Gambaran Seorang Introvert menurut Orang introvert

Introvert sering dianggap orang yang pemalu, jarang bergaul, orangnya pendiam dan anti sosial. Pandangan seperti itu bisa berarti benar namun lebih banyak salahnya :) . Saya sendiri seorang introvert yang lebih asik dengan apa yang ada di kepala saya dibanding dengan berbicara dengan arah ga jelas (baca :Gosip).
introvert jarang bicara /tidak suka perkara basa basi dan small talk, chit chat atau ngobrol ngalor ngidul ga jelas   

berikut ini adalah gambaran seorang introvert yang benar, disampaikan oleh introvert, artikel ini terinspirasi dari pertanyaan yang sama diquora yang dijawab oleh Eris Bolt dimana saya sebagai seorang introvert menganggap bahwa pandangannya 99% sama dengan saya.


  1. Introvert tidak suka dengan small talk,chit chat, ngegosip atau kongkow kongkow ngomong ngalor ngidul ga jelas. Karena bagi introvert hal tersebut bukan perkara yang mengasikan, justru perkara tersebut adalah hal yang membosankan. 
  2. Introvert bukan tidak mau bicara atau ngobrol, introvert justru bisa ngobrol panjang lebar TAPI khusus untuk perkara yang menurut dia menarik. Misalkan introvert ini suka dengan komputer,maka saat anda mengajak dialog tentang komputer, dia bisa cerita panjang lebar, namun kalau diajak ngomong cewe atau politik mungkin bentar aja dah kabur dia. 
  3. Introvert suka keheningan dan suasana sunyi, biasanya introvert seperti ini adalah kutu buku, atau suka dengan hal hal yang berbau analitis.
  4. Introvert jarang ngobrol bukan berarti sedang marah, bosan atau sedih, kadang introvert sedang sibuk dikepalanya memikirkan hal hal yang menarik bagi dia, mungkin  berencana keperpustakaan, mengatur anggaran atau masih kepikiran soal matematika yang belum ketemu jawabannya. 
  5. Kadang introvert tidak suka berbicara karena takut ucapannya menyakiti orang lain. 
  6. Introvert suka kesendirian, namun tidak merasa kesepian karena banyak hal yang menghiburnya misalkan buku yang sedang dibaca, sedang main game ataupun sedang menganalisa masalah atau kadang sekedar menikmati keheningan. 
  7. Introvert justru merasa kesepian ketika dia berada dikeramaian dimana orang orang yang datang dan mengajaknya berbeda hobi/pola pikir. Misalkan nih, kutu buku diajak dugem atau datang ke pesta musik, bagi yang lain mungkin asik, bagi dia itu terasa sepi karena itu bukan habitat dia , dalam bahasa keren " I am not belong here". 
  8. Seorang introvert bukan ga punya teman, justru (sebagian) introvert punya banyak teman yang sehobi, misalkan sama sama hobi baca buku, jadi saat bertemu dua duanya sibuk sendiri sendiri baca buku masing masing. 
  9.  Sebagian introvert "takut" ketemu orang atau berpapasan dengan orang dijalan bukan benci dengan orang itu atau malu, cuma kadang tidak suka basa basi diajak chit chat "dari mana kamu kemana, tadi ngapain".
  10. Introvert biasanya lebih nyaman sendiri dibanding di keramaian. 

Jadi disini, Introvert bukan berarti anti sosial ya. Intinya itu. Introvert juga bergaul, kadang juga banyak bicara kalau topiknya menarik. namun yang paling pas INTROVERT tidak suka chit chat dan Small talk karena prinsip " Manusia punya dua telinga dan satu mulut itu agar kita lebih banyak Mendengar dari pada berbicara".




1 komentar:

  1. bagus" artikelnya dan bro pengen share fb tapi ga ada tombol sharenya via mobile

    BalasHapus

Jangan lupa Komentar ya :)