai bahan percobaan. 

Ternyata dalam sebuah upaya penyergapan, John Connor yang sekarang berstatus sebagai prajurit melihat sendiri Skynet merancang robot T-800. T-800 sendiri adalah robot yang  dikirimkan skynet ke tahun 1984. 

John Connor sadar bahwa ini adalah awal dari perang yang sebenarnya. Salah satu rencana Jhon Connor adalah menghancurkan pabrik Robot Skynet bersama Kyle Reese. Saat itu Kyle Reese masih berumur 15 tahun. John tahu bahwa kyle resee adalah bapaknya namun tidak pernah memberi tahu kyle rise tentang hal ini. 

Di era ini, Skynet tidak lagi mengirimkan Robot khusus untuk membunuh John Connor. Namun di tahun 2003, pada awal program skynet, ada salah satu penjahat bernama marcus yang mendonasikan tubuhnya untuk proyek penelitian. Proyek ini menggabungkan manusia dengan mesin. 

Marcus tersadar di tahun 2018 dan tidak sadar bahwa dirinya adalah kombinasi robot dan Manusia. Pada kenyataannya, Marcus adalah robot mata mata yang didesain oleh skynet untuk menyusup kedalam pertahanan pejuang bahkan tanpa marcus sadari. 

Marcus yang masih punya rasa kemanusiaan dan masih punya kesadaran sebagai manusia berusaha membrontak dan menghancurkan Skynet. Sayangnya, T-800 yang merupakan kombinasi manusia dan machine sudah sempurna diciptakan.  Marcus selamat saat menghancurkan salah satu markas skynet namun John Connor terluka diwajah dan mengalami pendarahan jantung. Marcus meminta John untuk mengakhiri hidupnya dan mendonorkan jantungnya ke John Connor. Ini adalah titik mula Jhon Connor sadar bahwa robot Hybrid pun masih punya rasa kemanusiaan. 

Di akhir cerita, salah satu markas skynet memang sukses dihancurkan, namun Para jenderal pasukan pembrontak pun berhasil dihancurkan oleh Skynet. Dari sinilah awal John Connor di angkat sbagai pemimpin para pembrontak. 

Timeline
Pre 2018 Merupakan kelanjutan dari Timeline Rise of Machine 
2018 -Marcus robot penyusup aktif
         -Kyle rise ditemukan dan masih remaja
         -John Connor masih prajurit, belum menjadi Pemimpin pembrontak, di akhir cerita dia akhirnya           menjadi pemimpin pembrontak 
         -Kate istri John Connor Hamil
         -Tahun dimana T-800 aktif , saat itu robot tercerdas masih T-600. 
         - John mengalami Luka wajah karena tergores tangan  T-800

Terminator Genisys

Di tahun 2029, John Connor dan tangan kanannya, Kyle Rise terus melakukan perlawanan dan berhasil menghancurkan markas besar dari syknet. Sayangnya, Skynet mempunyai sistem Fail over. Jika sistem inti skynet berhasil ditembus, maka secara otomatis Skynet akan mengirimkan Robot ke masa lalu untuk membunuh Ibu John Connor di tahun 1984.  Jika kita perhatikan, Kejadiannya akhirnya berulang ke terminator 1. Benar ga? 

Ternyata tidak demikian, banyak kejadian yang berubah dari timeline dan memuat baik masa lalu dan masa depan menjadi hal yang tidak pasti. Terminator Genisys menggunakan timeline baru yang justru menjadikan John Connor sebagai musuh utama di Genisys. Cerita panjang lebar dengan Spoiler akan saya tuliskan dibagian spoiler. 

Secara pribadi, film Genisys ini boleh dibilang Soft reboot mirip dengan Startrek. Film Genisys menjadikan awal Trilogi baru terminator. Yang patut disayangkan adalah John Connor sebagai musuh utama Di Terminator membuat marah para fans. Pertanyaannya ? benarkah John Connor di trailer adalah john Connor yang mengirim kyle rise ke masa lalu? Atau robot yang bisa berubah bentuk seperti T-1000 atau T-X? 

Disinilah menariknya, Penulis cerita secara halus dan detail merubah timeline dan membuat film ini menarik untuk di tonton. Walaupun Review banyak yang bilang bahwa Genisys adalah film jelek, namun secara pribadi film ini adalah film bagus dan tidak terduga.  Hal yang saya suka justru ketika ada adegan yang serupa namun tidak sama akhirnya. Misalkan saat Kyle reese dikejar polisi saat pertama kali datang ke masa lalu atau saat T-800 bertemu dengan anak Punk, Walaupun mungkin anda hafal dengan adegan ini, namun endingnya tetap berbeda dan menarik.

