Bunga Besar di Balik Kredit Tanpa Agunan

Salah satu hal yang menjadi andalan dari para marketing Bank yang mencari mangsa ( Orang yang butuh pinjaman duit besar) adalah dengan Iming iming syarat mudah dan Bunga ringan bahkan kalau di brosurnya sangat kecil, dibawah 1 Persen.

Kenyataannya brosur yang diserahkan kepada anda dengan iming iming bunga rendah sebenarnya TIDAK BENAR. Bunga tetap tinggi namun di presentasikan dengan cara yang menarik sehingga terkesan bunga sangat kecil. Bank tidak salah memang, hanya saja kita yang kurang cermat. 

Saya akan beri contoh berikut:

Sebuah Bank menawarkan Pinjaman tanpa Agunan dengan nama KTA Payroll, KTA ini khusus untuk instansi yang bekerja sama dengan bank tersebut. Iming imingnya, syarat sangat mudah dan beberapa hari langsung cair. Bukan itu saja, bunganya pun di brosur sangat kecil, cuma 0.81% dengan perhitungan bunga FLAT yang artinya komposisi bunga dan pinjaman pokok selalu sama setiap kali mengangsur di bank tiap bulannya.

Sebagai contoh anda mau pinjam 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) selama 5 tahun maka cicilan anda adalah  Rp1.238.333,00 .  Banyak pertanyaan muncul dari sini, jika kita jeli maka kita akan bertanya sebagai berikut:
  1. Berapa sebenarnya bunga pertahunnya? berapa bunga selama 5 tahun?
  2. Berapa pokok dan bunga yang dibayarkan tiap bulannya?
  3. Berapa total pembayaran yang harus kita bayar untuk pinjaman tersebut selama 5 tahun?
Ok, saya sudah menghitungnya dan hasilnya adalah sebagai berikut:


Perhatikan maka jawaban pertanyaan pertama terjawab bahwa bunga pertahun adalah 9.72% dan bunga selama 5 tahun adalah 48.60%. Besarkan? Rumusnya untuk bunga satu tahun adalah 

Bunga pertahun= Bunga dibrowsur x 12 
Bunga selama pinjam = Bunga pertahun x  5 tahun 

Jawaban untuk pertanyaan kedua adalah pokok perbulan sekitar 833.333 dan bunganya 404.999 Rupiah. Gila kan? Bunga perbulan adalah sekitar 48,5 % kalau dibanding cicilan  pokoknya. 

Total Pembayaran yang harus kita lakukan selama 5 tahun ( dengan asumsi tidak ada pembyaran di percepat atau denda) maka total pembayaran adalah 74.299.980 Rupiah dan bunga yang harus dibayarkan adalah 24.299.980 Rupiah. Bayangkan man! kita setor 24 jutaan selama 5 tahun untuk uang 50 Juta yang kita pinjam.

Dari sini saya sarankan, hitunglah dengan cermat, teliti dan pikirkan 100x sebelum pinjam ke bank. Pinjam uang hakekatnya untuk kebutuhan yang sangat sangat mendesak namun kita tidak punya uang simpanan atau tidak ada saudara yang mampu meminjaminya, baru lah Bank menjadi solusi PALING AKHIR. Ingat, hutang itu enak di depan dan tidak enak selama mencicilnya.

Jangan pinjam uang untuk kebutuhan konsumtif, apalagi hanya sekedar memenuhi gaya hidup. Jika anda pinjam alasan konsumtif atau untuk bergaya di depan teman kantor, tetangga, atau keluarga anda, maka anda akan merasakan beratnya hutang.

Hutanglah dengan bijak, dan pikir 100x sebelum berhutang, apalagi pinjam ke bank!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara beli Tiket Bioskop Dengan M-TIX

Makna kata "Shit" dalam kalimat bahasa inggris

Pengertian dan contoh Pencucian Uang

Review Gone Girl (2014)

Makna ungkapan populer dalam bahasa inggris