Bingung dengan cerita dan mimpi bertingkat di Inception, cek aja gambar dibawah ini, sumber gambar cinemablend.com. (SPOILER ALERT!!!, jangan baca penjelasan Inception ini, jika anda belum nonton filmnya)

Moga aja, dengan melihat poster diatas, memahamkan kamu kamu yang bingun waktu nonton.

Penjelasan Inception

if you want to read it in english, klik here

Di Post sebelumnya, saya sudah membahas tentang panduan menonton film ini, jika anda hanya ingin melihat info tentang film ini, silahkan baca artikel tersebut . Artikel ini menjelaskan plot dan spoiler film, jika anda tidak ingin terganggu dalam menikmati film ini, jangan membaca review ini.


Plot


Film ini mengisahkan tentang seorang yang mampu mengambil idea lewat mimpi yang bernama cobb. Cobb adalah buronan yang dituduh membunuh istrinya sendiri sehingga dia tidak bisa kembali ke amerika (dimana anak nya tinggal). Untuk kembali ke Amerika dan melepaskan semua tuduhan pembunuhan istrinya, Cobb harus menyelesaikan pekerjaan terakhirnya, Alih alih mencuri ide/rahasia. dia disuruh menanamkan ide kedalam target. Ini adalah inti ceritanya, menanamkan ide sendiri disebut dengan INCEPTION.

Effect

Effect film ini tidak sangat menakjubkan, mata anda akan dimanjakan dengan dunia mimpi yang membuat anda berdecak kagum. (jika anda bermimpi, apapun bisa terjadi bukan?). Contoh efeknya dalah perkelahian di Hotel dimana hotel ini kehilangan gravitasi.

Effek yang lain seperti ketika Ariadne sang arsitek mengubah kota dalam mimpi Cobb dengan menekuk kota dan jalan yang ada didalamnya (lihat trailler atau posternya)

Jalannya cerita (Heavy spoiller)

Cobb dan timnya diberi tugas oleh saito, seorang pengusaha besar jepang yang ingin meruntuhkan perusahaan lawannya dengan cara menanamkan ide kepada anak dari pengusaha tersebut. Idenya cukup simple  "hancurkan perusahaan ayahnya sendiri".

Untuk menanamkan ide ini, Cobb merekrut Ariedne (Ellen page) sebagai arsitek mimpi, Arthur untuk melakukan penilitan target dan beberapa orang lainnya mempunyai tugas yang berbeda (lihat filmnya sendiri).

Rencanaya mimpi akan berjalan lancar dan untuk berjaga jaga, mereka merancang mimpi dengan 3 tingkat. Dalam dunia mimpi waktu akan terasa makin lambat, waktu 5 menit  didunia nyata sama dengan 1 jam di dunia mimpi di level pertama dan 1 minggu di level selanjutnya.

untuk menset agar target bisa dimasuki mimpinya, mereka pura-pura menjadi penumpang pesawat yang juga ditumpangi target, dari sinilah cerita mulai seru.

Ternyata mimpi yang semula dikira berjalan lancar, terjadi banyak hal yang tidak terduga, dari munculnya kereta di jalan raya, dan para penjaga  dari target yang menyerang tim, yang akhirnya memaksa mereka untuk masuk ke dunia mimpi level dua (mimpi di dalam mimpi) dan mimpi kedua ini  pun rencana belum berhasil akhirnya mereka masuk kedunia mimpi level ketiga.

ketika Target hampir saja berhasil ditanamkan ke dalam object, ternyata object terbunuh di level ketiga. Dalam film ini, jika seorang yang sedang bermimpi sangat lelap dan dia terbunuh di mimpi, dia tidak aka bangun kedunia nyata, namun masuk kealam bawah sadar yang lebih dalam yaitu limbo.

Cerita terus berjalan (makanya nonton sendiri) yang akhirnya ide berhasil ditanamkan, namun Cobb sendiri terlembar ke limbo dan berlum bisa kembali karena saito juga mati didunia mimpi (saito adalah orang yang menyuruh menanamkan ide  kedalam target) yang memaksa Cobb untuk mencari Saito di limbo.