Bagi saya, film ini jauh lebih bagus dari perkiraan saya sebelumnya. Apalagi timeline berubah total dari cerita original Terminator. Jika diurutkan, film ini menempati posisi kedua setelah terminator (1994). Alur ceritanya bagus, fresh dan alur perjalanan waktu yang sangat menarik. Bagian perjalanan waktu bagi saya menarik karena film tentang perjalanan waktu adalah salah satu film favorit saya. Efek di film ini jelas lebih bagus dibanding trailernya karena trailer itu gambarnya masih setengah matang. Contohnya wajah Arlond di trailer terlihat efek komputer, namun saat nonton di filmnya, wajah Arnold muda sangat realistis.

Timeline dari Genesys akan saya tulis dibagian spoiler. 



Review Spoiler 

Film ini di mulai di masa depan. John Connor sukses menghancurkan markas Skynet dan ralaman tentang mesin waktu menjadi kenyataan. Ternyata Skynet punya triger jika pasukan pembrontak berhasil masuk ke dalam kedalam pusat skynet, secara otomatis Terminator akan di kirim ke masa lalu untuk membunuh Sarah Connor, ibu dari John Connor. Dari awal cerita ini sebenarnya seluruh cerita Terminator dari terminator I sampai VI sudah selesai dan sudah masuk satu lingkaran waktu.

Setelah tahu bahwa terminator di kirim ke tahun 1984 ketika ibu John connor masih muda, maka John connor mengirim Kyle Reese yang sebenarnya ayahnya sendiri. Saat Kyle memulai perjalanan mesin waktu, dia melihat John connor di bekap oleh salah satu tentara yang ternyata adalah robot skynet yang menyusup ke pasukan pembrontak.

Kyle rise tiba di tahun 1984 dan persis di film pertamanya, dia mengambil celana gelandangan dan dikejar polisi. Tapi apa yang terjadi, polisi yang mengejar dia adalah T-1000, terminator yang bisa berubah bentuk. Di tahun 2019 sendiri, jenis terminator ini belum pernah di lihat oleh Kyle. Saat di berlari menghindari T-1000, tiba tiba muncul truck yang di kendarai oleh perempuan muda . "Come with if you wanna Life! Now Solider!".

Pengemudi truck itu adalah Sarah connor. Kyle rise bingung bukan kepalang, bagaimana mungkin sarah connor yang katanya lemah dan hanya pelayan rumah makan bisa menghadapi terminator. Herannya lagi, dia tahu bahwa dirinya akan datang, bukannya Kyle yang menyelamatkan Sarah, tapi justru sebaliknya.

Sesaat sebelumnya,Sarah connor dan T-800 (Arnold) baru saja menghadang T-800 yang dikirim dari tahun 2029, Terminator inilah yang harusnya menjadi lawan kyle. Terminator ini berhasil di bunuh oleh Robot T-800 Arnold tua dan berhasil dilumpuhkan oleh Sarah Connor dengan tembakan tepat adi prosesor (jantung) Robot T-800 Muda. Dari sini timeline sudah berubah.

Kyle Rise heran bagaimana mungkin T-800 justru membantu manusia melawan robot terminator jahat. Sarah bercerita bahwa 10 tahun sebelumnya (1994), Dia ditolong oleh T-800 yang dikirim dari masa depan saat orang tuanya dibantai oleh terminator. Sejak saat itulah Sarah dilatih oleh T-800 Arnold untuk mempersiapkan diri akan kedatangan Terminator T-800 di tahun 1984.

Setelah sukses menghancurkan T-1000 dan T-800 Arnold Muda, mereka berencana menuju tahun 1997 untuk menghancurkan awal kebangkitan skynet. Kyle rise lebih heran lagi bagaimana mungkin di tahun 1984 mereka bisa membuat mesin waktu. Ternyata T-800 Arnold yang dikirimdari masa depan sudah dibekali ilmu untuk membuat mesin waktu. Kyle rise mencegah Sarah pergi ke tahun 1997 dan memintanya pergi ke tahun 2017 karena menurutnya, jika masa lalu berubah, maka masa depan juga berubah.  Dia meyakinkan Sarah dengan mengucapkan kalimat yang hanya sarah yang tahu.

Akhirnya mereka tiba tiba di tahun 2017.  di Tahun tersebut ada perusahaan IT yang sangat maju dan menguasai sistem operasi Gadget dan Internet Of Thing bernama Genesys. Genesys akan meluncurkan OS terbarunya yang tinggal hitungan jam diluncurkan. Genisys ini merupakan perusahaan yang didirikan oleh anak dri Ahli komputer di Terminator 2 :Judgement day.

Walaupun di tahun 2017 Skynet belum lahir, mereka menduga bahwa Genisys inilah Skynet. Skynet bekerja mirip backdor. Program jahat yang bersembunyi do program yang tiap hari dipakai oleh pengguna gadget dan peralatan komputasi. Saat mereka masih berdiskusi di rumah sakit dengan pengawasan FBI, tiba tiba muncullah John Connor dari tahun 2019.

