Review Thor Ragnarok (2017)


Thor Ragnarok adalah film ketiga dari MCU Thor yang mengisahkan tentang ramalan Ragnarok. Ragnarok adalah mitologi di thor yang  menceritakan tentang kiamat dan kehancuran Asgard. Apa penyebab Ragnarok? mengapa Asgard bisa hancur? Inilah inti cerita Thor kali ini.

Yang menarik bagaimana tim MCU pimpian Kevin Fiege dan sutradara Taika Waititi mengarahkan Film ini agar benar-benar terintegrasi dengan MCU. Jangan heran ada beberapa kejutan di film ini, ada tokoh lain di bumi yang juga muncul di film ini walaupun tidak pernah di publikasan dan tidak pernah ada di trailer.

Untuk tokoh seperti Hulk memang sejak belum di rilis pun sudah dipublikasikan bahwa Thor akan masuk kedalam film Thor. Banyak yang mengira saat masih proses pembuatan, judul film ini Thor vs Hulk atau Thor: Planet Hulk. Tapi ternyata judulnya adalah Thor Ragnarok.

Film ini berlatar di empat tempat yaitu Asgard, Planet Sakaar, Bumi dan Muspelheim. Di Asgard terjadi perang besar yang menghancurkan Asgard, di bumi Thor mencari Odin, di planet Sakaar Thor melawan Hulk dan di Muspelheim Thor mewalan Surtur (Mahluk api wujudnya besar dan munculdi trailer).

Film ini berbeda dari film sebelumnya terutama dari sisi komedi. Film ini sangat santai, lucu dan menghibur namun alur ceritanya bagus. Kekurangannya jelas ketegangan film ini sangat rendah. Berbeda dengan film film DC yang selalu Dark dan penuh ketegangan sampai akhir, film ini terasa film anak anak. Seperti biasa, di akhir film ada 2 Post credit scene jadi jangan lewatkan ya credit scenenya.  Untuk penilaian, saya beri nilai 4/5 untuk Alur cerita, 5/5 sisi komedi, 4/5 untuk efeknya . Penilaian secara keseluruhan film ini dapat nilai 4/5 Bitang. Jika anda kurang puas dengan review ini, silahkan baca Review with Spoiler setelah trailer Thor berikut:

Review Spoiler

Sejak kejadian di Sovakia ( Avenger 2), Thor berusaha mencari Infinity Stone dan berusaha mencegah ramalan hancurnya Asgard oleh Sufur. Apa yang terjadi? Sufur justru menangkap Thor. Sementara itu Hulk terdampar di planet Sakaar entah bagaimana ceritanya, tapi sepertinya Hulk terdampar disana karena tersedot lubang hitam.

Thor yang ditangkap Sufur (monster berkepala banteng dengan badan api) ini akhirnya bisa mengalahkan Sufur dan membawa kepala bantengnya ke Asgard. Thor menganggap dia sukses mencegah Ragnarok. Sampai di Asgard, Thor akhirnya tahu bahwa Loki lah yang menyamar sebagai Odin, dimanakah Odin? Dia ternyata di bumi dan ditempatkan di rumah jompo oleh Loki. Sayangnya saat Loki dan Thor kerumah jompo, rumah itu sudah di robohkan, maka dengan bantuan seorang Penyihir bumi, akhirnya mereka menemukan Odin di pantai Norwegia. Siapa penyihir itu? Dialah Doctor Strange. Yuhu, woooo! kejutan luar biasa  pokoknya ada Orgasme sendiri saat menonton adegean doctor Strange.

Mereka berdua akhirnya bertemu Odin di Pantai Norwegia, namun Odin sudah mau meninggal dan berpesan bahwa Ragnarok tidak bisa di hentikan dan ada fakta yang disembunyikan Odin bahwa Thor bukanlah anak pertama,Thor punya kakak putri bernama Hela yang di penjarakan oleh Odin karena nafsu perang dan menguasai dunia lain membuatnya liar dan ambisius. Hela hanya bisa keluar jika Odin meninggal. Dan seperti yang anda tahu, Akhirnya Hela Keluar juga dari penjara.

Hela adalah supervilian yang sangat kuat, hamer Thor saja dengan enteng dihancurkan, ratusan pasukan Asgard dikalahkannya dengan mudah dan dia akhirnya bisa membangkitkan pasukan lamanya yang sudah mati dibawah istana Asgard engan memanfaatkan Eternal Flame yang juga tersimpan di istana tersebut. 

Di sisi yang lain Thor dan Loki terlempar ke planet Sakaar saat sedang melewati Bifrost Bridge. Di Planet Sakaar loki sukses berteman dengan Grand Master sementara Thor di jadikan Gladiator. Dari sini pasti anda sudah paham hanya dengan melihat trailernya. 

Pertanyaan yang menarik, siapa sebenarnya musuh di Film ini? Banyak vilian Thor di film ini termasuk Scrapper 142, Loki, Hulk, Grand Master, Sufur dan Hela. Namun ada sebagain vilian yang akhirnya memihak pada thor. 

Di akhir cerita terjadi pertempuran besar antara Hela beserta pasukannya melawan Thor dan kawan kawannya. Sadar bahwa dirinya tidak akan mampu mengalahkan Hela, thor akhirnya memanfaatkan Eternal Flame untuk menghidupkan kembali Sufur yang kemudian berubah menjadi mahluk sebesar istana Asgard dan melawan Hela. Dari sini akhirnya kita tahu bahwa Ragnarok justru disebabkan oleh Thor. Sementara Hela dan pasukannya sibuk bertempur melawan Sufur, Thor dan penduduk asgar meninggalkan Planet Asgard menuju Bumi sementara di kejauhan, Ragnarok terjadi dimana Sufur sukses menghancurkan Asgard, Hela dan dirinya sendiri. 

Thor tidak begitu bersedih karena menurut pesan ayahnya sebelum meninggal, Asgard mengacu pada Orang (Asgardian) bukan tempat, Asgard bisa dimana saja, dan Thor itu God Of Thunder, Bukan God of Hammer. Jadi thor harus bisa mengeluarkan kemampuan petir dari dalam dirinya bukan dari Palu nya.  Pokoknya film ini super keren dan bagus dari segala sisi. Ga nyesel nonton Thor bahkan nonton berkali kalipun akan tetap terhibur. Tidak heran jika film ini mendapatkan lebih dari 850 Juta Dollar dan mampu mengangalahkan Justice League yang hanya mampu 650 US Dollar. 

0 komentar:

Posting Komentar