Ending

Ending cerita, saito berhasil diselamatkan dari limbo. Cobb kembali berada di pesawat bersama tim, dia berhasil masuk ke amerika dan pergi menuju rumahnya. Sampai dirumah, dia memutar totemnya untuk memastikan bahwa ini adalah real (jika totem tidak berhenti berputar artinya dia msih bermimpi), pada saat yang sama, pandagan Cobb dialihkan ke anak anaknya yang ingin sekali dia temui,  sebelum tahu apakah totem berhenti berputar atau tidak . Layar Blank dan muncul credit film.

Pertanyaannya? Apakah Cobb masih bermimpi? atau Apakah dia benar benar sudah bertemu anaknya? Silahkan di jawab sendiri. Akhir yang membuat penasaran kan?

Inception Movie Review

Panduan nonton Inception Movie

Cara mengatasi masalah secara efektif

Stress, siapa yang tidak pernah mengalaminya? dari siswa sekolah yang gagal lulus, mahasiswa yang tidak kelar kelar skripsinya, para sarjana baru mencari kerja, para pekerja yang pekerjaannya overloaad dan semua tipe pekerjaan yang di kejar deadline atau target. Stress melanda siapa saja, bahkan para boss yang punya banyak duit sampai koruptor yang dikejar kejar KPK juga saya yakin stress.  Tidak ketinggalan para artis yang terkena gosip miring juga stress dan si penulis juga sedang stress, makanya muncullah tulisan ini, karena menulis sendiri adalah cara mengurangi stress.

Ada berbagai cara mengurangi stress, berikut ini adalah cara mengurangi stress resep dari candra sendiri yang umumnya manjur, minimal stress terkurangi.

1. Mendekatkan diri pada Allah

Ya, ini adalah langkah pertama ketika stress, kepada siapa lagi kita meminta pertolongan dan kepada siapa lagi kita menyampaikan keluh kesah kita selain kepada Dzat yang meberi kehidupan. Berwudhu, zikir, baca quran atau sholat adalah cara menghilangkan stress yang paling ampuh  tentunya kita juga berdoa agar masalah yang kita hadapi bisa cepat terselesaikan dan jangan cepat putus asa. "Karena sesudah kesulitan pasti ada kemudahan".

2. Curhat/Ngobrol dengan orang terdekat

Curhat alias ngobrol merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stress, apalagi jika urusannya bersifat pribadi, ya tentunya teman curhat dan ngobrol juga pilih pilih lah, jangan curhat masalah pribadi ma orang yang "EMBER". Walaupun curhat tidak selalu menyelesaikan masalah, tapi minimal dada kita akan terasa longgar ya walaupun kadang yang dicurhatin cuman bilang :"sabar!", atau "ehm...ehmm" atau malah dia lagi dengerin lagu pake Ipod *kalo yang terakhir artinya dia males dengeran curhat loe*.

3. Tanyakan pada Ahlinya

Jika curhat umumnya hanya melonggarkan beban di kepala, tapi umumnya curhat tidak menyelesaikan masalah, agar masalah selesai, coba tanya pada Ahlinya, jika masalah agama, tanyakan permasalahan yang dihadapi kepada ustad, jika masalah skripsi yang tidak tuntas2, jangan takut minta masukan dosen pembimbing atau temen yang dirasa mampu. Untuk bidang yang lain, silahkan disesuaikan pada ahlinya masing  masing.

4. Istirahat, olahraga dan makan yang seimbang

Jika 3 solusi diatas  mempertimbangkan masalah psikis, maka solusi keempat ini solusi bagi fisik kita. Cek lagi berapa jam anda tidur dalam sehari,  berapa kali dalam seminggu kita olah raga dan kira kira makan kita teratur ga?*ceritanya lagi jadi dokter gizi*. Jika penyebabnya masalah diatas, coba buatlah jadwal makan, istirahat dan olahraga agar hidup lebih teratur.

5. Mencari hiburan/Berlibur

Berlibur, ini solusi yang tepat bagi anda yang selalu sibuk bekerja, apalagi yang sering lembur sampai tanggal merah aja masuk kerja, sekali kali lah
ke tempat dugem   jalan jalan ke taman, pantai atau ke tempat yang sedikit hiruk pikuknya. Jangan lupa, ajak teman untuk berlibur, biar ga diciduk satpol PP atau petugas wisata karena dikira gila :P.

