Elysium poster

Elysium adalah film yang berlatar tahun 2154M. Saat itu digambarkan bumi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah dan populasi yang sangat padat sehingga kemiskinan, kejahatan dan lingkungan kumuh tidak terhindarkan. 

Para orang kaya di masa itu sudah tidak tinggal lagi di bumi, namun tinggal di Elysium. Semacam wahana antariksa raksasa yang dihuni oleh orang orang kaya. Untuk mempertahankan Elysium dan status borjuis maka siapapun yang berusaha pindah kesana tanpa ijin, maka pesawatnya akan ditembak dan akan dihancurkan. 


Setting 
Elysium mengambil topik tentang berbedaan kelas antara sikaya dan simiskin, layanan kesehatan yang mahal dan Imigrasi. Si sutradara sendiri ketika di wawancarai bilang bahwa walaupun film itu berlatar pada abad 22, kondisi itu sudah terjadi sekarang, terutama di amerika.


Thema Cerita
1. Imigrasi 
Banyak warga amerika latin yang ingin menyebrang ke US untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik justru berakhir tragis. Di deportasi, di tembak atau di jadikan budak. Seandainya bisa masukpun akan menjadi warga kelas tiga seperti menjadi pegawai rendahan dan pembantu rumah tangga.

2. Kesehatan
Sekarang ini, dimanapun, fasilitas kesehatan sangat mahal terutama untuk penyakit kronis dan berat seperti kanker, sakit jantung, gagal ginjal dan sebagainya. Efeknya? hanya orang kaya yang bisa menikmati fasilitas tersebut. Elysium juga menggambarkan kondisi tersebut. Para penghuniya bisa hidup sehat dan bisa menghambat penuaan, sementara penduduk bumi hidup miskin,sakit sakitan dan layananan kesehatan sangat terbatas. 

3. Kelas sosial
Ini yang paling nampak. bagaimana sikap angkuh dan somboh para penguasa dan orang orang kaya di film ini digambarkan. Misalkan tidak mau dekat dekat dengan pekerja, pekerja disuruh menutup mulutnya dengan tangan kalau mau berbicara dengan atasan karena mulutnya bau dan sebagainya. Faktor keselamatan kerja yang terbatas dan buruknya tunjangan kesehatan untuk para pekerja.

Tiga hal diatas digambarkan secara sangat baik di elysium. Untuk efeknya tidak perlu saya bahas, dah pasti jos,namun efek saja tidaklahc cukup untuk membuat sebuah film berkualitas, ada faktor yang paling penting yaitu jalannya cerita. 

Jalannya cerita 
Max adalah seorang pekerja di pabrik robot. Sebelum bekerja disana, dia terkenal sebagai pencuri dengan spesialisasi pencurian mobil. Dia sudah bertobat dan tidak mau mengulangi pencurian lagi dan ingin mejadi orang baik baik. 

Sayangnya, pada saat dia bekerja, dia mengalami kecelakaan, dia terkena paparan radiasi yang merusak organ dalam tubuhnya. Dia hanya bisa betahan selama 5 hari. Sebenarnya Cara mengobati agar efek radiasi itu hilang sudah tersedia di Elysium yang diperuntukan untuk orang orang kaya. 

Nah, si Max berusaha bagaimana caranya dia menuju elysium dengan bantuan gembong penjahat di kota itu. Caranya? dengan mengambil data dari bosnya di pabrik sehingga dia terdata sebagai warga elysium, Setelah dia berhasil mengambil data dari mantan bosnya, ternyata dia justru menghadapi konflik yang lebih besar, diburu oleh agen Elysium dan berusaha dibunuh. Ternyata data yang dia curi dari mantan bosnya merupakan data yang sangat penting bagi keberlangsungan elysium itu sendiri. Kira kira bagaimana kelanjutannya? Dibintangi oleh Matt Dammon, Jodie foster dan disutradarai oleh sutradara yang sama yang meracik District 9 , maka anda akan menemukan film yang perfect untuk menggambarkan kesenjangan sosial di masa sekarang dengan balutan masa depan. 

