Mengenal Lembaga dan Departemen Amerika Serikat di Film Hollywood



Bagi yang suka nonton film Hollywood pasti sering dengan Lembaga The Fed, FBI, CIA, IRS, NSA dan berbagai macam lembaga resmi lainnya yang sering muncul di film film Amerika. Sebenarnya Apa sih tugas lembaga tersebut? Mari kita tengok satu persatu 


CIA Central Intelligence Agency 
CIA bisa disamakan dengan BIN di Indonesia. Perbedaannya, CIA beroperasi fokus di Luar negeri Amerika. Operasi yang dilakukan adalah operasi Intelejen, Memata matai negara lain atau tugas tertentu yang bermanfaat untuk kepentingan Amerika. Secara teori CIA tidak bisa melakukan penangkapan / Penahanan di luar negeri karena itu diluar wilayah hukum US, namun beberapa kasus yang sempat merebak menunjukan CIA punya agen yang bisa melakukan " Pembersihan" atau Penghilangan seseorang. Karena ini operasi Intelejen, sangat sulit menentukan kebenarannya karena STANDAR dari operasi Intelejent adalah " Membantah"  dan "Menolak Mengakui" Jika Agen lapangannya tertangkap atau terbunuh. 

DEA (Drug Enforcement Administration )
Singkatnya adalah Badan Narkotika Nasionalnya Amerika. Tugasnya sama dengan BNN di Indonesia. Biasanya muncul di film film yang berhubungan dengan Kartel Narkoba Mexico atau peredaran narkoba. 

FBI  Federal Bureau Of Investigation
Adalah Lembaga Federal (pemerintah pusat) yang bertugas melakukan investigasi kasus atau masalah yang mengancam Negara Amerika, terutama dari dalam negeri. Masalah yang berhubungan dengan kejahatan lintas Negara bagian, Kartel Narkoba, Terorisme dan masalah besar lainnya. Biasanya FBI mengambil kasus besar di Kepolisian Negara bagian karena kepolisian dianggap tidak mampu.

IRS (Internal Revenue Service)
Singkatnya Dirjen Pajak Amerika. Sering muncul di film film tentang Pajak dan penggelapan pajak atau kasus kasus pencucian uang yang berhubungan dengan transaksi ilegal.

LAPD (Los Angeles Police Departemen)
 Sama dengan NYPD, hanya saja untuk kota Los Angeles. 

NSA (National Security Agency )
Agen Keamanan Nasional adalah lembaga yang bertugas mencari, mengumpulkan, memonitor, memfilter sumber sumber data dari luar negeri utnuk operasi Intelejen. Fokus dari NSA adalah mengumpulkan data yang mana data ini dipakai oleh Lembaga lain seperti FBI atau CIA.  Salahsatu kegiatan dari NSA adalah menyadap telepon, trafik jaringan internet ataupun memonitor Camera pengawas di seluruh Amerika.


NASA (National Aeronautics and Space Administration) 
Badan Antariksa Amerika, merupakan badan yang fokus pada penelitian seputar explorasi angkasa luar (seperti proyek ke Mars, Peluncuran satelit dan sebagainya). Sangat sering muncul di film film science fiction. 


NYPD New york Police Departemen
Departemen kepolisian Kota Newyork, kalao di indonesia mirip dengan Kantor kepolisian di tingkat Kota atau Propinsi (semacam Resor atau Kantor Polda).  Sangat sering muncul di film film yang berhukuman dengan Kejahatan bersenjata. 

Sampai sini dulu, kapan kapan disambung


1 komentar:

Jangan lupa Komentar ya :)