6. Menulis

Menulis, ini adalah solusi yang cukup ampuh bagi saya, menuliskan tentang permasalahan kita kedalam buku harian atau blog bisa menjadi obat stress yang manjur, jika permasalahnnay komplek , pake saja program
freemind.sourceforge.net/ untuk memetakan masalah anda, sehingga isi otak lebih terstruktur, dengan cara ini kadang inti permasalahan dan penyebab masalah akan terlihat.

semoga stress cepat teratasi setelah membaca tulisan ini.

Cara Mengurangi Stress


edan adalah kota terbesar di sumatra, kota ini boleh dibilang 'jakarta' nya sumatra. Banyak hal yang membuat berkesan disini minimal tampak lah bedanya dengan jogjakarta dimana saya tinggal. Apa saja sih yang berkesan atau minimal mencolok lah dibanding jogjakarta tentunya

1. Tempat Ibadah
Jika di jogjakarta kita dikelilingi oleh masjid dari yang besar sampai yang kecil, dan jumlah gereja yang bisa dihitung dengan jari, di medan, jumlah Gereja dan masjid hampir imbang, bahkan di beberapa tempat, lebih mudah menemukan gereja ketimbang masjid. cuman bedanya disini kayaknya masjidnya besar besar dan hampir semuanya memakai kubah besar dan menara adzan.

2. Makanan

Nah, ini yang paling mencolok, disini bagi yang muslim harus pilih pilih makanan, kalo ga, bisa bisa makan daging babi deh :P, mending cara paling mudah, cari masakan padang atau cari makanan yang lauknya telor atau ikan. Satu lagi tentang makanan, katanya makanan dimedan mahal mahal, kenyataannay tidak tuh, dengan 5000 perak kita bisa kenyang, lauknya ayam atau ikan lele. Nah loh....siapa yang bilang disini mahal? bedanya lagi, disni penjualnya ga nyembunyiin air putih agar orang pada pesan es teh atau es jeyuk, tapi air putih langsung tersedia di meja, nah enak kan. Tapi kalo mau aman, tanya aja dulu kalo mau makan, ketimbang malu terus kaget and shock kalo ternyata harganya mahal.

3. Transportasi

Transportasi dimedan cukup padet, mirip banget jakarta, cuman disini ga ada bis kota, adanya angkot, tapi anehnya angkot2 kecil itu ditulis "BUS KoTA" dibadan angkotnya. bisa dibilang angkot disini mirip kota bandung. kalo mau bayar cukup 2000 ampe 3000 perak. nah yang aneh (terutama bagi orang jawa) disini kalo orang bilang sepeda motor itu KERETA, kalo mobil, baru disebut MOTOR, itu sih kata bang syahrial siregar yang asli batak. makanya kalo mau main ke tempat calon mertua ditanya kalo kerja naik apa? bilang aja naik motor :P. (1 kata beda makna gan!)

disini ga ada becak yang pengemudinya dibelakang, kebanyakan pengemudinya disamping, pake motor, ada juga sih yang masih pake sepeda,(kasian juga liatnya) . cape banget kayaknya

4. Etnik

Medan mirip banget jogja deh kalo dari sisi komposisi penduduk, disini bener bener multi etnik, dari batak, melayu, jawa dan cina ditambah etnik lain yang tidak terhitung, dari sisi bahasa, kebanyakan penduduknya pake bahasa indonesia campur batak, plus kalo orang tionghoa ngomongnya campuran mandarin indo lah...pokoknya bahasa disini mirip banget gado gado dah.

5. kegiatan perekonomian

Perekonomian lebih banyak didominasi oleh perkantoran, industri/pabrik dan perdagangan, kontras banget ma jogja yang isinya cuman mahasiswa, di medan, mahasiswa tidak terlalu banyak, disini lebih banyak orang merantau untuk kerja ketimbang belajar.

itu sih yang ane tau, kalo ada yang asli medan, mohon di koreksi kalo salah, maklum, beru beberap hari di medan. satu lagi yang unik, kata orang batak, panggilan cowo itu (a)bang, kalo panggilan mas itu untuk penjual kaki lima dsb yang kebanyakan orang jawa . tapi kalo dijawa, panggilan abang itu cocok banget buat pedagang kaki lima.

yang terasa kurang disini, ga ada warung burjo..:(, ga bisa pesan "A.., mie goreng satu ga pake telor ya!". rindu kali aq dengan burjo jogja.

Kesan pertama di Medan