Elysium

Bongkar Habis SMS dan Website Penipuan Disini

Sms sebagai media komunikasi murah ternyata bukan hanya dipakai untuk kebaikan, namun juga dipakai oleh niat jahat oleh sebagian orang. Salah satu niat jahat itu adalah dengan mengirim sms penipuan dengan berbagai macma formatnya. Artikel ini berisi  ciri ciri sms penipuan dan cara bertindak yang benar, semoga artikel ini bermanfaat.






Modus penipuan 

modus minta pulsa 
modus ini sering disebut "mama minta pulsa" karena memang variasi sms penipuan ini seringnya bilang mama. Ciri cirinya, si 'mama' pura pura sedang ada masalah biasanya ngakunya di kantor polisi nah terus dia minta dikirimin pulsa ke nomor tertentu. Agar lebih valid, biasanya dia bilang dia sms pake nomor teman atau siapalah. 
contohnya :
mama minta pulsa 50rb, kirim ke xxxxxxxxxxx. mama ada urusan di kantor polisi, mama make hp org lain. thx


Sebenarnya, cara ini paling gampang deteksinya, kita bisa tahu cara ibu kita sms dan gaya penulisannya. Apalagi kita juga bisa telpon ke nomor ibu kita untuk mastiin. Namun yang dicari penipu adalah "mode panik" karena secara psykologis, jika ibu kita kena apa apa kita tidak berpikir panjang, apalagi bagi anak yang patuh sama ibu. 



Saya sering di sms gini, tapi ya jelas saya cuekin lah ibu saya ga punya nomor hp dan ga tau cara pakai HP kok sekarang tiba tiba ngakunya sedang di kantor polisi dan minta kirimin pulsa. Keliatan banget penipuannya. namun  saya sarankan tetap lapor ke operator atau ke polisi, karena anda hanya salah satu korban dari (mungkin) ratusan atau ribuan korban. Jika yang tertipu 100 orang dan masing masing ngirim 10000, maka si penipu sudah dapat 1 juta. bayaning kalau yang tertipu 1000 orang? atau 10 ribu orang?.


Modus dapat hadiah.
Yang paling sering adalah modus hadiah dari telkomsel Poin. Contoh pesan SMSnya seperti ini

- "Plgn YTH Selamat setelah diundi Telkomsel kemarin, simCARD Anda mendapatkan hadiah Rp 75 juta (belum dipotong pajak). Pin Anda 276C353. Untuk info lebih lanjut klik www.undiantelkomsel57.webs.com."
Jangan langsung percaya dengan sms yang masuk. Untuk menganalisa Lakukan hal hal berikut:

  1. Jangan langsung percaya, jangan kaget liat dapat hadiah. Orang indonesia memang paling suka dapat hadiah, hal psikologis seperti ini yang bikin penipuan masih terus ada. ingat, JANGAN LANGSUNG PERCAYA.
  2. Jika anda punya anak/teman yang paham masalah teknologi/IT/komputer/HP, tanyakan kepada mereka tentang SMS yang anda dapat. 
  3. Apakah anda ikut kusi/undian? jika tidak, ga mungkin anda dapat hadiah
  4. Cek si pengirim SMS, jika nomornya seperti 0813xxxxxxx, sudah pasti itu penipuan. Nomor resmi Telkomsel atau operator lain menggunakan 3-5 digit pendek. 
  5. Liat alamat wesitenya. Para penipu memakai website GRATISAN untuk menjebak korban. setiap website penipu biasanya di host di namawebpenipu.webs.com seperti contoh diatas, atau namawebpenipu.wordpress.com, namawebpenipu.blogspot.com dan sebagainya. Perusahaan besar punya nama website resmi, misal telkomsel.com. Ga mungkin website gratisan.
  6. Jika anda masih ragu, silahkan hubungi service center telkomsel.
  7. Jika anda menghubungi nomor yang ditunjuk oleh SMS atau mereka menghubungi anda, tanyakan saja  Siapa nama kita. Mereka pasti bingung. Nama kita sudah ada di database pelanggan Telkomsel atau operator, jadi jika mereka tidak tahu siapa nama kita dah pasti itu penipuan. Operator yang memberi promo ke pelanggan lewat telpon aja langsung bisa menyapa "ini dengan bapak candra?" dan sejenisnya. Mereka ga tau nama anda? laporkan ke polisi.


