Perguruan Tinggi di Kota Padangsidimpuan


Padangsidimpuan adalah kota di propinsi Sumatera Utara bagian barat. Daerah ini sering disebut kota salak karena banyaknya petani salak di kaki gunung Tor Lubuk Raya. Kota ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil Pemekaran Tapanuli selatan selain Kota Padangsidimpuan adalah Mandailing Natal, Padang lawas dan Padang Lawas Utara serta Kabupaten induk yaitu tapanuli Selatan. Selain punya julukan Kota Salak, Padangsidimpuan sering juga disebut kota Transportasi, Perdagangan dan Pendidikan karena banyaknya sekolah dan Perguruan Tinggi di kota ini. Maka jangan heran kebanyakan Penduduk Kota ini berprofesi sebagai Pedagang, Kerja di sektor Jasa Transportasi dan  di sektor Pendidikan.

Nama kota ini adalah Kota Padangsidimpuan, Namun ejaan dan penulisan bervariasi seperti Kota Padangsidempuan, Kota Padang Sidempuan atau Kota Padang Sidimpuan. Anak Muda kota ini sering menyebut kota ini dengan singkatan PASID atau PSP. 

Berbicara tentang Pendidikan, saat ini ada 14 Kampus di kota ini. Perguruan Tinggi di kota ini terdiri dari 1 Kampus Negeri dan 13 Kampus swasta. Sedang di lihat dari kategori Perguruan tinggi saat ini ada 2 Universitas, 2 Institut , 6 Sekolah Tinggi dan 4 Akademi. 

Dilihat dari kelompok Prodi yang ditawarkan, maka kampus ini terdiri dari 7 Perguruan Tinggi Kesehatan, 3 Perguruan Tinggi Agama Islam , 1 Perguruan Tinggi Saintek (STMIK) , 1 Perguruan Tinggi Pendidikan dan 2 Perguruan Tinggi Umum. 

Data yang saya tulis berdasarkan Informasi dari website forlap.ristekdikti.go.id, Informasi website Resmi dan  atau dari pengamatan langsung di lapangan. Jika anda melihat ada kesalahan data dan informasi tentang kampus tersebut, maka dengan senang hati saya akan mengoreksinya. Berikut ini adalah data 14 Perguruan Tinggi yang ada di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. 

AKBID Darmais 

Akademi ini beralamat di Jl. Belibis No. 1 Perumahan Sopo Indah Sigulang Kec.Padangsidimpuan, Saat ini hanya membuka satu Program Studi D3 Kebidanan dengan Jumlah dosen tetap 13 dan Mahasiswa 55 Orang.  Website http://akbiddarmais.ac.id.

AKBID Syuhada 
Akademi Kesehatan ini berlokasi di Jalan T Rizal Nurdin KM 5,5 Kota Padangsidimpuan. Prodi cuma satu yaitu Kebidanan D3. Jumlah mahasiswa TA 2017/2018 adalah 55 Orang dengan dosen tetap 14 Orang.  Website : http://mitrasyuhada.ac.id

AKBID Matorkis 
Akademi Kebidanan yang berlokasi di Sihitang, Kota Padangsidimpuan mempunyai 1 Prodi yaitu Kebidanan dengan Jumlah dosen tetap 21 orang dan 141 Mahasiswa. website:https://www.akbidmatorkis.ac.id

AKBID Central
Akbid ini beralamat di Jl Tandang Mulia Hrp No 1 Komp Sidimpuan Baru kelurahan Silandit Kota Padangsidimpuan. Saat ini mempunyai 13 Dosen dan 111 Mahasiswa Kebidanan. Website :http://akbid-sentral.ac.id

STIKES Darmais 
Beralamat  sama dengan AKBID Darmais (Satu Komplek), Saat ini membuka prodi Kesehatan Masyarakat (S1) dan Analisis Farmasi dan Makanan (D3). Saat ini mempunyai sekitar 150 Mahasiswa.  website : http://stikesdarmaispadangsidimpuan.com

STIKES Syuhada
 Saat ini mempunyai 2 Prodi yaitu Farmasi S1 dan Keperawatan D3. Lokasi Kampus ini satu Komplek dengan AKBID syuhada.  website : http://www.stikessyuhada.ac.id

STIKES AUFA ROYHAN
Jika anda datang dari arah Medan , maka kampus ini adalah kampus pertama yang anda lihat karena memang lokasi kampus ini berada di Padangsidimpuan bagian utara, tepatnya beralamat di Jl. Batunadua Ujung Gurap Baruas, Kota Padangsidimpuan. Kampus ini punya 7 Prodi dengan rincian 2 Prodi Profesi, 5 prodi S1 dan 1 Program D3. anda bica mencari informasi lebih banyak di situs resminya yang beralamat di http://stikes-aufa.ac.id.

STAI PERTINU 

Sekolah Tinggi Agama Islam PERTINU Berlokasi di Jalan Sutan Parlaungan Harahap, Sadabuan, Padangsidimpuan ini saat ini hanya mempunyai satu Program studi yaitu Pendidikan Agama Islam S1 dengan  12 Dosen tetap Dan 171 Mahasiswa. 

STAITA 
STAITA Merupakan kampus lama di kota ini. STAITA merupakan kependekan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli Selatan. Kenapa Tapanuli selatan? karena dulu Kota Padangsidimpuan sebelum pemekaran adalah Ibu kota Tapanuli Selatan. Makanya nama ini tetap Melekat sampai saat ini. Sekolah TInggi ini saat ini mempunyai 2 Program Studi yaitu Hukum Keluarga Islam (Ahwal Asyakhsyiah) dan  Pendidikan Agama Islam S1. 

STMIK Citra Mandiri 
Jika dilihat dari Forlap Dikti, STMIK ini baru berdiri pada tanggal 22 Mei 2018, Artinya tahun ini adalah tahun pertamanya. Saat ini membuka satu prodi yaitu Sistem Informasi (S1).  Website : http://www.citramandiri.ac.id.

IAIN Padangsidimpuan
Perguruan Tinggi ini merupakan alih bentuk dari STAIN Padangsidimpuan. Saat ini mempunyai lebih dari 160 Dosen tetap dan lebih dari 7000 Mahasiswa Aktif. IAIN padangsidimpuan merupakan satu satunya kampus Negeri di Kota ini. Kampus Negeri ini mempunyai 18 Program Studi S1 dan 1 Program Pasca sarjana. Informasi lebih lanjut bisa anda lihat di 

Insitut Pendidikan Tapanuli Selatan 
Insitut Ini merupakan Alih bentuk dari STKIP Tapanuli Selatan. Saat ini mempunyai 11 Program Studi Pendidikan S1 dengan Jumlah Dosen tetap 107 dan 2704 Mahasiswa Aktif.  webiste : http://ipts.ac.id/.

Universitas Graha Nusantara  (UGN)
Universtias Ini beralamat di Jln. Sutan Soripada Mulia, No. 17 dengan jumlah prodi sebanyak 14 Prodi dengan total dosen 241 Orang dengan jumlah mahasiswa Aktif 6054 Orang. website:http://ugn.ac.id.

Universitas Muhamadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) 
Universitas yang berlamat di Jalan St Mohd Arief No 32 Padangsidimpuan dengan jumlah prodi sebanyak 17 Prodi dengan 162 Dosen Tetap. website : http://um-tapsel.ac.id.

0 komentar:

Posting Komentar