John Connor memberi tahu Sarah bahwa dia selalu ingat pesan ibunya untuk "Survive" bagaimanapun caranya. Saat  John Connor berusaha membawa Kyle rise dan Sarah melarikan diri dari rumah sakit, John Connor bilang "Dad" ke kyle rise. Sontak saja kyle rise kaget dan baru tahu bahwa dirinya di kirim  kemasa lalu agar bisa bertemu sarah connor dan memastikan john connor exist. Permasalahannya, Sarah tidak pernah memberi tahu hal tersebut.

Pada saat bersamaan, T-800 dari 1984 (Arnold tua) datang dan langsung menembak John Connor. Pada awalnya Sarah dan kyle rise menyalahkan T-800, tapi ternyata John connor kembali berdiri dan kembali normal seperti biasa. Ternyata John Connor adalah t-3000, Terminator hybrid mirip dengan Marcus di Terminator 4, hanya saja, T-3000 merupakan  integrasi manusia dan nanobot.

Nah, ternyata John Connor di utus oleh T-5000 ke tahun 2017 untuk memastikan bahwa Skynet exist. John Connor yang dianggap sebagai penyelamat manusia justru menjadi ancaman bagi manusia di tahun 2017. Jalan cerita selanjutnya mudah ditebak. Tim Kyle rise, Sarah dan T-800 berusaha menghentikan T-3000 John Connor dan menghancurkan Perusahaan Genisys.

Jujur saja, film ini sangat komplek dari sisi timeline. Walaupun alur ceritanya bagus, yang patut disayangkan adalah kenyataan bahwa Movie TRAILER kedua dari Genesys menunjukan BIG SPOILER bahwa John Connor adalah musuh utama di Genisys.

Timeline Geneysys

1974   T-1000 di kirim untuk membunuh sarah saat masih berumur 10 tahun, T800 dikirim untuk                   menyelamatkan Sarah (Masa depan pengiriman tidak diketahui, kemungkinan Sarah sendiri di             tahun 2017 dan skynet di tahun 2017 mengirim T-1000 ke 1974 )
1984   Kyle rise dan T-800 Arnold jahat dikirim untuk membunuh Sarah dan pada saat bersamaan 
           T-000 dikirim untuk membunuh Kyle reese
1992 John Connor tidak ada , tidak ada kejadian di Terminator 2 
1997 Dunia aman sejahtera, tidak ada Skynet
2003 Kejadian di Rise of machine hilang dari timeline
2017  Sarah, T-800 tua, Kyle rise melakukan perjalanan waktu ke thun ini .
          Genesys adalah produk ciptaan anak dari Cyberdine (OS mobile dan Internet of Thing)
          John Connor dari tahun 2029 Di kirim skynet ke tahun 2017 untuk memastikan aktifnya skynet
2018  Kejadian Terminator Salvation tidak ada karena john connor tidak terlahir kedunia. 
2029 Kyle rise di kirim John Connor ke tahun 1984, John Connor di jadikan T-3000 oleh Skynet


Post credit scene
Di akhir cerita, ternyata core dari Skynet masih aktif dibawah reruntuhan. Ini menandakan bahwa Skynet tidak benar benar hancur. Pihak studio sudah menyatakan bahwa Genisys adalah awal ari trilogi terminator baru. Terminator Genisys 2 akan tayang tahun 2017 dan Genisys 3 akan tayang tahun 2019. Film ini sebenarnya sudah menyelesaikan tugasnya dan menjawab semua pertanyaan apa yang terjadi ditahun 2019 setelah Kyle rise di kirim.

Masih ada beberapa misteri yang sengaja disimpan oleh pihak studio. Pertama, siapa yang mengirim t-800 ke tahun 1974 saat sarah connor masih berumur 10 tahun. Siapa pula yang mengirim robot T-1000 ke tahun 1974 untuk membunuh sarah.  Kapan, siapa dan dari timeline mana robot itu dikirim?
Namun melihat Timeline di akhir cerita, saya menduga bahwa Sarah connor di tahun 2017 lah yang mengirim T-800 ke tahun 1974. Saya menduga seperti ini, Genesys berhasil eksis dan berusaha membunuh Sarah di tahun 1974. Sarah yang sekarang ada di tahun 2017 tahu bahwa genesyslah yang berusaha membunuhnya di tahun 1974, maka dia bersama kyle rise berusaha membangun mesin waktu dan mengirim T-800 ke  tahun tersebut. Agar pengiriman robot tidak merusak timeline, dia menghancurkan semua informasi pengirim t-800 namun menyampaikan informasi bahwa di tahun 1984 akan ada robot yang datang dan kembali membunuh sarah.

Intinya, film ini sangat komplek dari sisi timeline namun tetap menarik untuk ditonton. Secara ringkas film ini merupakan cerita ulang dari Terminator 1-4 dengan gaya baru,alur baru dan tokoh baru. Dengan bergabungnya John Connor dengan skynet, maka cerita Original dari terminator sudah habis. Sekarnag tokoh utama adalah Sarah connor dan Kyle rise. Bukan John Connor

4 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)