Nomor akses Call Center Telkomsel :


a.  Melalui KartuHALO : 133

b.  Melalui kartu simPATI dan Kartu AS :

  • 155 untuk layanan informasi pelanggan 24 jam (GRATIS)
  • 188 untuk layanan Contact Center 24 jam (Berbayar)


Modus Kirim /Transfer ATM
Ini memanfaatkan kondisi dimana si penerima SMS sering melakukan transsaksi lewat ATM. hal ini sering kita lakukan saat kita mau transfer ke teman, keluarga atau rekan bisnis contoh SMSnya seperti dibawah ini:

Uangnya dikirim saja kenomor rekening ini: 153-0396-548, Bank BCA a/n DADANG ARSETO

Kondisi ini sering terjadi saat kita ingin mentranfer uang kok tiba tiba ada sms masuk seperti diatas. Anda mungkin mengira itu teman anda, jangan ditanggapi SMS seperti itu, sangat berbahaya, mending anda telepon nomor teman anda langsung, apakah benar tadi dia minta transfer ke nomor rekening tertentu. HARUS TELEPON, JANGAN SMS. TAPI TELPONLAH KE NOMOR TEMAN ANDA YANG ADA DI KONTAK HP, BUKAN NO TELPON YANG BARUSAN SMS. jangan pelit pulsa untuk masalah duit kek gini.  Kalau ga yakin, temui teman anda agar lebih yakin. SMS penipuan ini jauh jauh lebih berbahaya daripada sms mama minta pulsa. 

Tindakan lebih lanjut  

1. Laporkan ke polisi.
Minimal, polisi sudah punya data nomor HP si penipu, jika di daerah lain ada penipuan sejenis, ini akan mempermudah polisi  melacak kasus.
2. Laporkan ke operator 

TELKOMSEL

Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan lalu kirim ke 1166

Contoh : penipuan#081212455xxx#Selamat Anda memenangkan hadiah senilai 50 juta dari Mie Plankton... Lalu kirim ke 1166

XL

Anda tinggal men-forward pesan penipuan dan kirim ke 588


INDOSAT

Laporkan penipuan ke galeri Indosat atau layanan konsumen.


3.Ingatkan teman/keluarga anda.
Jika anda tidak ingin teman dan keluarga anda jadi korban, ingatkan mereka. Selain itu, didik keluarga kita agar lebih melek teknologi seperti tentang SMS, ATM dan cara mendeteksi website penipu alias website palsu. 

4. Tulis di Website,blog  atau koran

Tulis pengalaman anda tentang sms penipuan di rubrik pembaca koran atau di blog. Semakin banyak tulisan yang berisi hal seperti ini, makin mudah dan makin mencerahkan bagi masyarakat untuk mengenal ciri ciri penipuan dan artinya anda juga ikut mencegah kejahatan dan mencerdaskan kehidupan bangsa secara tidak langsung. 


Ciri Ciri SMS Penipuan dan Cara Bertindak Yang benar

Apa bayangan anda tentang film action jepang? Yakuza, Samurai dan Ninja. 3 hal itulah yang menjadi bumbu utama film Wolverine. Efeknya, anda tidak akan merasa bahwa ini adalah film super hero marvel. 

Film ini mengisahkan perjalanan Wolverine yang sekarang menyendiri di hutan di Amerika. Suatu hari wolverine di datangi wanita jepang yang jago samurai bernama Yukio, Ia meminta Wolverine untuk bertemu dengan yashida yang diselamatkannya pada saat amerika melakukan pengeboman di Nagasaki. 

Saat Wolverine sampai di jepang, Yashida dalam kondisi sakit keras dan ingin bertemu dengan woverine untuk 'memberi' kemampuan wolverine yang tidak bisa menua sehingga wolverine bisa hidup normal, menjadi tua dan mati. . Tujuan dari Yashida tentunya agar dia bisa sembuh secara otomatis seperti Wolverine dan kembali muda

Waktu di film ini ada pada masa Setelah X-Man:The last Stand. Jadi Wolverine merasa hidup sudah tidak berarti dan dia ingin menjadi manusia normal pada umumnya. Sayangnya Wolverine tidak mengabulkan permintaan dari Yashida.Tidak lama kemudian, Yashida meninggal dan pada saat pemakamannya, para Yakuza jepang berusaha menculik dan membunuh cucu dari yashida yang menurut surat wasiat akan diberi seluruh harta warisan dari Yashida. 

Pertanyaanya? Siapa dibalik Yakuza ini? Nah terus samurai dan ninjanya dimana? Nah ini baru awal dari cerita Wolverine. Di Film ini, jalan cerita terlihat cukup realistis, bahkan hanya ada 3 mutan di Wolverine yaitu Wolverine, Viper dan Yukio. Sekedar spoiler kecil, Wolverine mengalami luka tembak namun tidak seperti biasaya, luka tidak sembuh, dia sadar bahwa kemampuan sembuh otomatisnya sudah hilang, Apa penyebabnya? Tonton sendiri.

Disisi lain, apakah memang musuhnya hanya Yakuza? Bagaimana dengan Viper dan yang lebih penting adalah Siapa sih sebenarnya musuh besar di balik semua ini? Wah anda tidak akan menyangka yang jelas justru musuh utamanya bukan seorang Mutan. Dari semua film X-Man, ini adalah film terbaik,  lebih baik dari film Wolverine yang pertama dan jauh lebih baik dari 3 film X-Man sebelumnya.

Ending credit
Seperti pada film film marvel yang lain seperti spiderman atau IronMan, Wolverine juga memberikan "cuplikan" di ending kredit. Dalam ending kreditnya muncul Magneto dan Profesor Xavier yang mengatakan bahwa dunia mutan dalam bahaya. Cuplikan ini sebenarnya lebih tepat disebut 'teaser trailler" untuk film X-Man: The Future Past" yang akan tayang tahun depan. Pokoknya jangan keluar saat film berakhir.


Wolverine 2013

Apa jadinya kalau robot tinggi gedung pencakar langit bertarungoleh   melawan robot? Pasific Rim jadinya. Pasific Rim berkisah tentang Pertarungan antara Monster yang muncul dari dasar samudra pasific dengan robot yang dibuat oleh manusia?  Film ini mirip banget dengan film anak anak ultraman, bedanya yang melawan monster itu robot dan tentunya Monsternya benar benar serem, apalagi kalau nonton di bioskop 3D. 

Hal yang paling menarik dari film ini justru ada pada cerita si pengendali robot raksasa yang disebut dengan jager. Robot itu dikendalikan oleh dua orang, bukan satu orang. Loh kenapa? Robot dikendalikan langsung lewat pikiran, nah jika hanya mengendalikan robot menggunakan satu pilot, maka otak pilot akan mengalami kerusakan (pendarahan lewat hidung) mengingat kompleknya sistem robot yang ada. Oleh karena itu setiap jager harus dikendalikan oleh dua orang sehingga beban kerja terbagi dua. 

Yang menarik dari film ini adalah efeknya luar biasa cool, apalagi di tonton dengan kacamata 3D, monsternya berasa ada didepan mata. Adegan perkelahiannya pun sangat realistis plus jalan cerita yang berliku selama lebih dari 2 jam. Yang menarik, film ini tidak terjebak hanya mengandalkan efek, film ini juga diimbangi dengan jalan cerita yang bagus. 

Pertanyaannya, Mengapa monster raksasa itu muncul dari dasar laut? Apa tujuan mereka? Nah, hal inilah yang di expose dalam film. Ingat, film yang bagus itu dilihat dari jalan ceirita, bukan dari efek Filmnya. Film ini layak dapat 4 bintang. 

Pacific Rim (2013)

Belanda terkenal sebagai bangsa penjajah yang bercokol di tanah air selama berabad abad. Sejak saya masih SD, kita di cekoki dengan hafalan bahwa belanda menjajah selama 350 tahun atau sekitar 6 generasi. Jadi indonesia dijajah sejak Kakeknya kita punya kakek dan kakeknya kakek punya kakek. Nah lama banget kan? 

Tapi Gambaran realnya gimana sih belanda menjajah indonesia? kalau mau baca baca buku sejarah, awalnya belanda datang hanya untuk berdagang, namun lama lama, mereka makin rakus dalam berdagang dengan cara monopoli perdagangan. Selanjutnya belanda mengadu domba dua kerajaan dan kemudian jika salah satunya kalah, tinggal yang menang diserang. Teknik ini disebut dengan politik adu domba.

Selama berabad abad belanda menguasa indonesia dan banyak pembrontakan dilakukan oleh para pahwalan pergerakan nasional yang intinya mereka tidak suka dengan belanda. Namun Perang tidak terjadi tiap hari. Dalam kehidupan sehari hari dimasa penjajahan, tetap saja ada orang jualan, orang boleh bepergian dan masyarakat hidup bertani. Yang paling nampak kurang adalah masalah pendidikan. 

Pendidikan baru diberikan belanda di awal abad 19 dalam politik balas budi. Intinya, para anak bangsawan boleh berpendidikan tinggi bahkan sampai negeri belanda. Organisasi dan surat kabar pun sudah ada sejak jaman belanda. Nah kalau diperhatikan, penjajahan itu tidak setiap hari perang. bahkan pencipta Lagu WR supratman pun dulu menjadi seorang wartaman di masa belanda. Ada juga penyair chairil anwar. pergerakan islam dan seperti Serikat dagang islam juga bisa berdiri. 


Belanda di satu sisi menjajah indonesia dengan cara mengeruk kekayaan alam indonesia dan dikirim kekerajaan belanda sana. namun disisi lain, pemerintah kolonial belanda pun melakukan pembangunan di indonesia. Yuk kita tengok satu satu

Pembangunan gedung dan Infrastruktur 
kantor  pos besar Yogyakarta


gedung
Coba perhatikan bangun Tua khas belanda hampir ada disetiap kota besar di indonesia. dari benteng yang sekarang menjadi wisata museum, sampai kantor pos. Kantor Pos Jogja sendiri, yang sekarang menjadi ikon kota jogja itu juga dibangun belanda kan? Kanal air dan bendungan serta jembatan belanda masih banyak yang berdiri kokoh. Bahkan istana negara juga dibangun di era belanda masih berkuasa.  Contoh lain adalah pasar tanah abang. Pasar ini juga dibangun oleh salah satu gubernur jendral di masa kolonial belanda. 

Jalan dan rel kereta Api
Yang paling nampak dari pembangunan jalan kereta Api dan jalan pantura atau dulu disebut jalan Deandles. Belanda mampu membangun 1000km jalan hanya dalam waktu satu tahun tentunya dengan kerja paksa. Nah disinilah ada ribuan orang indonesia yang mati. 

2. Undang undang (KUHP)
Taukah anda, bahwa kitab undang undang hukum pidana yang dipakai hingga sampa saat inipun kita masih peninggalan belanda loh. Nah ini adalah warisan belanda yang justru masih terus dipakai. Artinya apa? Artinya ketika belanda berkuasa di indonesiapun, para maling dan pembunuh juga akan diadili dan dihukum entah dihukum mati dan atau di penjara. 



3. Lainnya

Pembangunan lain yang dilakukan belanda adalah kebun kelapa sawit dan sumur sumur minyak, itu semua dibangun oleh belanda. Nah saat merdeka itulah baru di nasionalisasi. Hal lain yang cukup unik adalah adanya orang jawa di amerika latin. tepatnya di suriname. Ceritanya waktu itu belanda membuka "lowongan" pekerjaan untuk kebun pertanian. Nah para pancari kerja yang notabenenya orang indonesia ini dibawa menggunakan kapal laut, dan mereka ditempatkan di suriname. Nah saat  mereka disana, mereka sudah tidak tahu lagi itu daerah mana dan mereka tidak bisa kembali karena tidak ahu jalan pulang. Nah akhirnya mereka malah  menjadi salah satu etnis di negeri sana. Dari sini kan belanda tidak menjadikan budak, cuman jadi pekerja yang tidak kembali ke indonesia.


Hal lain yang paling nampak di agama islam adalah gelar Haji. Nah jika kita perhatikan di negara lain, sangat jarang orang berhaji digelari Haji. Cuman di indonesia kale. Ceritanya, dulu belanda keawalahan mengatur orang yang mau pergi haji. Dulu naik kapal, nah agar orang yang haji tidak berangkat dua kali, maka setiap yang pulang diberi gelar haji yang intinya sebagai penanda bahwa orang tersebut sudah pernah berhaji dan memberi kesempatan bagi yang lain untuk berhaji.

Contoh lainya adalah masalah jabatan bupati atau karisidenan, jabatannya tetap dipegang oleh tokoh masyarakat atau bangsawan dikala itu. Cuman mereka harus laporannya kebelanda. Nah dari sini kan penjajahan belanda selama 350 tahun itu tampak tidak seseram yang dikira.  


Kapan belanda menerima indonesia sebagai negara merdeka?
mengapa belanda masih datang ke indonesia dengan membonjeng sekutu dan melakukan agresi militer di indonesia? karena mereka tidak pernah mengakui proklamasi presiden sukarno, mereka mengakui kemerdekaan indonesia di meja bundar tahun 1949. Disinipun belanda menyatakan "memberi kemerdekaan" kepada indonesia, bukan "Mengakui kemerdekaan " Indonesia. Ini fakta sejarah loh. Bahkan sampai sekarang pemerintahan belanda tidak mengakui kalau indonesia merdeka tanggal 17 agustus. Ga percaya? coba baca artikel http://id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_Meja_Bundar. Disini belanda "menyerah terimakan" kekuasaannya ke pada pemerintah indonesia. Itu kenyataanya bro!.

Mungkin sebagian pembaca pada heran? Nah nih  blog ga nasionalis banget ya? seakan akan membela belanda? jangan salah sangka gitu dong, saya hanya ingin menjelaskan apa adanya dan memang realitasnya seperti itu. Belanda ya tetap salah menjajah indonesia, cuman kan saya melihat dari sisi yang lain karena saya termasuk orang yang realistis dan suka pada kebenaran yang apa adanya. Coba bagaimana cerita dibuku buku dan sekolah sekolah disampaikan oleh para guru sejarah? Belanda seakan akan menyiksa pedih rakyat indonesia selama 350 tahun bro! nah kalo belanda seperti itu indonesia ga bakal pernah ada bro, wong para pelopor proklamasi dan pemerintahan awal di indonesia aja pada sekolahnya di belanda kok. 

Tujuan utama tulisan ini melihat fakta secara utuh, sehingga kita lebih jelas melihat kondisi diera penjajahan dalam format yang lebih real, bukan hanya format heroik tentang kepahlawanan Pejuang indonesia. akhirnya hanya satu kata yang bisa saya sampaikan .MERDEKA!

Gambaran Nyata Penjajahan belanda


hari ini tanggal 14 agustus adalah hari pramuka. 10 tahun yang lalu, saya masih aktif di gerakan ini. Ada banyak manfaat yang bisa diambil. Manfaat yang paling terasa adalah Kedisplinan dan kebersamaan. Namun entah mengapa, saya melihat gerakan pramuka hanya bersifat formalitas seperti kegiatan baris berbaris, upacara, menghafal lagu, atau membahas pancasila secara teoritis.


Sebenarnya kegiatan yang bersifat skill juga banyak, misal tali temali(ini yang saya suka) perkemahan(belajar mandiri) dan uji nyali (waduh, saya ga tau ini artinya apa, tapi maksudnya melatih keberanian). dulu uji nyali . bagian dari kegiatan perkemahan, setiap peserta disuruh jalan sendiri pada malam hari (untuk cowok) dan berdua (untuk cewek) dan harus melewati beberapa pos . Di masing2 pos, mereka harus melakukan tugas tertentu. Menarik banget sebenarnya, namun saya sendiri melihat masih banyak hal yang perlu di kembangkan terutama masalah skill.

Oleh karena itu berikut ini adalah saran dan kritik untuk gerakan pramuka, terutama gerakan pramuka penegak di SMA/SMK.

Meningkatkan disiplin semi militer

wah pasti banyak yang ga setuju. Saya malah setuju banget, kenapa? semi militer membuat siswa disiplin, berani, bertanggung jawab dan meningkatkan rasa kebersamaan yang akhirnya memupus rasa egois. Sekarang sepertinya gerakan pramuka terlalu mplempem deh. 

Dulu, setiap telat datang, harus push up puluhan kali, kakak kelas saya malah lebih serem lagi, kadang dipukul sama kakaknya lagi. Dari sini ketahuan siapa yang mental tempe dan pemberani. relevansinya adalah bela negara. Dengar dengar UU bela negara sedang di godok, jadi sudah saatnya  pramuka (terutama penegak) siap secara fisik dan mental.

Latihan bela diri
Lah apa hubungannya? ya gni deh, dipramuka itu kan kegiatan lapangannya kalau ga upacara, baris berbaris ya acara api unggun dan nyanyi nyanyi. Nah coba deh di sisipkan latihan bela diri , saya yakin tidak terlalu memberatkan mengingat disipilin dan latihan fisik adalah makanan pramuka.

Meningkatkan skill Praktis.
Kemampuan skill yang lain harusnya disisipkan misalkan Pramuka, misal cara memakai teknologi informasi (karena sekarang jaman IT),  membangun kebun dan peternakan dan sejenisnya. Intinya ada skill nyata setelah mengikuti kegiatan pramuka.

Terlibat secara aktif di Masyarakat
Nah yang ini sekarang nampak banget pas arus mudik dan balik. Polisi dan pramuka bergerak mengatur lalu lintas di jalan raya. Nah pas liat para pramuka itu rasanya seneng banget. Kegiatan lain juga seharusnya pramuka melibatkan diri, misalkan acara gotong royong membuat jalan, membangun rumah, membantu korban bencana alam dan sebagainya. Makin dekat ke masyarakat, makin bermanfaat gerakan ini bagi para anggotaanya.

Menghindari pacaran 
Nah ini  yang susah dihilangkan. baik antara anggota ataupun antara senior junior, kenapa? ya karena mereka masih muda. harusnya ada aturan, barang siapa berpacaran, maka akan diberikan sangsi yang berat. Walaupun ini sulit,  minmal acara pacaran dan pacaran terselubung ini jangan ada di kegiatan resmi kepramukaan.

Terlalu "menyembah" merah putih.
Saya dulu masih ingat, kalau dasi merah putih itu ga boleh di jadikan alas, tidak boleh menyentuh tanah, tidak boleh jadi ikat kepala dan harus di hormati melebihi menghormati guru dan orang tua:P. Dari sisi islam, ini juga ga bagus, cenderung kesyirik. Intinya bendera diletakan pada tempatnya gitu aja deh, di Amerika aja bendera jadi celana dalam. Tidak perlu di agung agungkan segitunya. 

Yup, demikian saja, intinya kalau pramuka ingin maju perbanyak deh skill dan tindakan nyata di masyarakat, jangan cuman acara baris berbaris dan hafalan tri satya dan dasa dharma doang!.


Kritik Saran untuk Pramuka